Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Cara Memperbaiki Muncul Layar Hitam Pada Laptop (Blank Screen)

Cara Memperbaiki Muncul Layar Hitam Pada Laptop (Blank Screen)

Cara Memperbaiki Muncul Layar Hitam Pada Laptop (Blank Screen) sebetulnya sangatlah mudah. Kamu pasti akan merasa kesal dan bingung ketika kamu mengetahui power laptop kamu sudah tidak menyala tetapi layar dalam keaadaan menyala, tidak singkron kan? 


Cara Memperbaiki Muncul Layar Hitam Pada Laptop (Blank Screen)


Keadaan ini membuat sebagian users bingung dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Namun sekarang jangan bingung karena kamu telah berada di website yang tepat. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika memperbaiki laptop yang rusak.

Tampilan system properties


Ketahui dan Pelajari Cara Mengatasi Power Laptop Yang Menyala Sedangkan Layarnya Mati

Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah ini terjadi, serta ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi laptop seperti semula. Kali ini akan diberikan tiga cara memperbaiki laptop rusak power menyala layar tidak tampil. Anda bisa mencobanya salah satu atau mempraktekkannya semua.

Membuka Casing Laptop Agar Kinerja Laptop Kembali Menyala

Di cara pertama atau cara paling basic ini Anda akan membuka casing laptop Anda. Casing laptop yang dibuka adalah bagian bawah laptop, lanjutkanlah dengan mencari slot RAM laptop. Perhatikan jumlah slot RAM pada laptop Anda, apakah ada dua atau hanya satu. Jika ada dua, maka pindahkan RAM ke slot satunya yang tadinya kosong.

Namun apabila laptop Anda hanya memiliki satu slot RAM, maka tetap ambillah RAM yang ada. Setelah terambil, masukkan kembali RAM tersebut ke slotnya semula. Selanjutnya Anda bisa membuka penutup hardisk dan melepaskannya.

Setelah beberapa waktu lamanya, masukkan kembali harddisk ke tempat semula. Mengapa hal ini dilakukan? Alasannya, salah satu sebab layar tidak mau menyala adalah karena RAM nya minta baru


Memanfaatkan Mode Safe Agar Laptop Bisa Beroperasi Melalui Operasi Windows

Cara selanjutnya ini akan memanfaatkan mode safe yang mana hanya bisa dilakukan pada laptop bersistem operasi Windows. Cara pertama adalah dengan menyalakan laptop Anda seperti biasa. Kemudian tekan tombol F8 di keyboard berkali-kali hingga di layar keluar tampilan Boot Options. Boot Options akan tampil dengan beberapa opsi lebih lanjut, dalam hal ini pilihlah opsi Safe Mode. Setelahnya Anda hanya perlu menunggu sampai laptop beroperasi dengan mode aman. Cara ini akan efektif apabila ternyata service Windows laptop Anda saja yang bermasalah.

Install Ulang Driver Display

Pada cara ketiga ini Anda akan melakukan penginstalan ulang pada  driver display. Cara untuk melakukannya adalah dengan menyalakan laptop serta masuklah ke mode aman atau safe mode. Setelah masuk ke safe mode, pilih opsi Windows Explorer. Di sebelah kiri layar ada ikon Computer dan klik ikon tersebut. Setelah masuk, pilihlah opsi System Properties.

Setelah Anda masuk ke opsi System Properties ini, Anda harus masuk ke opsi Display Adapter. Opsi ini terletak di bagian kiri layar. Klik Properties dan klik Update Driver. Sama seperti cara-cara instal aplikasi lain, kali ini Anda harus mengikuti step-step yang muncul saja. Kemudian jika penginstalan telah usai, lakukanlah Restart pada laptop Anda dan tunggu sampai selesai. Apabila cara ini berhasil, mala laptop Anda sudah akan menampilkan layarnya seperti semula.


Itulah tiga cara memperbaiki laptop rusak power menyala layar tidak tampil yang semuanya sama-sama efektif. Jika satu cara yang Anda pilih tidak sukses maka Anda perlu mencoba cara lainnya.  Pasalnya, masalah layar laptop ini bisa disebabkan beberapa hal sehingga membutuhkan penanganan yang tepat pula. Berhati-hatilah saat melakukan cara-cara diatas supaya bisa teliti, siapkan pula RAM yang baru apabila memang diperlukan.

Tips IF Gudangnya Cara, Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Muncul Layar Hitam Pada Laptop (Blank Screen)"