5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap

5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap

5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap - Dalam beberapa bulan terakhir, kita telah dihebohkan oleh berita yang menunjukkan tingkat keparahan kabut di Pekanbaru, Tarakan, Berau, dan beberapa daerah di Kalimantan. Penyebab kabut asap di Riau dan daerah lain itu sendiri adalah karena kebakaran hutan dan lahan. 

Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui  5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap yang bisa dilakukan. Terutama mengingat data AirVisual yang semakin menunjukkan keprihatinan atas kabut pada tahun 2019. Berikut adalah 5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap agar kita tetap sehat.

Perhatikan Kualitas Udara di Rumah

Sebagai cara untuk mengatasi kabut asap, pemerintah daerah telah menyarankan kita untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Untuk itu, yang harus diperhatikan adalah bagaimana kualitas udara di dalam rumah. Usahakan sirkulasi udara dari luar masuk tidak terlalu banyak. Diketahui bahwa kabut asap mengandung berbagai gas berbahaya, seperti Sulphur Dioxide (SO), Carbon Monoxide (CO), Nitrogen Dioxide (NO2), dan Surface Ozone (O3). Jadi, jangan menambah gas gas berbahaya dengan memperburuk kualitas udara dengan membakar obat nyamuk bakar atau merokok di dalam ruangan. 

Gunakan Pembersih Udara

Untuk membantu meningkatkan kualitas udara, Anda dapat memaksimalkan penggunaan berbagai jenis pembersih kamar. Terutama pembersih yang dapat menyaring partikel udara untuk mencegah ISPA. AC adalah salah satu alat yang dianggap mampu membersihkan asap di dalam rumah. Anda juga dapat menggunakan pembersih lainnya seperti pelembab udara. 

Konsumsi Sayuran dan Buah Antioksidan

Bahaya kabut asap tidak hanya bisa menyerang saluran pernapasan saja. Kabut asap juga berpotensi mengganggu pencernaan dan penglihatan. Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan sebagai Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap. Kandungan antioksidan itu sendiri dapat ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan yang berwarna oranye, seperti wortel dan jeruk. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau karena mengandung banyak vitamin C yang baik untuk mata.

Minum Teh Hijau Sebelum Tidur 

Tips untuk menjaga kesehatan selama kabut asap berikutnya, yaitu dengan minum teh hijau sebelum tidur. Kabut asap memaksa kita untuk menghirup radikal bebas dan udara kotor. Jadi suka atau tidak, mereka akan menetap di paru-paru kita sambil bernafas.Minum teh hijau sebelum tidur bisa menjadi cara untuk mengatasi kabut asap. Mengapa? Karena saat tidur, tubuh kita lebih mudah menyerap cairan. Paling tidak, Anda dapat mencegah bahaya kabut asap yang berpotensi mengganggu pernapasan Anda.

Kenakan Masker N95 jika Anda melakukan aktivitas di luar rumah

Mengenakan masker saat kabut asap seperti ini adalah suatu keharusan. Maker N95 adalah masker yang direkomendasikan karena mampu memblokir 95 persen partikel di udara daripada masker normal. Meski begitu, masker ini biasanya ditujukan untuk orang dewasa karena desainnya yang besar. Sebenarnya bukan masalah jika Anda hanya mengenakan masker bedah hijau polos. Karena, untuk Tetap Sehat masker masih memberikan efek perlindungan dibandingkan tidak menggunakannya sama sekali.


Itulah 5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap agar badan kita tetap sehat terus dan terhindar dari segala penyakit yang disebabkan oleh kabut Asap.


Tags:
5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap
Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap
Cara Tetap Sehat Saat Kabut Asap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Tetap Sehat Saat Kabut Asap"

Post a Comment