Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan bagian atas

Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir Hingga Usia 3 Bulan

Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir Hingga Usia 3 Bulan

Patokan tahap perkembangan untuk bayi yang umum dicapai dalam tiap bulannya memang ada. Akan tetapi, orangtua perlu ingat bahwa setiap bayi mengalami proses tumbuh kembang dengan temponya masing-masing. Ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat.Maka itu, tak perlu terlalu terpaku pada kapan bayi harus bisa melakukan sesuatu. Fokuslah pada bagaimana cara Anda membantu si Kecil mencapai semua tahap perkembangan tersebut dengan optimal. Selama memantau perkembangannya, penting untuk mengamati dan mewaspadai bila ada masalah pada proses tumbuh kembang bayi. Dokter spesialis anak juga dapat mendampingi untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI BARU LAHIR HINGGA USIA 3 BULAN


Dengan tetap berfokus pada prinsip pencapaian tersebut, mari simak sederet tahap perkembangan bayi baru lahir hingga satu tahun pertama hidupnya di bawah ini:

Usia 0-3 bulan

  • Saat bayi memasuki usia 2 bulan, ia mulai bisa tersenyum ketika melihat orang tuanya. 
  • Jarak pandang ayi di bawah usia 3 bulan masih pendek, tidak lebih dari jarak 20-30 cm. Namun, arak ini ideal bagi bayi untuk menatap wajah orang yang menimang dan mengasuhnya.
  • Pendengaran bayi sudah berkembang sempurna dan biasanya akan menoleh ke arah suara yang akrab baginya, seperti suara ibu atau ayahnya.
  • Mendekati usia tiga bulan, bayi sudah bisa tengkurap mulai mampu mengangkat kepalanya sebentar bahkan menoleh sedikit ketika ia sedang tengkurap. Tetapi iika digendong dalam posisi tegak, leher dan kepala bayi masih perlu disangga.
  • Pada usia 3 bulan, bayi mulai tersenyum dan menikmati acara bermain. Biasanya, ia akan mencoba meniru ekspresi wajah orang yang mengajaknya bermain serta mengeluarkan ocehan untuk meniru suara dari orang tua atau pengasuhnya.
  • Di usia 3 bulan, leher bayi sudah mulai kuat dan bisa mengangkat kepala saat tengkurap. Ia mampu mengangkat kepala hingga dadanya sambil bertumpu pada tangan. Kemampuan ini merupakan persiapan agar ia mampu berguling.
  • Kemampuan koordinasi tangan dan mata bayi sudah meningkat. Di usia ini, Si Kecil mulai terus menatap benda atau orang yang menarik perhatiannya.
  • Bayi juga bisa mengenali orang tua atau pengasuhnya dari jarak yang lebih jauh.

Itulah tahap perkembangan bayi pada usia 0-3 bulan, sesuai dengan kebutuhan popok si kecil Merries memiliki tipe perekat untuk usia 0-3 bulan  yang memberikan keunggulan dengan memiliki bagian fleksibel yang berbentuk huruf “W” antara kedua paha sehingga membuat buah hati tetap nyaman dalam bergerak. Serta berdaya serap tinggi dan dilengkapi juga dengan indicator air seni yang berubah warna dari kuning menjadi biru.


 

Post a Comment for "Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir Hingga Usia 3 Bulan"