Tips Menghadapi UTBK

Assalammualaikum wr wb
Apa sih UTBK itu? Dikutip dari Zenius.net UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) adalah sebuah ujian berbasis komputer yang dilaksanakan beberapa kali dalam setahun yang nilainya bisa digunakan dalam SBMPTN. Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri PTN maupun PTS. Bakal ada PTN atau PTS yang membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes lagi, tapi tinggal menggunakan nilai UTBK.



Kali ini saya akan membagikan beberapa Tips Menghadapi UTBK. Mungkin bisa dibilang terlambat karena UTBK 2019 sudah berjalan seminggu yang lalu. Saya sendiri merupakan peserta pada gelombang pertama tersebut, jadi disini saya akan memberikan Tips Menghadapi UTBK ini sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Sebelumnya saya sudah membuat Threads di Twitter saya, tapi Karena saya berfikir tidak semua memiliki Twitter, jadi saya akan buat Postingan di Blog saya saja karena tentunya hampir semua orang bisa mengakses Internet. Buat yang penasaran dengan mekanismenya bisa baca Threads saya di bawah ini.

Oke Let's Go! jadi apa saja sih Tips Menghadapi UTBK ini?

Minta Do'a Restu dari Orang Tua

Tips Menghadapi UTBK yang pertama adalah minta do'a restu dari orang tua. Inilah point terpenting dari segala kegiatan, mengapa? karena ridho Allah terletak pada ridho orang tua. Mintalah izin sebelum berangkat, mintalah dido'akan yang terbaik agar selama perjalanan dan kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Lebih baik, sebelum berangkat peluk orang tuamu terlebih dahulu agar dapat memberikan ketenangan tersendiri bagi diri kita. Jika kalian sudah terlanjur berangkat, Chat orang tua kalian, kabari dan teruslah untuk minta dido'akan yang terbaik.

Sarapan Terlebih dahulu

Point selanjutnya dalam Tips menghadapi UTBK ini adalah sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat. Sarapan secukupnya namun saya menyarankan untuk agak sedikit banyak sarapannya. Hal ini bertujuan agar selama proses pengerjaan energi yang kita butuhkan tersedia dan kita fokus mengerjakan soal-soal yang ada. Jangan sampai ketika kita mengerjakan soal, pikiran kita buyar karena kita merasakan lapar.

Tidur lebih awal

Tips Menghadapi UTBK yang ke-3 adalah tidur lebih awal dari jam biasanya. Saya sangat menyarankan anda untuk tidur lebih awal dari biasanya supaya ketika proses mengerjakan soal tidak ada rasa mengantuk bahkan sampai tertidur ketika mengerjakan soal. Soal jam tidur ini jangan dianggap sepele loh sob, ketika saya sedang mengerjakan UTBK kemarin, semalamnya saya tidak bisa tidur karena stress menghadapi UTBK, akhirnya saya pun jadi agak mengantuk ketika menghadapi soal-soal bacaan. Dan yang lebih parah lagi, ada orang yang sampai tertidur ketika sedang mengerjakan soal UTBK. Oleh karena itu, tidurlah lebih awal ya sob.

Datang Lebih Awal

Mengapa kita harus datang lebih awal?  untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti macet dan hal-hal lainny, jujur saja kemarin saya berangkat dari rumah pukul 05:00 loh, padahal tes UTBK baru dimulai pukul 07:30. Mengapa saya sangat pagi? saya menghindari macet yang pasti. selanjutnya saya mencari udara segar di pagi hari agar saya bisa menikmati sejuknya pagi dan pikiran saya menjadi rilex, dan alasan yang tidak kalah penting adalah untuk menghindari apabila ada yang tertinggal atau lupa membawa persyaratan kita bisa dengan sigap dan cepat untuk mempersiapkan itu. Saya sangat menyarankan para pembaca untuk melakukan Tips Menghadapi UTBK yang ke-4 ini.

Survei Lokasi 

Tips Menghadapi UTBK yang ke-5 adalah Survei terlebih dahulu lokasi UTBK kita maksimal H-1 sebelum pelaksanaan UTBK dimulai.  Hal ini bertujuan supaya ketika hari H pelaksanaan UTBK kita tidak kebingungan mencari gedung tempat tes kita. Dan jika panitia sudah menempel daftar nama peserta di gedung tersebut, kita sudah mengatahui kita akan duduk dimana dan mendapatkan nomor berapa. jadi ketika hari H kita sudah tidak bingung lagi kita akan ada di posisi mana.

