Cara Cek Link Error dan Mengatasinya

Broken Link atau yang kita kenal sebagai link error adalah suatu kondisi dimana sebuah link dalam atau telah rusak. Biasanya ketika link tersebut di klik maka akan muncul pesan Error Page not Found 404 atau pesan halaman tidak ditemukan.


Banyak cara yang dapat digunakan untuk mencari tahu link mana saja yang error pada blog atau website kita. Salah satu cara yang paling mudah untuk cara cek link error adalah dengan cara menggunakan beberapa situs yang biasa digunakan untuk cek link error pada blog. Salah satu situs tersebut adalah Broken Link CheckerUntuk tata cara penggunaannya sangat mudah sekali, simak penjelasannya di bawah ini.

  • Setelah itu Klik Find Broken Links
  • Kemudian Silahkan masukan security codenya dan klik Find Broken Links Now!

  • Tunggu proses pencarian link errornya sampai selesai
  • Kemudian akan muncul tampilan beberapa link yang error pada blog kita seperti tampilan dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya adalah menghapus link-link yang error yang terdapat di blog kita dengan menghapusnya satu persatu. Jika banyak terdapat link yang error tentunya kita harus sabar agar semua link  error dapat terhapus.
  • Cara menhapusnya cukup mudah, Lihat pada kolom "Page where found" Disitu terdapat dua link url dan scr. jika kita klik url maka akan menuju halaman blog kita yang terdapat link error tersebut. Sedangkan jika kita klik pada link scr, maka akan menuju sumber link yaitu masuk mode html. Link yang berwarna merah adalah link yang error dan harus dihapus.
  • Jika link error terdapat pada komentar, ada beberapa kemungkinan. Pertama mungkin ada link yang ditinggalkan oleh pembaca di kolom komentar. Jika ada link yang ditinggalkan maka coba cek link tersebut, namun kami menyarankan untuk menghapus komentar tersebut. Kemungkinan lain adalah karena mulai 2019 Google+ berbayar, pasti akan menyebabkan banyak link error terdapat pada profil google plus di komentar,Silahkan hapus komentar tersebut untuk menghapus broken link tersebut.
  • Kemudian jika link yang error menuju halaman lain, hal ini dikarenakan halaman tersebut sudah dihapus dan telah diiganti sehingga terjadi broken link. Solusinya adalah dengan menggantinya dengan link yang baru atau dengan sumber terbaru.
Setelah semua link error yang ada dihapus, kami sarankan untuk cek kembali dengan cara yang sema seperti di atas. Jika sudah tidak muncul lagi link yang error berarti Anda sudah berhasil menghapus broken link yang ada di blog Anda. Itulah cara cek link error dan cara mengatasinya. semoga artikel ini dapat membantu, jangan lupa untuk share supaya artikel ini bermanfaat untuk orang banyak dan jangan lupa juga untuk tinggalkan komentarnya.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Cek Link Error dan Mengatasinya"

  1. Wah cara di atas hampir sama dgn artikel yg ada di fakhrezy blog, bedanya cuma referensi link checker nya.
    Nice share gan

    ReplyDelete
  2. Patut dicoba untuk mengetahui link mana saja yang error

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja gan supaya blog kita semakin rapih juga dan semakin responsive

      Delete
  3. Pentingnya kita sering mengecek lin broken untuk menjadikan blog kita tidak buruk dimata google, terutama buat teman-teman yang ingin menjadi publisher adsense.

    ReplyDelete