Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Cara Mendapatkan Sertifikat Data Science Gratis

Cara Mendapatkan Sertifikat Data Science Gratis

Cara Mendapatkan Sertifikat Data Science Gratis ternyata sangat mudah. Walau diluar sana banyak yang mengharuskan membayar untuk belajar data science. Namun ternyata masih ada sebuah situs yang memberikan materi pengenalan data science dan kita diberikan sertifikat pula. Sertifikat data science ini dapat dari DQLAB. Namun sebelum langsung masuk ke caranya, mari kita pelajari terlebih dahulu mengenai definisi dari data science dan bagaimana pentingnya sebuah sertifikat.

Cara Mendapatkan Sertifikat Data Science Gratis

Apa itu Data Science?

Data science adalah dua kata yang masih jarang didengar oleh masyarakat. Dikutip dari Wikipedia, Data Science atau Ilmu data adalah suatu disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Berbagai subjek yang dibahas dalam ilmu data meliputi semua proses data, mulai dari pengumpulan data, analisis data, pengolahan data, manajemen data, kearsipan, pengelompokan data, penyajian data, distribusi data, hingga cara mengubah data menjadi kesatuan informasi yang dapat dipahami semua orang.

Data science merupakan kombinasi dari ilmu sains dan ilmu sosial. Ilmu-ilmu yang menjadi penunjang utama dalam data science terdiri dari matematika, statistika, ilmu komputer, sistem informasi, manajemen, ilmu informasi, termasuk juga ilmu komunikasi dan kepustakaan. Selain itu ilmu ekonomi, terutama ilmu bisnis, juga berperan penting dalam ilmu data.

Pentingkah Sebuah Sertifikat?

Selanjutnya apakah penting sebuah sertifikat? Sertifikasi dari sebuah profesi memiliki tujuan untuk memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun dari pengalaman kerja. Sertifikasi biasanya akan diberikan oleh sebuah organisasi atau asosiasi profesi yang mengetahui dengan pasti suatu kompetensi profesional seseorang dalam bidang tertentu. 

Sertifikasi yang diberikan oleh sebuah organisasi atau asosiasi profesi tersebut akan memberikan jaminan bahwa orang yang menyandangnya telah mendapatkan standar kompetensi tertentu. Kredibilitas suatu sertifikasi sangat ditentukan oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Data Science Gratis?

Dengan mendapatkan sebuah sertifikat, artinya kita telah dipastikan kompetensinya didalam sebuah bidang tersebut. Artinya dengan mendapatkan setifikat data science kita telah memiliki kompetensi di di bidang data science. Lalu bagaimana cara mendapatkannya?

DQlab adalah jawabannya. DQlab menyediakan pelatihan gratis Introduction to Data Science with R. Module 'Introduction to Data Science with R' ini membahas penggunakan DQLab LiveCode Editor dan dasar bahasa pemrograman R sebagai langkah awal menjadi data scientist. DQ lab membagi modul introduction to Data Science wit R ini menjadi 2 bagian, yaitu Dasar-dasar Pemograman R yang berisi mengenai Live Code Editor di DQLab dan dasar-dasar pemograman R dan yang kedua Lanjutan dasar-dasar R yang berisi materi Penggunaan comment, vector dan fungsi summary untuk mengenal karakteristik data.

Untuk mendapatkan kursus Data Science secara gratis, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi halaman utama DQlab untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. atau bisa klik disini.
  • Selanjutnya silahkan ikuti alur pendaftarannya dengan mengisi email, no whatsapp dan buat passwordnya. 
  • Setelah itu lakukan konfirmasi email
  • Login ke DQlab menggunakan email dan password yang telah dibuat sehingga masuk ke halaman seperti dibawah ini.

  • Selanjutnya klik mulai pada modul Introduction to Data Science with R.
  • Kerjakan modul tersebut sesuai petunjuk yang ada. 
  • Jika sudah selesai mengerjakan modul tersebut, silahkan kunjungi halaman sertifikat atau bisa klik disini.

  • Jika sudah berada pada halaman seertifikat seperti diatas, silahkan unduh sertifikat Anda.
  • Berikut adalah penampakan dari sertifikat yang didapat. 


  • Sertifikat ini didapat dalam bentuk e-sertifikat dengan jenis format file pdf.



Itulah cara mudah untuk mendapatkan sertifikat data science secara gratis. Semoga dengan adanya materi gratis tersebut dapat memotivasi Anda untuk lebih mengenal data science dan mempelajarinya lebih dalam.

Tips IF Gudangnya Cara, Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Sertifikat Data Science Gratis"