Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Inilah Cara Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memperbaiki Hardisk Laptop Yang Rusak (100% WORK)

Cara Memperbaiki Hardisk Laptop yang Rusak


Cara Memperbaiki Hardisk Laptop yang RusakCara memperbaiki hardisk laptop yang tidak bisa terbaca dibutuhkan oleh para masyarakat pada umumnya. Hardisk merupakan bagian komputer yang sangat penting karena memiliki peranan yang sangat penting. Hardisk digunakan untuk menyimpan berbagai file atau bisa tersimpan dengan aman. Namun ketika tempat penyimpanan tidak bisa diakses tentu akan membuat orang panik dan kesulitan.


Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki hardisk laptop yang rusak

Jika tiba-tiba hardisk tidak terbaca, janganlah langsung panik. Usahakan untuk tetap tenang agar Anda bisa mencari solusi terbaiknya. Jika Anda mengetahui caranya dan mengikut setiap langkahnya dengan baik, maka Anda tidak akan kesulitan untuk memperbaiki kondisi tersebut. Berikut cara memperbaiki hardisk laptop yang tidak bisa terbaca.


Ketahui Dan Simak Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak


Nah di bawah ini adalah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan hardisk kamu bisa rusak. Agar dapat mengantisipasi kerusakan pada hardisk, maka kita harus tahu apa sih yang menjadi penyebab hardisk rusak.  Berikut adalah rinciannya:

1. Panas Berlebih Yang Bisa Mengakibatkan Hardisk Menjadi Over Heat

Panas yang berlebihan pada hardisk sudah pasti akan menyebabkan menurunnya kinerja atau bahkan bisa merusak komponen perangkat tersebut. Sebenarnya bukan pada hardisk saja, melainkan pada semua perangkat elektronik yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Maka tidak heran, hampir semua perangkat elektronik menggunakan kipas guna membantu pendinginan komponen didalamnya.

2. Penggunaan Hardisk yang Berlebihan Yang Bisa Membuat Kinerja Chip Di Dalam Hardisk Menjadi Kotor

Panas yang berlebih ini biasanya terjadi karena penggunaan yang berlebihan pula. Ketika komputer atau laptop digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang, maka akan berdampak pada komponen yang cenderung menjadi cepat rusak. Maka dari itu, paling tidak tetap beri waktu istirahat agar komponen seperti hardisk tidak terlalu panas.

3. Instalasi Software yang Terlalu Banyak Yang Mengakibatkan Kinerja Laptop Menjadi Lambat

Instalasi perangkat lunak maupun instalasi sistem operasi jika dilakukan secara berlebihan atau terlalu sering, maka akan berdampak tidak baik. Karena, ketika proses instalasi berjalan, hardisk akan bekerja lebih berat daripada biasanya. Pokoknya, semua hal jika dilakukan secara berlebihan, pasti akan memiliki efek yang tidak baik.

4. Perangkat Komputer atau PC Sering Mati Mendadak

Ketika perangkat komputer atau laptop mati mendadak, maka semua komponen didalamnya juga akan berhenti bekerja, termasuk hardisk. Hardisk yang cara kerjanya adalah dengan berputar, tiba-tiba berhenti seketika dan itu bukan hal yang wajar. Hardisk butuh waktu untuk menghentikan pekerjaannya.

5. Komputer / PC Sering Terjatuh

Komponen paling penting dalam hardisk adalah disk atau cakram. Ketika hardisk sering jatuh, biasanya ada hal-hal aneh yang terjadi. Salah satunya adalah hardisk tidak mau terbaca, dan parahnya bisa juga terjadi kerusakan pada hardisk. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika membawa hardisk, terutama hardisk external.

6. Usia Hardisk Sudah Cukup Lama

Hardisk juga memiliki jangka waktu penggunaan. Jika sudah waktunya diganti, biasanya hardisk akan memberikan tanda-tanda seperti laptop sering hanglaptop menjadi lemot, lama ketika menyimpan data, dan lain sebagainya.

7. MFT atau FAT Corrupting

Sistem file yang sering digunakan oleh pengguna windows yaitu NTFS dan FAT. Dan MFT sendiri berperan penting sebagai penyimpan file. Sehingga saat MFT mengalami kerusakan maka system NTFS hardisk eksternal tidak akan terbaca.

8. Infeksi Virus Yang Mengakibatkan Hardisk Menjadi Terlalu Cepat Over Heat

Kenapa hardisk eksternal tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh infeksi virus? Bagi Anda yang sering browsing di internet untuk mencari data pekerja atau hanya sekadar mencari hiburan harus waspada dan berhati-hati. Terlebih jika Anda sering mendownload dari situs yang tidak terpercaya disarankan anti virus harus selalu update. Karena di dunia internet terkadang banyak masalah yang bisa timbul karena dunia maya mempunyai kebebasan tersendiri. Salah satunya yakni adanya virus yang menginfeksi laptop atau computer Anda tanpa sadar yang bisa menyebabkan kerusakan pada partisi computer.

9. Penyabutan USB Tidak Aman

Kasus ini biasanya terjadi saat Anda akan mengeluarkan hardisk eksternal. Keadaan ini yang mengharuskan kita untuk mencabut USB Drive pada computer secara paksa. Pencabutan paksa inilah yang akan menjadikan file system pada hardisk mengalami corrupt atau kerusakan.

Itulah beberapa penyebab harsdisk laptop rusak dan cara mengatasinya. Lebih rapih lagi dalam menggunakan laptop anda agar hardisk anda tidak mudah untuk rusak.





Posting Komentar untuk "Inilah Cara Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memperbaiki Hardisk Laptop Yang Rusak (100% WORK)"