Tips Menghadapi UN


Tips Menghadapi UN


Perbanyak belajar bukan update status!

Yup, kata itu emang benar. Coba deh anda pikirkan,  perasaan zaman sekarang bisanya update status aja. Laper? update status, Sakit? Update status, lah sekarang mau UN mau update status? gak boleh tuh.. Leper ya harusnya makan, Sakit ya harusnya berobat, dan sekarang mau menghadapi UN ya harus belajar dan berdoa dong.

Namun jika anda sudah bersikap seperti itu, cari cara agar anda menjadi tidak malas dan update status. Contohnya ya dengan mempersibuk diri dengan aktifitas kita, eits tapi harus positif ya. Jika susah untuk mempersibuk diri, gini aja gan.. punya cowo atau cewe idaman? manfaatkan dia! maksudnya jadikan dia motivator bagi kita dalam artian seperti ini "saya harus keliatan bagus di depan dia biar dia makin dekat sama saya". otomatis dong jika sudah berikiran seperti itu anda menjadi semangat karena ada dia.


 Ujian Nasional Menyeramkan?

Ah kata siapa menyeramkan? ah kata siapa.. artikan saja menyenangkan, menyenangkan kita ternyata sudah dewasa dan akan mnginjak jenjang selanjutnya, baik dari SD ke SMP, SMP ke SMA, ataupun yang dari SMA ke Pergururan Tinggi.
Pernyataan menyeramkan tersebut janganlah menjadi pengahalang bagi kita, karena itu bisa semakin membuat kita down, makanya beranggapan UN itu menyenangkan, anggap UN hanya lobang kecil yang dapat kita lompati dengan mudah untuk ke level selanjutnya.

Ada beberapa tips yang kali ini akan saya bagikan kepada para pengunjung Sharing-IF yang insyaallah dapat membantu mental kita dalam menghadapi UN. 


  1. Jaga kesehatanYang paling penting kita harus jaga kesehatan gan,masa anda mau UN dengan kondisi sakit? sungguh siapa yang mau dengan kondisi itu, makanya jaga kesehatan anda agar anda siapuntuk menghadapi UN. ingat sob sehat itu mahal. lebih baik mencgah daripada mengobati.
    oh iya gan, saya punya beberapa buah yang mempunyai banyak manfaat, silahkan kunjungi untuk melihat manfaatnya

  2. Berdo’a dan mintalah do’a dari orang tuaPoint penting yang kedua adalah dengan Berdo’a dan mintalah do’a dari orang tua, karena do;a orang tua adalah doa yang paling cepat dikabulkan. selain itu berdoalah kepada allah dengan memperdekat diri anda dengan cara rajin shalat, rajin membaca alquran dan masih banyak lagi.

  3. Ikuti program pembelajaran disekolah dengan sungguh sungguhJika badan sudah sehat, orang tua sudah memberikan do'a, tinggal kita harusbelajar dengan sungguh sungguh. Capai target kita sebagai pelajar, targetnya harus bagus ya.. "ini kemempuanku, nilaikuharus sempurna" itulah kta yang harus ada pada hati anda.
  4. Fokus pada satu hal
    Fokuslah pada satu hal dengan cara membuat jadwal belajar mulai sekarang, jika suatu hal sudah direncanakan, hasilny pasti bagus loh gan, percaya deh semua yang dilakukan dengan sungguh sungguh yang berarti fokus itu akan mendapatkan hasil  memuaskan.

  5. Perbanyak latihan soalSetiap taun, dari tahun ke tahun, UN selalu terselenggarakan. Jadi soalnya pasti hampir sama dengan tahun tahun sebelumnya, walaupun kurikulum berbeda, materi pasti sama kok. Jika ada perbedaan juga ya maklumi aja, mana mungkin soalnya semuanya sama? bener gak?
    Kembali pada bahasan awal yaitu perbanyak latihan soal, itu emang harus gan.. setelah saya jelaskan tadi bahwa apapun yang telah direncanakan pasti dapat hasil memuaskan. Jadi terus berlatih soal supaya kta dapat nilai memuaskan.
  6. Perbanyak Belajar kelompok
    Perbanyak belajar kelompok, ya.. itu emang benar, Apa tujuannya? ya udah pastilah biar pengetahuan kita makin banyak. saliang berbagi informasilah dengan teman dengan cara kerja kelompok, supaya apabila kita  tidak mengerti akan suatu hal, kita bisa saling bertanya. Dan apabila kita semua gak bisa, kita suma dapat mencarinya sama sama.
  7. Jaga mood kamu
    Belajar ketika mood kamu baik itu bagus banget, biasanya ilmu yang kita pelajari ketika mood kita bagus itu bakalan lama nempelnya di memory kita, berbeda dengan belajar ketika mood lagi ancur, udah mau UN, masalah banyak, kesehatan jadi turun.. ah udah deh bisa ancur kal gitu.
    Nah bagaimana caranya biar mood kita terjaga, beranggapan aja gini "Yang penting happy" Ya tapi jangan ngelakuin apapun semaunya kita biar kita happy, kita juga harus melakukan halnya yang positif. Contohnya adalah dengan hobby, contohnya ya jika anda hobby mancing, coba deh anda memancing sambil belajar, maksudnya sambil menunggu umpan dimakan, kita baca baca buku aja.
  8. Manfaatkan moment sesaat sebelum ujian
    Sebelum ujian berlangsung ada baiknya anda membuka buka lagi buku, tapi jangan teralalu serin, takutnya stres. jadi seminggu sebelum ujian, diri kitatuh harus tenang, jika mau baca baca buku ya harustenang juga, contohya dengan hobby tadi atau kalo enggak ya sambil minum minum kopi atau teh, initinya ya jangan sampai kita stres.
  9. Kumpulkan pengetahuan materi ujian selengkap mungkinLebih gali informasi yang sekiranya susah untuk dipelajari, gali lebih dalam dengan membaca baca di buku ataupun internet. Kalo kebiasaan saya itu sebelum ada ulangan saya suka merangkum, ini bertujan supaya ingatan lebih kuat. Tapi materi UN banyak? bagaimana caranya? ya caranya sedikit sedikitlah biar gak numpuk. contohnya jika mau belajar matematika, hari ini kita pelajari Aljabar, besok segitiga, besoknya lagi aritmatika dan begitupun seterusnya. kalau dipelajari secara langsung, susah menurut saya karena banyaknya rumus itu membuat pusing.
  10.  SarapanSarapan? ya..itu penting sekali. Usahakan dari sekarang harus biasakan sarapan karena ketika kita berfikir energi kita otomatis akan terpakai. Nah jika tidak sarapan? tubuh tidak akan ada energi yang berdampak ketika otak kita mencari energi dan tidak ada energi, maka akan terjadilah pusing, itu sangat bahaya karena dapat merusak konsentrasi kita.
Itu adalah tips tips yang saya berikan, semoga bermanfaat ya gan, dan satu lagi "SEMOGA KITA SEMUA YANG MENGIKUTI UJIAN NASIONAL LULUS DENGAN NILAI MEMUASKAN" aminnn...

