Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Inilah 4 Alasan IC Power HP Android Rusak

Inilah 4 Alasan IC Power HP Android Rusak



Inilah 4 Alasan IC Power HP Android Rusak. Kerusakan HP pada umumnya bisa kita bagi menjadi 2 jenis dari kerusakan sistem dan kedua adalah kerusakan komponen. Untuk masalah sistem, rata-rata masih bisa diatasi hanya dengan metode flashing saja.  Sedangkan masalah komponen, tentu saja lebih sulit untuk diperbaiki sendiri, dan sering kali solusinya adalah diganti.

Alasan IC Power HP Android Rusak

Ada banyak sekali komponen yang terpasang rapi di dalam HP Android. Di antaranya adalah beragam jenis IC (Integrated Circuit) dengan fungsinya yang bervariasi. Misalnya IC ChargerIC AudioIC Power, dan lain-lain. Namun khusus di sini, Tips-IF akan membahas sedikit soal IC Power saja.

Kenali Apa Itu IC Power?

Bisakah IC Power Rusak Diperbaiki
Seperti namanya, IC ini masih berhubungan dengan kerja daya pada Handphone. Fungsinya ialah untuk membagikan tegangan daya ke komponen lain, seperti layar, sinyal, IC lain, dan sebagainya di dalam PCB. Jika IC Power ini mengalami kerusakan, biasanya erat kaitannya dengan HP yang tidak bisa menyala. Ditekan tombol power tidak ada respon, dan biasanya kalau dicas pun tidak muncul jendela charging seperti HP pada umumnya. Untuk analoginya, kita anggap saja sebagai kipas angin. Kalau kita nyalakan, maka baling-balingnya akan berputar. Tapi kalau rusak, maka tidak akan bisa berputar tentunya. 

Kenapa IC Power Bisa Rusak?

Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya, kenapa sih IC Power pada HP saya bisa tiba-tiba rusak? Padahal sebelumnya normal saja, kok. Sejatinya, ada beberapa faktor yang menyebabkan IC Power tiba-tiba jadi tidak berfungsi, bahkan tanpa disadari oleh pengguna HP-nya. Di antaranya sebagai berikut:

  • HP yang terlalu tua.
  • HP yang dicas terlalu lama.
  • HP yang sering terlalu panas.
  • HP yang kena air.
  • dan karena speaker aktif.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya:

HP Terlalu Tua: Kondisi komponen HP tentu saja akan semakin lemah seiring berjalannya waktu. Daya kerjanya pun sudah pasti akan menurun, dan bisa membuat IC mengalami kerusakan kapan saja. Biasanya ditemui di Android dengan usia pemakaian 5 tahun ke atas.

HP Dicas Terlalu Lama: Sebagian besar HP bisa saja mengalami kerusakan kalau dicas terlalu lama. Misalnya semalaman. Ini sering dialami pengguna HP Android, dan beberapa pengunjung situs ini pun ada yang menanyakannya.
HP Sering Terlalu Panas: Memang ada sebagian chipset HP yang sering mengalami throttling dan overheating. Ini bisa saja berpengaruh ke komponen lain seiring lamanya pemakaian.
HP Kena Air: Jangan salah, HP kena air juga bisa membuat rusak IC di dalam HP. Karena komponen HP itu rentan korosi jika tidak cepat-cepat dikeringkan. Dampaknya, kadang bisa langsung kena IC, atau bisa pula ke jalurnya.
Karena Speaker Aktif: Kerusakan IC Power juga bisa disebabkan karena HP dihubungkan ke speaker aktif dengan tegangan yang jauh berbeda.


Ciri Ciri IC Power Ponsel Android Rusak

Ada beberapa ciri atau gejala jika IC Power HP Android rusak. Sebagian yang paling sering ditemui, di antaranya:

1. IC Power Bisa Rusak Karena HP Mati Total

Persis seperti yang saya bilang sebelumnya. Jika IC Power rusak, maka salah satu kerusakannya ialah HP mendadak mati total dan tidak ada respon sama sekali saat dicoba untuk dinyalakan kembali. Jika sistem HP rusak, biasanya HP masih ada tanda getar. Tapi kalau IC Power-nya yang rusak, sering kali getaran ini tidak muncul sama sekali. Begitu pun kalau HP dicas. Tidak ada notifikasi pengisian sama sekali, meski pun lampu LED notifikasi menandakan proses charging sedang berjalan.

2. Sinyal Hilang dan Tidak Stabil Dapat Menyebabkan Salah Satu Fungsi IC Power Mengalami Kerusakan

Masalah sinyal juga bisa terjadi jika IC Power di HP mengalami kerusakan. Meskipun kartu SIM diganti, ini tidak akan berpengaruh sama sekali. Masalah sinyal yang dimaksud di sini, ialah sinyal yang muncul lalu hilang, tidak stabil, bahkan tidak mengeluarkan sinyal sama sekali. Selain sinyal hilang, kadang kartu SIM bisa tidak terbaca sama sekali.

3. Ponsel Android Yang Tidak Bisa Dicas Sama Sekali

Selain IC ChargerIC Power yang rusak juga bisa membuat HP jadi tidak bisa dicharger. Beda dengan masalah mati total di nomor 1 tadi. Jika di sana baterai masih bisa terisi, di sini justru kebalikannya. Baterai HP tidak akan penuh sekalipun kita coba sambungkan charger. Notifikasi lampu LED yang menunjukkan pengisian pun tidak aktif sama sekali.

4. Tegangan IC Power Tidak Bekerja Semestinya Sehingga Membuat IC Power Pada Ponsel Android Tidak Berjalan Dengan Semestinya

Untuk poin ini, HP harus dites menggunakan alat sejenis Power SupplyPower Supply yang dimaksud, ialah yang memiliki indikator, dengan fungsi untuk mengecek tegangan yang dihasilkan oleh HP.


Itulah 4 Alasan IC Power HP Android Rusak. Kenali ciri -cirinya agar Anda bisa lebih menjaga kondisi handphone Anda. Kenali penyebabnya agar Anda bisa menghindari kerusakannya.

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Alasan IC Power HP Android Rusak"