Inilah Cara Jitu Untuk Mengatasi HP Yang Terkena Air, Mudah Banget Lho!

Inilah Cara Jitu Untuk Mengatasi HP Yang Terkena Air, Mudah Banget Lho!


Cara Mengatasi HP yang terkena air tentu sangat dibutuhkan apalagi kita musim penghujan datang. Untuk kamu yang sedang berada dalam kondisi dimana HP kamu sedang kemasukan air, tenang jangan khawatir karena kamu berada di tempat yang tepat.

Cara Mengatasi HP yang terkena air



Kali ini kita akan membahas tentang fixing HP yang kemasukan air. berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi permasalahan kemasukan air yang bisa kamu lakukan:

1. Matikan HP Secara Langsung Agar Kerusakan Tidak Merambat Ke Bagian Ponsel Yang Lainnya

Penanganan pertama yang biasa dilakukan ketika benda elektronik terkena air, tentunya dengan mematikan perangkat tersebut terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untuk HP yang terkena air. Saat HP terkena air, Anda bisa langsung mematikan HP Anda dengan cara normal, yakni dengan menekan tombol shutdown seperti biasa. Tapi, untuk Anda yang menggunakan baterai removable (bisa dilepas), Anda juga bisa mematikan HP Anda secara paksa, dengan mencabut baterainya. Hal ini bisa dilakukan jika air yang mengenai HP tidak sedikit.

2. Lap Seluruh Body HP Agar Ponsel Android Kamu Kering

Langkah selanjutnya, Anda harus cepat-cepat mengelap seluruh body HP yang terkena air.Untuk mengelapnya sendiri pun harus hati-hati. Pastikan tetesan air tidak malah masuk ke dalam body HP, karena sangat berpotensi merusak komponen di dalamnya. Sedangkan untuk lapnya bisa menggunakan kain lembut atau tisu, yang penting mudah menyerap air.

3. Bongkar Seluruh Body HP Anda Untuk Memastikan Air Yang Ada Di Dalam Hilang

Nah, supaya air dari HP yang sudah di lap tadi tidak sampai masuk ke dalam body, sebaiknya Anda juga harus cepat-cepat membongkar seluruh bagian HP yang sekiranya bisa dilepaskan. Untuk pembongkaran lakukan sebisanya, ya. Ini meliputi casing belakang HP, baterai, kartu memori, dan kartu SIM. Tapi, jika memungkinkan, disarankan juga untuk membongkar bagian-bagian lainnya, terutama pada LCD. Sebab, komponen ini rentan terkena masalah ‘blank‘ layar putih kalau terciprat air.

4. Keringkan HP Agar Kerusakan nya Tidak Menyebar Ke Area yang lain

Setelah menyelesaikan 3 step sebelumnya, silakan dilanjutkan untuk mengeringkan HP. Setelah selesai dilap, untuk mengeluarkan air yang mungkin telah masuk ke bagian dalam body HP, Anda bisa menggunakan vacuum cleanerVacuum cleaner ini memang biasa digunakan untuk menyedot debu. Tapi, di sisi lain, alat kebersihan satu ini juga bisa membantu Anda untuk menarik air yang telah terlanjur masuk ke dalam HP Anda. 

Terdengar aneh memang. Tapi jangan salah, cara ini sudah direkomendasikan oleh websitewebsite luar negeri, lho. Setelah selesai dikeringkan dengan vacuum cleaner, stepnya masih belum selesai sampai di sini. Walau terlihat kering, sebenarnya HP Anda mungkin saja masih basah di bagian dalam komponennya. Hal ini bisa menyebabkan korosi, terutama pada bagian port charger.

5. Kubur HP ke Dalam Beras


Beras


Beras, selain untuk dimasak dan dimakan, juga bisa bermanfaat untuk ‘menolong’ HP Anda yang terkena air. Beras ini punya sifat menyerap air yang baik. Bahkan, banyak orang yang HP-nya rusak karena terjatuh ke dalam air, atau karena kehujanan, menjadi normal kembali dengan tips ini. Untuk caranya sendiri, sebenarnya sangat mudah, berikut adalah caranya.

  • Ambil HP Anda yang sudah dibongkar tadi, kemudian kubur ke dalam beras dalam jumlah secukupnya.
  • Jangan ambil HP ketika proses pengeringan baru berjalan beberapa jam saja. Lebih baik tunggu hingga 2 – 3 hari untuk memastikan HP Anda benar-benar kering seutuhnya.
  • Setelah selesai dikubur, Anda boleh mengambil HP-nya, lalu rakit kembali semua komponennya. Setelah itu, coba tes nyalakan kembali.
Sebenarnya, selain beras, ada beberapa material lain yang bisa Anda gunakan untuk mengeringkan HP. Namun, mengingat orang Indonesia kebanyakan suka makan nasi, pasti beraslah benda yang paling mudah didapatkan di sini. Pasti ada di rumah dong kalau beras.


Itulah Cara Jitu Untuk Mengatasi HP Yang Terkena Air, sangat mudah bukan? Tentunya cara ini dapat dilakukan jika Handphone tersebut masih belum lama terkena air, karena jika sudah lama terkena air bahkan terendam, bisa jadi sudah banyak komponen yang sudah rusak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Jitu Untuk Mengatasi HP Yang Terkena Air, Mudah Banget Lho!"

Post a Comment