Persiapkan Semua Persyaratan

Persiapkan semua persyaratan yang diminta. Pertama jangan lupa untuk membawa kartu peserta, nah kartu peserta ini ukurannya sebenarnya bebas mau ukuran apa saja yang terpenting bisa dibaca jelas oleh panitia. Kemarin saya membawa ukuran B5 ketika pelaksanaanya. Selanjutnya untuk lulusan terbaru, jangan lupa untuk membawa surat keterangan dari sekolah yang lengkap dengan pas foto kita. Untuk lulusan tahun-tahun sebelumnya, jangan lupa bawa ijazahnya. Oh ya Tips Menghadapi UTBK pada point ini sangatlah penting, salah satunya adalah dengan memakai baju sopan berkerah dan memakai sepatu. Jangan sampai anda hanya menggunakan kaos dan sandal, jika seperti itu sudah dipastikan anda akan didiskualifikasi.

Segarkan Pikiran

Tenangkan pikiran, segarkan pikiran. Ini adalah Tips Menghadapi UTBK  yang tidak kalah pentting dengan tips lainnya. Karena setidaknya dengan ketenangan, kita akan lebih fokus dalam menghadapi soal-soal yang ada. Percuma saja jika kita menguasai materi tapi pikiran kita stress, yang ada kita malah akan lupa dengan apa yang telah kita fahami dan akhirnya mendapakan nilai kurang memuaskan.

Pelajari Kisi-kisi yang telah di berikan

Tips Menghadapi UTBK yang terakhir adalah Pelajari Kisi-kisi yang telah diberikan oleh pemerintah. Kisi-kisi tersebut dapat kita dapat dari halaman pendaftaran UTBK dengan cara klik contoh soal. semua soal yang keluar rata-rata berbentuk sama dengan soal tersebut. Mungkin bisa dibilang hampi 70% untuk TPS bentuk soalnya sama. Selain itu jangan lupa juga untuk terus mempelajari contoh-contoh soal yang kalian dapat, baik berupa cetak maupun elektronik.



Mungkin itu beberapa Tips Menghadapi UTBK yang dapat saya berikan, Semangat dan Selamat berjuang untuk semua teman-teman. Semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik, Aamiin.
Jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya kawan, sampai ketemu di PTN impian!

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Tips Menghadapi UTBK"

  1. Kak,kalau foto nya nggak kena stempel sekolah,gimana ya kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tujuan foto kena stempel itu tuh bertujuan untuk meyakinkan panitia bahwa siswa tersebut benar yang ada di foto itu dan diakui pihak sekolah. Kayaknya asalkan fotonya sama dengan foto di kartu peserta gak akan terlalu jadi masalah. semoga saja panitia memakluminya, karena yang paling fatal sebenarnya Suket yang gak ada fotonya

      Delete
  2. Wah sangat bermanfaat, walaupun udh lewat semoga menjadi pelajaran bagi generasi yg akan datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa untuk share gan supaya semakin banyak orang yang memanfaatkan beberapa tips ini

      Delete
  3. Saran saya sih pelajari jurus sharingan

    Salam
    Apkmod33.xyz | Free Download Game Mod and Apk Premium | Thousands of Best Game Mod and Apk Premium You Can Get Here | Play Now!

    ReplyDelete
  4. Kalo foto nya gak sama kayak kartu peserta buat foto keterangan dari skolah gimana?, maksudnya ganti foto baru gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto di Surat keterangan sama di Kartu peserta berbeda ya? Sepertinya tidak apa apa, yang penting fotonya tidak jauh berbeda, mungkin proses verifikasi datanya saja nanti pas absensi agak sedikit lama

      Delete
  5. benar gan harus siap mental dan pikiran jangan panik pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups gan, harus tenang dan enjoy aja, karena percuma kalo kita panik

      Delete
  6. Alhamdulillah sudah merasakan UTBK :'))

    kunjungi juga www.vazmod.xyz

    ReplyDelete
  7. ijin share gan, artikelnya dapat embantu anak anak didik saya buay ikutan UTBK

    ReplyDelete
  8. Mantap tipsnya gan, saya nemu blog agan dari situs https://gudanglink.com

    ReplyDelete
  9. Owalah, jadi ini tipsnya saya kerasa terbantu dengan adanya tips ini gan.

    ReplyDelete