4 Cara Mempercepat Keyboard yang Lemot di Komputer PC dan Laptop

Beberapa pengguna PC mengeluh bahwa respon keyboard mereka lama. Bagi kamu yang kesehariannya memang bekerja di depan komputer dengan keyboard yang lemot tentu akan sangat menyebalkan.

Keyboard merupakan salah satu yang paling penting dalam dunia administrasi, dimana memang setiap detik dan menitnya tidak akan lepas dari benda ini. Kamu tentu pernah melihat bagaimana seorang kasir yang melakukan pencatatan pada barang yang di beli pelanggan. Bagaimana jika keyboard lemot tiba-tiba? tentu sangat merugikan.






Sebelum melakukan cara dibawah, coba bersihkan terlebih dahulu keyboard dengan menggunakan alat pembersih keyboard yang bisa kamu beli di toko komputer atau dengan vacum cleaner. Biasanya debu yang tidak pernah dibersihkan bisa menganggu kinerja keyboard. Tidak hanya debu, keringat dan tumpahan air juga bisa menyebabkan kegagalan sistem pada keyboard.

Meskipun umumnya keyboard jarang mengalami kerusakan, namun bukan tidak mungkin keyboard bisa rusak sewaktu-waktu tanpa sebab yang tak pasti atau mengalami kegagalan sistem yang membuat keyboard lemot. Oleh sebab itu, sebelum keyboard rusak lebih parah sebaiknya lakukan beberapa cara mempercepat keyboard berikut ini agar bisa kamu gunakan terus-menerus.
  1. Buka dan jalankan Run, kemudian ketik "regedit" klik enter
  2. Selanjutnya kamu cari HKEY_CURRENT_USER - Control Panel - Accessibility -  Keyboard Response yah.
  3. Jika kamu mempunyai Keyboard Response, maka harus mengubah value pada beberapa registry di Keyboard Response :
              AutoRepeatDelay, ubah value jadi 200
              AutoRepeatRate, ubah value jadi 6  
              DelayBeforeAcceptance, ubah value jadi 0.
              Flags, ubah value jadi 59.

Nah apabila kamu sudah mengubah beberapa value registry tersebut, selanjutnya restart laptop atau PCUntuk mengetahui keyboard lemot atau tidak, kamu bisa menekan tombol keyboard beberapa kali. Jika muncul cepat berarti keyboard normal, sedangkan jika muncul lambat baru beberapa detik berarti ada masalah di keyboard.

Baca juga : 5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang terkena air

Jika menggunakan cara diatas masih belum bisa, dengan berat hati kamu harus membeli keyboard yang baru. Pastikan setelah menggunakan keyboard baru rawat dengan baik agar tidak cepat rusak.
Itulah 4 cara mempercepat keyboard yang lemot di komputer PC dan Laptop. Semoga Bermanfaat!

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "4 Cara Mempercepat Keyboard yang Lemot di Komputer PC dan Laptop"

  1. Mantap bang, keyboard diwarnet semuanya kaya gitu, apalagi keyboard ane :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika permasalahannya sama, selamat mencoba tipsnya gan

      Delete
  2. Saran saya buat yang pemula, mending jangan main registry hehehe fatal akibatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups betul gan, lebih baik diserahkan pada ahlinya kalau takut gagal

      Delete
  3. Mantap bro.. Alhamdulillah, kaga jadi beli keyboard fufu😬. Makasih

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah berhasil, saya coba atur value nya. Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  5. Mantap gan

    Selama ini q kalau keyboar bermasalah ya q coba bersikan.

    Tapi kalau masih ttp ngak mulus,kadang q tekan kuat2.Akibatnya ya gitulah.

    Uda ganti 2x.q kurang sabaran.informasi berguna.

    ReplyDelete
  6. Yaampun, keyboard saya udh ga lemot lagii 😁 arigatō bangg!! Awalnya keyboard saya itu, setelah saya update windows sendirian, gabisa dipake, bang. Udh dari bukan 12 tahun lalu. Trus semalam,pas tengah malam, saya mikir nasib laptop saya.. apalagi saya prodi teknik informatika, yg pastinya lebih leluasa aja ngoding di laptop. Tapi masalahnya, saya punya laptop, tapi laptop itu gabisa dipake maksimal karna kendalanya keyboard. Saya cari dah di YT, tutorial begituan, akhirnya bisa bang! Tapi semalam keyboard nya lemot trus saya mikir, mungkin karna dah lama gabisa atau karna bru bisa lagi, jadi dia lemot gitu. Ternyata sampe pagi tadi, tetap lemot. Saya mah sebenarnya udh pasrah aja. Tapi rasa penasaran saya lebih tinggi daripada rasa pasrah :v HAHAHA. Nemu dah artikel abang. Saya coba, saya restart, dann... GA LEMOT LAGI KEYBOARD NYAA!! asli,saya senang bgt sampe joget² ga jelas 🤣🤣 mama saya sampe heran HAHHA. Soalnya mama saya gatau masalah keyboard ini🤣 saya kira gabisa lagi keyboardnya bang.. ternyata wihhh.. kan jadi ngebacot saya HAHAHAHA sekali lagi makasih banyak ya bang.. ARIGATŌ!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih jika artikel kami bermanfaat. Kami pun turut senang jika artikel kami bermanfaat untuk banyak orang. Terimakasih atas review tutorialnya,dan semangat terus untuk ngodingnya 😁

      Delete