Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Kenali Penyebab Utama eMMC Rusak

Kenali Penyebab Utama eMMC Rusak


Kenali Penyebab Utama eMMC Rusak pada handphone. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri eMMC yang sudah rusak. Bagi sebagian pengguna Android, eMMC ini merupakan salah satu komponen yang cukup sering diperhatikan. Karena eMMC ini lumayan pengaruh ketika HP ingin kita custom. Misalnya ingin di-root atau ingin dipasang suatu fitur tertentu.

Kenali Penyebab Utama eMMC Rusak

Walaupun eMMC ini tidak sesering diperhatikan seperti komponen lainnya, eMMC juga bisa berpengaruh pada kerusakan HP seperti :
  • Bootloop
  • Muncul suatu notifikasi berhenti
  • Aplikasi force close

Apa itu eMMC?






Penjelasan apa itu emmc
Seperti yang sudah kita tahu, di Android terdapat berbagai jenis chip tertanam yang setiapnya punya fungsi masing-masing. eMMC ini adalah singkatan dari Embedded Multi-Media Controller. IC eMMC memiliki fungsi sebagai penyimpanan internal, serta sebagai controllernya. Di internal sendiri data-data penting HP tersimpan. Baik itu yang punya kita sendiri, maupun data sistem. Misalnya:
  • Data Bootloader
  • Data Recovery
  • Data Sistem (OS)


Ciri-ciri IC HP Android yang Mulai Rusak / Bermasalah





Ciri EMMC Rusak

1. eMMC Rusak Dikarenakan Tidak Bisa Install Custom ROM

Ciri ciri dari eMMC yang rusak bisa dikarenakan tidak bisa install costum ROM, tepatnya ketika loading. Biasanya waktu kita akan install custom ROM langkahnya seperti berikut:
  • masuk ke recover
  • memilih sistem dari recovery
  • Proses install berjalan
Ketika proses install inilah biasanya akan terhenti. Proses install ini berhenti biasanya disebabkan karena eMMC yang mulai rusak dan bermasalah.

2. eMMC Tidak Berfungsi Normal Dikarenakan Bootloop

Ciri ciri yang kedua eMMC tidak berfungsi dapat kita liat dari bootloop. HP bootloop adalah salah satu error yang paling sering terjadi di HP Android. Bootloop sendiri bisa disebabkan berbagai hal. Biasanya bootloop ini termasuk error yang mudah diperbaiki juga. Cukup dengan cara reset HP bisa normal kembali. Tapi sebaliknya, kalau sudah direset tapi masih gagal terus, bisa jadi penyebabnya adalah eMMC pada handphone kita sudah rusak.

3. eMMC Rusak Dikarenakan Tidak Bisa Flash Ulang

Ciri yang bisa dikenali selanjutnya adalah ketika melakukan flash ulang. Kurang lebih mirip seperti install custom ROM tadi. Tidak bisa flash ini errornya bisa berupa:
  • Stuck ketika prosesnya
  • Muncul pesan error tertentu, misalnya no space
Hal ini disebabkan karena eMMC tidak terdeteksi normal kapasitas penyimpanannya, sehingga flashnya tidak berjalan normal. sudah dipastikan eMMC yang terpasang sudah rusak.

4. eMMC Juga Bisa Rusak Akibat Muncul Pesan Aplikasi Terhenti

Ciri ciri yang dapat dikenali selanjutnya adalah dengan  muncul pesan sayangnya aplikasi telah terhentiPenyebab dari pesan tersebut biasanya karena RAM HP yang sudah terlalu penuh. Tapi, kalau pesannya muncul terlalu sering, biasanya eMMC yang menjadi penyebabnya. 

5. eMMC Rusak Dikarenakan Tidak Bisa Install Aplikasi Pada Smartphone

Pemasangan aplikasi baru, contohnya dari Playstore selalu gagal bisa dipakai sebagai ciri eMMC sudah mulai rusak. Penyebabnya karena eMMC tidak bisa melakukan aktivitas tulis (write), atau deteksi penyimpanannya tidak normal. Terkadang muncul pesan error tertentu juga.

6. e-MMC Rusak Dikarenakan HP Sering Hang/Macet

HP lagi dipakai normal, tiba-tiba hang (macet) dan tidak bisa diapa-apakan kecuali di restart dulu. Walau tidak selalu seperti itu, eMMC rusak bisa menyebabkan ini. Sumbernya dari sistem yang tidak bisa terbaca dengan baik oleh HP hingga membuat kinerja HP jadi tidak stabil.

7. Tidak Bisa Reset Bisa Menjadi Salah Satu Penyebab eMMC yang Rusak

Ciri-ciri terakhir yang bisa dikenali adalah tidak bisa reset. Reset ini bisa lewat sistem atau recovery (pada fitur wipe data). Biasanya ketika reset, prosesnya akan gagal (muncul pesan error tertentu), atau nanti mungkin berhasil, tapi ada beberapa data yang tidak terformat.  Mirip-mirip kurang lebih seperti poin tidak bisa flash ulang tadi. 

Penyebab eMMC yang bermasalah

Biaya ganti emmc
eMMC sebenarnya termasuk komponen yang awet, dengan catatan kalau penggunaannya normal. walau sudah bertahun-tahun eMMCnya masih bisa normal-normal saja.Nah, walau begitu ada beberapa penyebab dari eMMC yang cepat rusak, diantaranya:
  • Sering mengubah partisi Android. Misalnya mengganti ukuran internal dan lain sebagainya.
  • Terlalu lama ngecas HP. Dalam jangka waktu tertentu bisa membuat eMMC jadi lemah.
  • Sering melepas baterai HP, atau sering mematikan HP tiba-tiba. Ini bisa membuat eMMC jadi lebih mudah error.
  • Terlalu sering menginstall custom ROM atau flash ulang. Ini yang paling banyak ditemukan, dan pengaruhnya ke eMMC lumayan juga.
  • Usia HP yang sudah terlalu lama. Meskipun kompoen eMMC termasuk awet,tapi yang namanya barang elektronik pasti ada masa pakainya.

Bagaimana cara memperbaiki eMMC yang rusak?

eMMC rusak tentu harus dilakukan penggantian komponennya. Berapa biaya perbaikannya? eMMC ini termasuk murah kok sebenarnya. Namun kembali tergantung tipe HPnya, tapi biasanya harga eMMC ini sekitar 50 ribu jika melihat di online shop. Tapi untuk di offline shop beserta biaya pemasangannya mungkin membutuhkan uang sekitar 100 ribu.



Itulah beberapa ciri ciri dan penyebab eMMC rusak. Kenali Penyebab Utama eMMC Rusak agar handphone Anda selalu dalam keadaan yang optimal.

Posting Komentar untuk "Kenali Penyebab Utama eMMC Rusak"