Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang terkena air

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang terkena air


Menyimpan minuman di dekat laptop bisa dikatakan cukup berbahaya karena dikahawatirkan air tumpah ke keyboard laptop. Keyboard merupakan salah satu komponen utama dalam melaksanakan aktivitas dengan laptop atau komputer, bayangkan saja jika keyboard terkena air sehingga otomatis kita tidak bisa bekerja.

5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang terkena air


Jika air masuk ke dalam komponen laptop melalui celah celah yang ada pada keyboard, tentu ini merupakan hal yang cukup berbahaya karena dikahawatirkan membuat keyboard menjadi rusak dan bahkan bisa merambat ke komponen lainnya. Kasus seperti ini pernah kami alami  pada beberapa merk laptop, salah satunya Laptop HP Pavilion x360 14. Lalu bagaimana  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop HP Pavilion x360 14 yang terkena air? Berikut adalah cara memperbaiki keyboard laptop yang terkena air

1. Matikan Laptop

Solusi pertama yang dapat dilakukan ketika keyboard Anda terkena air adalah matikan laptopnya. Hal ini dilakukan untuk memutus aliran listrik agar laptop Anda terhindar dari kosleting. Jika masih ada aliran listrik, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada komponen laptop yang lainnya. Oleh karena itu, segera matikan laptop jika keyboard laptop Anda terkena tumpahan air.

2. Lepas Baterai Laptop

Solusi kedua yang dapat dilakukan adalah dengan melepas baterai laptop Anda. Tujuannya sama seperti ketika Anda mematikan laptop, yakni untuk memutus aliran listrik yang mengalir pada laptop Anda. Jika tipe laptop Anda menggunakan tipe laptop yang menggunakan baterai cabut, cabutlah baterai laptop Anda dengan segera.

3. Gunakan Tisue

Solusi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan lap keyboard laptop dengan tisue. Hal ini bisa dilakukan apabila laptop yang Anda gunakan hanya terciprati air sedikit, artinya laptop yang Anda gunakan hanya terkena cipratan air saja pada keyboardnya. Lap laptop Anda dengan tisue kering beberapa kali sampai air yang ada pada keyboard tersebut meresap pada tisuenya. Pastikan lap keyboard laptop Anda sampai benar benar kering.

4. Gunakan hairdryer

Menggunakan hairdryer menjadi opsi kedua apabila laptop Anda terkna air cukup banyak. Hal ini pernah penulis alami ketika menggunakan laptop lalu Air dalam gelas tumpah ke keyboard laptop penulis. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mematikan laptop Anda terlebih dahulu dan melepas baterainya apabila baterai tersebut mudah untuk dilepas. Selanjutnya mulai gunakan hairdryer dengan suhu yang tidak terlalu tinggi, hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan komponen lainnya karena panas yang berlebih. Gunakan hairdryer dengan suhu terkecil dan memberikan jarak yang cukup ketika menggunakannya untuk membersihkan keyboard dari Air. 

Untuk memastikan laptop Anda sudah dapat digunakan kembali atau belum. Caranya adalah dengan menutup laptop Anda dalam beberapa jam, jika kemudian muncul embun di layar laptop artinya masih ada sisa tumpahan air pada keyboard Anda. Coba ulangi langkah diatas dan diamkan kembali beberapa jam sampai Anda dapat memastikan bahwa laptop Anda sudah benar benar kering dan dapat digunakan kembali.

5. Service Laptop

Hal terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan membawa laptop kita ke service center. Jika setelah melakukan hal-hal diatas keyboard masih tidak berfungsi atau bahkan laptop kita masih mati, terpaksa Anda harus pergi ke service center untuk memperbaiki kerusakan pada laptop Anda. 

Baca Juga : 4 Cara Mempercepat Keyboard yang Lemot di Komputer PC dan Laptop

Itulah  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang terkena air. Selalu berhati hati ketika sedang menggunakan barang elektronik agar barang kesayangan Anda terhindar dari segala kerusakan. Kami menyarankan agar Anda menjauhkan barang barang yang dapat membahayakan keselamatan laptop Anda serta menggunakan pelindung keyboard yang dapat dibeli di beberapa service center laptop bahkan di beberapa supermarket dengan harga yang cukup murah hanya sekitar Rp. 5000,-. Semoga cara ini dapat membantu Anda mengatasi keyboard laptop yang terkena Air.


Posting Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang terkena air"