Tips Memecahkan Rasa Putus Asa

Tips Memecahkan Rasa Putus Asa

Assalammu'alaikum wr wb.
Kegagalan sering sekali membuat orang berputus asa, sifat putus asa inilah yang menjadikan banyak orang jadi tidak semangat, stress, gila bahkan banyak yang bunuh diri karena tidak sanggup menghadapi kenyataan berbentuk cobaan itu.


Dibawah ini ada beberapa cara mencegah terjadinya putus asa agar hidup menjadi lebih bermakna.
  1. Berbaik sangkalah kepada Tuhan.
    Ingatlah! karena semua yang kita alami ada hikmahnya. Di balik semua itu pasti ada pelajaran dan hikmah yang dapat kita ambil, semua ini hanyalah cobaan dan bukti kecintan Allah pada umatnya. Semakin kuat iman seseorang, semakin allah menguji kekuatan imannya tersebut.
  2. Berpikirlah bahwa tidak ada kegagalan yang abadi.
    Tidak ada kegagalah yang abadi dalam hidup ini, semua hal dapat kita rubah asal kita mau berusaha, terus berusaha dan pantang menyerah.
  3. Tetapkan tindakan kita.
    Dalam keadaan apapun, kita tetap bisa memilih tindakan. Saat gagal kita bisa memilih untuk ambruk, berteriak ataupun mengubah kebiasaan lama dan mencari jalan untuk mengatasi masalah yang tengah kita hadapi.
  4. Bersikap lebih fleksibel.
    Kehidupan tidak selalu yang diharapkan. Apabila kita bisa menyesuaikan diri pada kondisi baru, maka ketegangan kita akan berkurang.
  5. Bersikap kreatif.
    Kembangkan sikap kreatif anda. tanyakan pada diri anda kesempatan apa bagi saya di sini? jalan yang manayang terbuka bagi saya. jika anda gagal dalam suatu hal, ingat masih ada hal lain yang menunggu anda.
  6. Evaluasi setiap situasi.
    Pikirkan segala tindakan sebelum melakukan. Ini adalah cara yang paling penting untuk mencegah terjadinya putus asa, karena sebelum kita melakukan, jika kita sudah memikirkannya kita pasti tau apa yang akan terjadi apabila kita gagal.
  7. Kegagalan adalah Peluang.
    Kegagalan adalah peluang bagi kita. Dari kegagalan kita bisa belajar tentang bagaimana kita gagal dan bagaimana kita mengatasi kegagalan tersebut. Ingat! kegagalan adalah jembatan kesuksesan.
  8. Bangkitkan minat.
    mengerahkan seluruh energi untuk satu aspek dalam kehidupan akan membuat kita hancur jika yang kita minati gagal. Minat yang beragam  dan keterlibatan dalam berbagai kegiatan mengimbangi masalah muncul pada area lain.
  9. Lihat sisi positifnya.
    Kegagalan merupakan pengalaman yangmenyakitkan. Tapi daripada  memikirkan kerugian yang kita alami, lebih baik fokuskan pada apa yang telah kita pelajari.
  10. Bertanggung jawab.
    Jangan salahkan orang lain jika anda gagal, tapi perhatikan baik baik masalahnya dan cobalah memahaminya. tanyakan pada diri sendiri bagaimana cara mengatasinya? jangan anda berfikir seperti ini "Kegagalanku karena ulahmu".
  11. Jaga keseimbangan.
    Kegagalan dapat mempengaruhi kita secara emosional, yang berdampak terhadap tindakan kita. Karena itu, sebelum dihadang kegagalan, mulailah berlatih untuk saling membantu dengan teman.
  12. Pelihara selera humor.
    Humor dan tertawa memang tidak segara memecahkan masalah, tetapi dengan tertawa akan membantu kita melihat masalah secara perspektif. Hal itu bagaikan cahaya dalam kegelapan.

    Mungkin itulah beberapa cara mencegah terjadinya putus asa agar hidup menjadi lebih bermakna. dalam Alquran surat Alinsyirah ayat 5 dan 6 juga dijelaskan bahwa :

    "Sesungguhnya setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan"
    itu artinya Allah melarang kita untuk berputus asa, karena setiap masalah pasti ada hikmahnya.
    mungkin itu yang dapat sekarang saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan.
    Wassalammualaikum wr wb


    jangan lupa tinggalkan komentar dan di share ya kawan :)


    Baca juga artikel terkait :
    10 mental positif untuk meraih sukses

    keerdasan emosional 
     

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Tips Memecahkan Rasa Putus Asa"

  1. mantap gan infonya jadi ta saya gan cara mencegah putus asa heheee trims infonya gan

    ReplyDelete
  2. tp jgn terlalu optimis juga gan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan karena nantinya takut stres kalo gagal

      Delete
  3. berpikirlah bahwa kegagalan adalah sebuah pembelajaran bwt lebih baik.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget gan, jadikan kegagalan sebagai cermin

      Delete
  4. Bener gan putus asa itu ga boleh, selama kita hidup harus tetap berjuang hhe

    ReplyDelete
  5. Nice info gan, biar semangat blogging demi sesuap nasi :D

    ReplyDelete
  6. Ane suka hal-hal yang berbau kreatif tuh :3 .

    ReplyDelete
  7. Wihh,, Gn Thank's Infonya. Ane belakangan ini sering merasa putus asa. tapi ane coba tips nya.

    ReplyDelete
  8. Hampir aja ane putus asa, gak jadi deh akhirnya :D

    ReplyDelete