eits tunggu dulu, ada beberapa tips juga yang mungkin bisa membuat tertawa, apa sajakah itu?
  1. Sungkem ortu pas mau berangkat. Sebar duit recehan buat pengemis-pengemis, suruh bantu doa biar lulus UN
  2. Nyontek gak papa asalkan dari sumber yang ada cap logo ‘HALAL’
  3. Maju tak gentar, menyontek yang benar
  4. Jawab soal yang menurut kamu gampang lebih dulu. Kalo semua susah,ah sudahlah :'(
  5. Jangan percaya kalo ada yang mau jual kunci jawaban soal UN dengan syarat lo harus jadi downlinenya dan mengajak 2 orang teman lagi
  6. Sampe sekolah 1 jam sebelum UN. Hati-hati di jalan, awas ada ayam nyebrang
  7. Bawa penghapus lebih dari satu, perhitungkan kemungkinan penghapus ‘nggelundung’ ke lantai
  8. Sebelum UN dimulai lebih baik update status twitter atau facebook dulu minta doa pada teman/Followers
  9. Ingat kata bang Haji, Begadang Jangan Begadaaaang kalo lagi UN
  10. Pastikan pensil lo itu 2B, kalo 36B kegedean :v
  11. Pakai celana dalam yang comfort (nyaman) biar gak gelisah
  12. JANGAN tulis nama di lembar jawaban seperti ini. “1M4M F1RD4U5” -_-
  13. Di lembar jawaban tulis nama kita sendiri, jangan nama pacar, romantis amat sih lu :v
  14. Jangan lupa minum tolak angin sebelum ujian dimulai, orang pinter selalu minum tolak angin
  15. Tulis tanggal UN dengan benar, jangan malah menulis tanggal jadian sma pacar lu :v
  16. Ingat yang dihitamkan itu lingkaran, jangan bentuk love-love atau bikin motif crop circle
  17. Inget! Lingkaran jawaban itu dibuletin, bukan dicoblos!
  18. Ingat 3D, dilihat, diraba, dilingkarin, jangan diterawang!
  19. Kalo ga bisa jawab, pencet bel lalu bilang “PAS”
  20. Bawa 2 kaca spion untuk jaga-jaga pengawas dari belakang

Bacanya jangan serius ya, ini guyonan... bisa aja bikin kamu ketawa. Pokoknya terus belajar ya gan.
Belajar belajar dan belajar
 Disamping belajar kita juga harus berdoa dan tawakal kepada allah supaya kita dilancarkan dan diberikan kemudahan dalam menjawab soal yang diberikan.
SUKSES YA!

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Tips Menghadapi UN"

  1. iya gan harus jaga kesehatan biar pas un ga sakit

    ReplyDelete
  2. Thanks gan, ane mau coba biar siap menghadi UN :D

    ReplyDelete
  3. satu lagi gan. jangan lupa bismillah sebelum mengerjakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan betul itu penting sekali, intinya jangan lupa berdoa aja deh gan :)

      Delete
  4. terimakasih, saya akan menghadapi un 2016 semoga diberi kesuksesan

    ReplyDelete
  5. usaha dan dibarengin dengan doa itu perlu banged mas. hehehe

    ReplyDelete
  6. Pemanasan jangan sampai ketinggalan :D

    ReplyDelete
  7. tipsnya bagus banget gan, mau dipake ahhh

    ReplyDelete
  8. Wah gan info nya menarik sekali :D Keliatan spele tapi memang bener ini penting banget :D

    ReplyDelete
  9. UN 2016 sekarang kan pake cbt gan , jadi andalin hekel2 aja :d

    ReplyDelete
  10. Wah cocok banget buat gua yg bntar lagi un wkwkwkw makasih tips nya wkwkwk

    ReplyDelete