Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Cara Mengatasi NVIDIA Display Settings are not Available

Cara Mengatasi NVIDIA Display Settings are not Available

Halo Sobat IF. Mendengar kata NVIDIA mungkin para gamers sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Pengguna komputerpun sudah akrab dengan kata ini, ya NVIDIA adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis (graphics processing unit), kartu grafis, dan media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3. Saingan terberat NVIDIA adalah AMD, yang sama-sama sudah tidak asing lagi terdengar.


Namun apa jadinya jika kita sebagai pengguna NVIDIA mengalami hal tersebut? beberapa minggu kebelakang admin merasakan ini. Awalnya admin akan bermain game, namun game tersebut tidak berjalan, hingga akhirnya admin buka pengaturan NVIDIA dan muncul lah tulisan NVIDIA Display Settings are not Available. Dengan beberapa cara akhirnya admin bisa memecahkan masalah ini. Berikut adalah Tips yang Tips-IF dapat berikan untuk memecahkan masalah NVIDIA Display Settings are not Available. Sebelum melakukan Tips ini, lebih baik cermati terlebih dahulu setiap stepsnya, ini untuk menghindari adanya kesalahan dalam memperbaiki laptop atau komputer sobat IF.

Tips 1: Sambungkan monitor komputer ke port yang benar pada CPU.

Kesalahan ini pernah admin alami ketika admin menggunakan komputer. Ketika admin akan bermain game, muncul kotak dengan tulisan VDIA Display Settings are not Available. Kesalahan ini dapat terjadi apabila monitor dicolokkan ke port yang salah. Nah jadi pastikan dulu monitor dicolokkan ke port yang benar atau tidak. Jika Sobat IF memiliki lebih dari satu port, colokkan kabel ke port lain dulu dan lihat hasilnya.

Tips 2: Cek Display Adapters pada Device Manager

Jika masih saja ada tulisan NVIDIA Display Settings are not Available. Tips yang kedua adalah Cek Display Adapters pada Device Manager.



  1. Buka Control Panel 
  2. Buka Device Manager.
    Di beberapa type, untuk membuka device manager, kita harus buka Control Panel Kemudian pilih Hardware and Sound kemudian di bagian Device and Printers dan akhirnya klikDevice Manager. Jika masih saja tidak ada, search saja di kotak search di menu tombol start dan isikan kata kunci Device Manager.
  3. Jika sudah masuk device manager, maka akan terlihat menu device manager yang berisi list device. Disini kita klik Display Adapters.
  4. Pada tulisan Nvidia, klik 2x maka akan mucul informasi tentang Nvidia yang sobat IF miliki,
  5. Lihat statusnya, Jika tulisannya This device is working properly, artinya nvidia kita tidak ada masalah. Lalu kenapa ada  tulisan NVIDIA Display Settings are not Available ketika buka pengaturan NVIDIA? cek langkah selanjutnya.
  6. Buka Tab Driver, nah cek barangkali statusnya Disable, nah jika disable, tinggal klik saja Enable Device. Done, dalam beberapa kasus, sampai sini saja semuanya sudah beres dan NVIDIAnya tidak lagi ada masalah.
  7. Jika masih belum bekerja dengan baik, pilih Update Driver.
  8. Akan muncul kotak dan kalian  pilih Search automatically for updated driver sorftware. Jangan lupa harus terhubung ke internet ya sob.
  9. Tunggu sampai proses selesai. Dan jika sudah beres, dalam beberapa masalah, ketika kita buka pengaturan NVIDIA, tulisan NVIDIA Display Settings are not Available sudah tidak muncul lagi.

Tips 3:Uninstall driver dan Instal kembali driver OEM untuk GPU Intel dan NVidia

Dengan 2 cara di atas, admin masih mengalami masalah NVIDIA Display Settings are not Available. Akhirnya admin memutuskan untuk uninstall driver dan Instal kembali driver OEM untuk GPU Intel dan NVidia.
  • Buka kembali Device manager.
  • Klik kanan pada driver Intel Graphics dan pilih Uninstall Device.


