Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Ternyata Mudah, Inilah Cara Untuk Memperbaiki Suhu Baterai Yang Terlalu Tinggi, Rendah, dan Dijeda

Ternyata Mudah, Inilah Cara Untuk Memperbaiki Suhu Baterai Yang Terlalu Tinggi, Rendah, dan Dijeda



Cara Untuk Memperbaiki Suhu Baterai Yang Terlalu Tinggi, Rendah, dan Dijeda ternyata sangatlah mudah. Salah satu kerusakan yang terjadi pada HP android tentu saja adalah notifikasi suhu baterai yang terlalu tinggi.Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah faktor baterai itu sendiri.


Cara Untuk Memperbaiki Suhu Baterai Yang Terlalu Tinggi

Selain muncul pesan notifikasi “suhu baterai terlalu tinggi”, terkadang ada pula pesan-pesan lain sejenis, seperti:
Tidak dapat mengisi daya: Pengisian baterai dijeda, suhu baterai terlalu tinggi.
Info: Pengisian baterai dijeda, suhu terlalu rendah.
  • InfoCharging paused, battery temperature too low.
  • InfoCharging paused, battery temperature too high.
Atau jika sudah agak parah:
  • Power off: Battery temperature is over 60, your device will shutdown in 1 seconds.

Bahkan, ada juga yang akibat suhu baterainya sudah terlalu panas, ketika HP dipaksa untuk dinyalakan kembali, hanya akan menampilkan sebuah logo termometer saja.Cara Efektif Untuk Mengatasi Pengisian Dijeda: Suhu Baterai Terlalu Rendah/Tinggi

Lantas, apa sih penyebab peringatan mengenai temperatur baterai ini, dan bagaimana cara mengatasinya? Nah, untuk mendapatkan jawabannya, yuk langsung saja kita bahas selengkapnya. Semoga saja cara yang saya bagikan di sini bisa efektif, ya. Oh ya, cara-cara yang akan saya bagikan di sini tentunya berlaku untuk semua HP, baik Samsung, Lenovo, Xiaomi, ASUS, dan lain-lain.

1. Ganti Charger HP Agar Notifikasi Suhu Baterai Yang Terlalu Tinggi Hilang









Ganti Charger
Hal pertama yang mesti dicek adalah charger yang digunakan oleh HP itu sendiri. Charger HP, memiliki tegangannya (voltase) masing-masing. Biasanya sudah disesuaikan dengan HP yang dipakai. Tapi, bagaimana jika charger yang Anda pakai bukan charger bawaan? Nah, ini bisa jadi penyebabnya, lho.
Silakan coba ganti charger HP Anda. Sebisa mungkin, gunakan charger asli, bukan charger lain yang berbeda tipe, apalagi merk. Tapi jika sudah hilang, dan Anda ingin membeli yang baru, disarankan untuk membeli yang bagus sekalian, supaya baterai-nya tetap awet.

2. Cas Baterai Menggunakan Charger Dekstop Agar Suhu Baterai Bisa Kembali Normal







peringatan temperatur batre rendah
Kalau saat dicharger, malah keluar pesan dijeda, mungkin Anda bisa coba cara ini. Jika belum punya, silakan beli charger desktopnya terlebih dahulu. Setelah baterai HP Anda habis, silakan cabut baterainya, kemudian isi menggunakan charger desktop yang sudah Anda beli sampai penuh. Cara ini kadang berhasil, bahkan sudah direkomendasikan oleh beberapa Youtuber terkenal di bidang Android.

3. Ganti Baterai Untuk Menghilangkan Notifikasi Suhu Baterai 







Ganti Baterai Suhu Terlalu Rendah
Baterai HP yang sudah lemah atau rusak, kadang suka bikin HP mati sendiri. Ini disebabkan karena daya maupun tegangannya yang juga sudah rusak dan tidak stabil lagi, sehingga berdampak pada suhu HP menjadi lebih panas dari semestinya. Coba ganti baterai HP Anda. Disarankan untuk menggantinya dengan yang original supaya awet.

4. Reset HP Agar Pesan Suhu Baterai Terhapus Oleh System 







Reset Android
Bukan cuma baterai atau charger saja, sistem juga bisa jadi masalah, lho. Penyebabnya, bisa terjadi karena kesalahan pembacaan suhu baterai HP pada sistem, sehingga muncul pesan tersebut. Reset HP bisa jadi solusinya. Sebab, dengan reset HP, kemungkinan besar kesalahan pembacaan tersebut pun akan hilang juga.
Bagaimana kalau masih tidak bisa?
Nah, kalau tidak bisa juga, Anda bisa mencoba untuk melakukan Flashing. Ini lebih advanced, sehingga sistem akan benar-benar berubah sekaligus fresh kembali.

5. Servis HP Agar Pesan Notifikasi Suhu Baterai Menghilang







Servis HP Rusak
Charger nggak masalah, baterai juga nggak apa-apa, sistem pun demikian. Oh, berarti penyebabnya memang ada di dalam komponennya. Di dalam HP, ada satu komponen sensor untuk mendeteksi suhu. Ini namanya termistor.
Artikel kami seputar android yang lainnya bisa kamu baca di bawah ini:

Kerusakan termistor, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun, yang paling sering adalah akibat HP yang terlalu sering overheatKerusakan termistor ini menyebabkan sensor tidak bisa mendeteksi suhu secara akurat, dan sering membuat HP hanya bisa mendeteksi suhu pada mode rendah atau tinggi saja.
Untuk memperbaikinya, Anda harus membongkar HP Anda, kemudian mencabut dan mengganti komponen tersebut. Namun, di pasaran termistor ini relatif sulit dicari, dan biasanya hanya bisa didapat dari copotan HP lain. Karena itu, opsi membawanya ke Service Center adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan:
Masalah suhu baterai ini bisa menjadi relatif kompleks, kalau penyebabnya beda maka kemudian bisa berbeda juga langkah dalam penangannya.


Itulah Cara Untuk Memperbaiki Suhu Baterai Yang Terlalu Tinggi, Rendah, dan Dijeda. Semoga dengan beberapa cara tersebut dapat mengatasi masalah pada suhu baterai Handphone Anda.

Posting Komentar untuk "Ternyata Mudah, Inilah Cara Untuk Memperbaiki Suhu Baterai Yang Terlalu Tinggi, Rendah, dan Dijeda"