5 Cara Mengatasi santan yang mengental dan Pecah

5 Cara Mengatasi santan yang mengental dan Pecah


Santan merupakan cairan yang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat pada umumnya. Santan merupakan cairan berwarna putih yang diperoleh dari hasil pengepresan hasil parutan daging kelapa dengan penambahan air ataupun tidak.

 5 Cara Mengatasi santan yang mengental dan Pecah


Beberapa orang beranggapan bahwa masakan yang bersantan tidak baik bagi kesehatan. Padahal santan itu banyak manfaatnya. Dengan catatan, tidak dikonsumsi berlebihan. Santan juga bisa dibilang bumbu yang serba-guna karena dapat diolah sebagai salah satu bahan untuk camilan hingga makanan berat.

Tapi, memasak dengan santan tidaklah mudah. Terkadang kita menjumpai santan yang mengental dan pecah ketika dimasak. Lalu bagaimana cara mengatasi santan yang mengental dan pecah saat dimasak?

1. Kecilkan api

Api yang kecil tentunya sangat membantu Anda untuk menghindari santan yang mengental ketika dimasak. Dengan memasak santan menggunakan api yang kecil, tentu santan yang kita masak tidak akan pecah dan menggumpal.

2. Aduk dengan konsisten

Aduk secara terus menerus dengan konsisten santan yang  kita masak. Dengan mengaduknya secara konsisten dalam  perapian yang kecil, santan yang kita masak tidak akan mengental dan pecah sehingga masakan yang kita buat akan semakin menarik.


3.Tambahkan sedikit tepung beras

Jika setelah mengecilkan api dan mengaduknya dengan konsisten Anda masih sering mengalami santan yang menggumpal ketika dimasak, cobalah untuk memberikan sedikit tambahan tepung beras. Anda bisa menambahkan 1-2 sdm tepung beras ke santan yang Anda masak.

4. Gunakan Santan instan

Jika Anda mengalami santan yang pecah dan menggumpal ketika menggunakan santan yang Anda olah secara alami, cobalah untuk menggunakan santan instan. Hal ini dikarenakan santan instan biasanya sudah memiliki penstabil sehingga tidak akan pecah.

5. Dahulukan santan cair

Apabila Anda menggunakan 2 jenis santan, yaitu santan cair dan kental. Untuk menghindari santan yang menggumpal, gunakanlah santan cair terlebih dahulu, baru Anda memasukkan santan kental setelah santan cair sudah cukup matang.



Nah itulah 5 Cara Mengatasi santan yang mengental dan Pecah. Semoga cara ini dapat membantu Anda untuk menghindari santan anda pecah dan menggumpal ketika dimasak. Sehingga masakan Anda dapat tersaji dengan baik dan terlihat indah ketika dihidangkan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Cara Mengatasi santan yang mengental dan Pecah"

Post a Comment