  • Akan muncul pesan konfirmasi,  klik Ya / Hapus instalan untuk menghapus driver tersebut. Layar kita akan memiliki resolusi yang sangat rendah setelah ini. tapi jangan khawatir, itu karena kita tidak memiliki grphic driver.
  • Kemudian Restart PC sobat.
  • Jika sudah nyala kembali, Unduh dan instal driver yang benar.
  • Pergi ke situs web produsen laptop Anda. Admin mengetahui beberapa web resminya, Klik link dibawah untuk setiap merk laptop
    Dell
    hp
    Toshiba
    Acer
    Lenovo.
  • Kemudian kita akan ditanyai tag layanan atau nomor seri. nah kita dapat menemukannya di stiker di bagian bawah laptop. Jika stiker rusak, Kita dapat menemukan tag layanan menggunakan cmdlets yang membaca BIOS kita.  Click start > tulis PowerShell > buka PowerShell > Tulis “Get-WmiObject win32_bios” (tanpa tanda petik) dan klik enter. nah kita akan menemukan no seri kita.
  • Tulis no seri kita dan kita akan menemukan model laptop kita. Kita akan diberikan pembaruan dan driver. Kita  juga dapat memilih untuk mencari laptop kita secara manual atau menggunakan layanan deteksi otomatis.
  • Cari driver grafis kita yang dimaksudkan untuk OS kita (Windows 10, 8, 7 64 bit atau 32 bit) dan unduh keduanya (NVidia dan Intel). Driver ini mungkin lebih tua dari yang kita temukan di situs web GeForce atau Intel, tetapi tenang saja, mereka akan berfungsi. Jangan juga mengunduh driver BETA karena ini akan membuat tidak stabil PC kita.
  • Unutk memperbarui GeForce / NVidia Drivers kita, buka pusat unduhan driver GeForce di sini
  • Kita  dapat menemukan driver kita dengan mencarinya secara manual, atau menggunakan 'Deteksi otomatis fitur GPU' atau perangkat lunak pengalaman GeForce untuk mendeteksi dan memperbarui driver GPU kita.
  • Saat mencari secara manual, jangan lupa untuk memilih OS kita. Contohnya, Windows 10 64 bit,jangan lupa juga untuk memfilter pencarian Anda untuk memasukkan hanya driver 'Recommended / Certified' karena driver beta biasanya rusak.
  • Unduh driver terbaru (yang ada di bagian atas daftar)
  • Instal driver grafis Intel yang diunduh terlebih dahulu
  • Instal driver NVidia dengan membuka file yang diunduh. Pastikan kita melakukan instalasi bersih dengan mencentang ‘Lakukan instalasi bersih’ di jendela instalasi NVidia.
  • Restart kembali PC kita. Nah Admin kemarin setelah di uninstal seperti ini, Laptop admin kembali lancar jaya Sob! Gak ada lagi tulisan  NVIDIA Display Settings are not Available ketika admin buka pengaturan NVIDIA.
Nah itulah Tips untuk Mengatasi NVIDIA Display Settings are not Available. Semoga bermanfaat ya sob. Jangan lupa Share dan Tinggalkan komentar ya sob! Thank you.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

24 komentar untuk "Cara Mengatasi NVIDIA Display Settings are not Available"

  1. Terima kasih bnyk gan, setelah membaca artikel ini, saya pun lebih paham bahkn sukses smbil mempraktekanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo worked gan, senang bisa membantu

      Hapus
  2. Sip mantap tips nya gan. Btw, untuk permasalahan AMD-nya ada gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bisa membantu gan, Untuk AMD sedang dalam proses gan, jika agan ada permasalahan bisa hubungi kontak kami. nanti kami carikan solusinya. Terimakasih

      Hapus
  3. Terima kasih artikel nya mas keren nih paling ok hehehe

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, banyak ilmu yang kudapat dari artikel ini, terima kasih...

    BalasHapus
  5. Ribet bener stepnya...tapi bermanfaat juga thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, memang prosesnya cukup panjang kalo permasalahannya serumit ini, terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  6. Gan, yang benar itu NVDIA atau NVIDIA? Itu singkatan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang betul itu NVIDIA gan, Wah, kalo itu yang memang udah dari perusahaannya yang menentukan, jadi gak ada kepanjangannya.
      Coba baca di sini utk selengkapnya:
      http://en.wikipedia.org/wiki/Nvidia

      Hapus
  7. mantepp gan, berhasil saya cobaa (y) (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur deh gan kalo berhasil, senang bisa membantu

      Hapus
  8. Duh, ini saya sering kek gini
    Kadang main game yang padahal speknya cocok, tapi ntah kenapa agak berat gitu
    Rupanya masalah VGA cardnya toh

    Sip kang, artikel membantu. Lain kali kalau laptop ane lgi berat pas main game, ane coba nih triknya.

    *jangan lupa kunjungi : horizonengine.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan saya juga mengalami hal yang sama, coba aja agan ikuti tips ini, semoga berhasil.

      Hapus
  9. Sangat bermanfaat gan.. lanjutkan terus

    BalasHapus
  10. Nice article, ditunggu kunjungan baliknya di https://bremot.blogspot.com

    BalasHapus
  11. sayang nya vga laptop ga sampe nvdia hehe. Tapi kalau ada masalah tentang nvdia ga muncul mungkin di sini solusinya. thx gan!

    BalasHapus