Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips Mengatasi HP yang terkena Air

Tips Mengatasi HP yang terkena Air



Bagaimana jadinya jika ponsel Anda tiba-tiba rusak karena kemasukan air? Jangan salah, permasalahan ini telah dialami oleh banyak pengguna HP Android. Inilah Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengatasi HP Yang Terkena Air, Mudah Banget Lho!


Memperbaiki ponsel yang terkena air memang benar benar rumit dan kompleks, kalau HP yang biasa dipakai untuk aktifitas lalu kemudian menjadi benar-benar rusak karena kemasukan air, pastilah kamu merasa kesal, bukan? Nah jangan kesal karena admin menemukan solusi untuk mengatasi HP yang terkena air. 
Salah satu dampaknya, speaker HP akan mengalami eror karena speaker adalah salah satu akses termudah masuknya air, seperti mengeluarkan bunyi yang kecil, nggak jelas, ada bunyi kresek, atau mungkin nggak keluar suara lagi. Kemasukan air memang bisa merusak speaker, karena merupakan komponen yang relatif sensitif.

Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

Sebenarnya, speaker termasuk komponen yang bisa diganti jika mengalami kerusakan. Tapi, rasanya nggak perlu buru-buru diganti, coba lakukan beberapa hal berikut ini, untuk memperbaiki speaker HP yang di dalamnya kemasukan air. Siapa tahu jadi normal lagi.

1. Cek Dulu Pengaturan Volume Untuk Mengetahui Volume Suara Masih Normal Ataupun Tidak

Yang pertama kali dilakukan, ialah cek terlebih dahulu, apakah suara yang dikeluarkan speaker masih normal atau tidak. Caranya, dengan menaikkan pengaturan volume menjadi maksimal.

  • Bisa lewat Settings.
  • Pilih menu Suara.
  • Lalu atur volumenya di sana.
Atau bisa juga, dengan memutar musik menggunakan player, seperti MXPlayer misalnya. Nah, ketika melakukan pengecekan, coba perhatikan suaranya. Apa benar kurang jelas? Apa benar kurang keras? Karena kadang-kadang masalahnya bukan karena airnya, melainkan karena pengaturan volume HP-nya itu sendiri.

2. Cek Pakai Kode Test Speaker Untuk Mengetahui Speaker HP Maish Bisa Berfungsi Ataupun Tidak





Tes kode speaker
Jika pada pengecekan pertama ternyata suara speaker tidak keluar, selanjutnya coba gunakan kode pengecekan, atau lebih tepatnya kode informasi hardware. Cara ini sangat akurat untuk mengetahui apakah speaker-nya sudah rusak atau tidak. Karena beda dengan metode pertama, memakai kode tes ini akan membuat speaker dipaksa menyala. Untuk caranya, karena kodenya beda-beda di setiap HP, Anda bisa mencarinya sendiri di Google. Masukkan kata kunci “Kode Rahasia Samsung” misalnya. Kemudian tinggal lakukan tes speaker menggunakan kode tersebut saja.

3. Bersihkan Speaker Agar Speaker HP Kamu Bisa Kembali Menjadi Normal





Speaker Android
Jika HP terkena air, biasanya masih tertinggal embun atau sisa debu yang menempel pada speaker. Nah, ini harus dibersihkan dulu. Caranya bisa menggunakan jarum atau sejenisnya. Bersihkan saja bagian luarnya. Ini bisa sedikit membantu, menghilangkan suara kresek dari speaker.

4. Keringkan HP dengan Hairdryer Untuk Membersihkan Air Yang Masuk Ke Speaker Ponsel Android





Hairdryer Untuk HP
Hairdryer bisa mengeluarkan angin panas yang mana bisa Anda gunakan untuk mengeringkan embun air yang menempel pada speaker. Caranya mudah saja. Anda hanya perlu menyalakan hairdryer, lalu arahkan ke bagian speaker. Beri jeda sedikit, misal 10 detik dikeringkan, 5 detik didinginkan dulu. Atur juga suhu hairdryer ke mode panas yang paling rendah. Tujuannya agar suhu HP tidak terlalu tinggi ketika dikeringkan. Cara ini cukup direkomendasikan. Kalau HP Anda adalah tipe removable battery, silakan lepas casing HP dan lepas baterainya juga. Tujuannya supaya proses pengeringannya bisa lebih maksimal.

5. Keringkan dengan Kipas Angin Untuk Membersihkan Air Di Area Speaker HP Android





Kipas Android
Nggak semua orang punya hairdryer. Solusinya, Anda bisa coba cara alternatif, yakni dengan menggunakan kipas angin. Di sini sudah bisa membayangkan cara mengeringkannya bukan? Nggak jauh beda dengan menggunakan hairdryer, kok.

6. Keringkan HP dengan Media Beras Agar Air Yang Masuk Benar-Benar Hilang 





Mengeringkan HP Pakai Beras
Beras adalah media yang biasa dipakai untuk mengeringkan dan mengatasi HP yang kemasukan air. Bahkan untuk HP yang kehujanan sekalipun. Well, ini karena beras punya sifat menyerap air yang sangat baik. Sehingga bagian-bagian komponen yang lembab -termasuk speaker– bisa dikeringkan. Caranya mudah. Siapkan beras secukupnya (sekitar 1 mangkuk). Lepas casing HP dan baterainya (kalau bisa). Kemudian, kubur semua bagian HP ke dalam beras tersebut, dan tunggu semalaman, atau lebih bagusnya 2 sampai 3 hari. Setelah itu, nyalakan kembali HP-nya. Kemudian Anda bisa langsung mengetes speaker-nya. Kalau eror yang sebelumnya didapat memang karena masalah lembab, harusnya sih bisa teratasi.

7. Servis HP. Cara Terakhir Yang Bisa Kamu Lakukan Jika 6 Cara Mengeringkan Air Di Atas Tidak Berhasil





Perbaiki HP Android
Bagaimana kalau sudah menerapkan cara di atas, speaker masih belum bisa berfungsi dengan baik? Misal suaranya masih belum jelas, atau masih belum keluar sama sekali. Kalau seperti ini, mungkin Anda memang sudah harus mengganti komponen speaker-nya. Karena nggak semua orang bisa mengganti speaker HP sendiri, solusi terbaik ialah dengan langsung membawanya ke tempat servis HP. Untuk biaya servisnya sendiri bervariasi. Bisa 100 ribu sampai 300 ribu rupiah, tergantung dari tipe HP Anda. Kalau masih ada garansi, Anda bisa langsung membawanya ke Service Center. Biasanya gratis, namun kadang memakan waktu 2 sampai 3 hari.
Itulah Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengatasi HP Yang Terkena Air, Sangat mudah bukan?

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi HP yang terkena Air"