4 Cara Mengatasi Hoax di Media Sosial Efektif untuk Pelajar dan Mahasiwa Indonesia

Di era milenial seperti sekarang, media sosial sering digunakan kaula muda sebagai tempat berkreasi dan memperoleh penghasilan tambahan. Mereka berkarya dengan membuat beberapa konten kreatif seperti vidio, cerita, foto, dan tutorial yang kemudian di share ke media sosial mereka. Dari konten yang kreatif tersebut akan menarik perhatian pengguna internet atau yang biasa disebut dengan netizen. Biasanya akun media sosial yang bisa menarik perhatian banyak netizen akan dimanfaatkan oleh perusahaan online shop sebagai media promosi produknya.

Selain memiliki dampak positif, ternyata kebebasan menggunakan media sosial juga sering digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita bohong atau yang dikenal netizen dengan sebutan "HOAX”. Banyaknya berita bohong yang beredar tentunya membuat banyak masyarakat khususnya netizen salah paham. Apalagi masih banyak masyarakat indonesia yang masih malas mencari kebenaran dari informasi yang tersebar luas di media sosial.

Salah satu dampak negatif berita bohong yang paling membahayakan adalah keberadaan beberapa isu agama dan politik. Hal ini cukup beralasan, karena saat ini banyak sekali berita bohong yang bertujuan untuk memecah belah masyarakat, jika dilanjutkan terus menerus bukan tidak mungkin indonesia bisa mengalami perpecahan yang cukup hebat. Oleh karena itu, hoax atau berita bohong menerima perhatian serius dari pemerintah khususnya kementrian agama.

Berikut 4 cara mengatasi hoax di media sosial efektif untuk pelajar dan mahasiswa indonesia.
  1. Serukan bahwa akan ada dampak negatf dari penyebaran berita hoax, selain itu akan ada hukuman yang di terima apabila seseorang membuat berita hoax, baik itu disengaja atau tidak dalam hal menyebarkan berita hoax pada masyarakat.
  2. Memberikan pembelajaran atau edukasi pada semua elemen masyarakat tentang pentingnya nilai-nilai tolerasi, edukasi ini dapat di lakukan melalui media sosial ataupun secara langsung.
  3. Berikan kebebasan pada masyarakat untuk melaporkan setiap akun yang terindikasi menyeberkan atau bahkan membuat berita hoax yang tidak perlu.
  4. Memberikan hukuman untuk penyebar berita hoax sekaligus juga memberikan pelatihan tentang dampak buruk Hoax, agar setelah keluar dari hukuman mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik.


Itulah 4 cara mengatasi hoax di media sosial efektif untuk pelajar dan mahasiswa indonesia. Cara Mencegah Hoax sebenarnya gampang-gampang susah, namun kamu tidak boleh menggunakan emosi saat mengingatkan beberapa orang yang termakan hoax. Semoga bermanfaat!

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "4 Cara Mengatasi Hoax di Media Sosial Efektif untuk Pelajar dan Mahasiwa Indonesia"

  1. Bila kita menerima sebuah berita, sebaiknya kita kroscek kebenarannya dulu sebelum menyebarluaskannya. Jgn kita asal share sebelum tau kevalidan sumbernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan, kita harus cari beberapa sumber informasi lain agar memastikan bahwa informasi yang kita terima valid

      Delete
  2. Bener banget nih cara nya supaya terbebas dari hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, selalu cek kebenaran berita sebelum menyebarkannya ya

      Delete