Cara Daftar SBMPTN Terbaru

Cara Daftar SBMPTN 2019


Apa itu SBMPTN?

SBMPTN (Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional. SBMPTN selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Sebagai contoh, untuk calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah serta pemilihan tanggal bagaimana kehendak kita.

Apa itu UTBK?

UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) adalah sebuah ujian berbasis komputer yang dilaksanakan beberapa kali dalam setahun. Nilai UTBK nantinya dapat  digunakan dalam proses pelaksanaan SBMPTN. Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri PTN maupun PTS. Ada beberapa PTN atau PTS yang membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes lagi, tapi tinggal menggunakan nilai UTBK.

Wajib Baca : Tips Menghadapi UTBK

Bagaimana Cara Daftar SBMPTN?

Untuk mendaftar SBMPTN pastinya kita telah mengikuti UTBK dan mendapatkan nilai UTBK.

Pertama, silahkan kunjungi link berikut ini untuk masuk ke halaman pendaftaran https://pendaftaran-sbmptn-1.ltmpt.ac.id/login atau bisa klik disini sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini.




Selanjutnya, isikan email dan password yang digunakan ketika kita mendaftar utbk dengan kata lain akun yang kita gunakan dulu ketika kita masuk ke halaman utbk.

Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Setelah itu, Pilih menu SBMPTN lalu pilih Pengisian Biodata Peserta SBMPTN untuk melengkapi biodata peserta SBMPTN.



Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Selanjutnya silahkan lengkapi biodata kalian. Jika sudah yakin, klik simpan dan lanjutkan.



Jika sudah Klik lanjutkan, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kita diharuskan kembali melengkapi isian untuk melengkapi data sekolah, mulai tahun masuk sekolah serta jurusan yang diambil ketika kita sekolah.


Jika sudah yakin, silahkan klik simpan dan klik selanjutnya.

Selanjutnya kita masuk ke tahap 3 Pengisian Biodata Peserta SBMPTN . Pada tahap ini kita harus cek apakah biodata kita sudah benar-benar betul. Penulis menyarankan supaya kita cek dengan teliti data kita. 

Jika sudah yakin, silahkan untuk ceklis pernyataan "Saya menyatakan bahwa data yang saya isikan dalam borang ini sudah benar. Saya bersedia menerima sanksi pembatalan keikutsertaan SBMPTN 2019 apabila saya melanggar pernyataan ini." Jika sudah, silahkan klik simpan permanen.



Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.



Langkah selanjutnya untuk daftar SBMPTN adalah dengan cara melakukan pendaftaran SBMPTN dengan klik menu SBMPTN dan Klik Pendaftaran SBMPTN seperti gambar dibawah ini


Jika sudah maka kita akan mendapatkan tampilan seperti dibawah ini. 


Dibagian pertama kita akan dapat melihat nilai yang telah kita dapat ketika UTBK seperti dibawah ini. Jika kalian mengikuti UTBK 2x, maka akan muncul nilai UTBK ke 2nya. Nantinya sistem akan memilih, nilai mana yang lebih layak digunakan untuk mendaftar sesuai jurusan yang kita inginkan.

Jika sudah munucul seperti ini, silahkan klik selanjutnya.


Cara Daftar SBMPTN selanjutnya adalah langkah yang sangat ditunggu tunggu, yaitu pemilihan jurusan. Silahkan kalian pilih jurusan sesuai passion kalian dan sesuai dengan nilai yang kalian dapatkan. 

Jika sudah memilih jurusan serta PTN Impian kalian. Silahkan Ceklis pernyataan "Saya bersedia memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal) program studi yang ditetapkan oleh PTN yang saya pilih, sesuai dengan data penghasilan orang tua / wali yang telah saya isikan dengan sebenar-benarnya.Saya bersedia memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal) program studi yang ditetapkan oleh PTN yang saya pilih, sesuai dengan data penghasilan orang tua / wali yang telah saya isikan dengan sebenar-benarnya." Jika sudah, klik simpan dan klik selanjutnya untuk masuk ke tahap 3.


Setelah memilih jurusan serta PTN Impian yang diinginkan. Tahap Daftar SBMPTN selanjutnya adalah dengan mengisi atau mengunggah portofolio. Portofolio ini ditujukan untuk beberapa jurusan seperti jurusan Olahraga dan Seni. Jika selain itu maka tampilannya akan seperti dibawah ini



Jika sudah, klik selanjutnya. dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Silahkan Cek kembali data-data kalian dengan teliti. Jika sudah yakin silahkan ceklis pernyataan "Saya menyatakan bahwa data yang saya isikan dalam borang ini sudah benar. Saya bersedia menerima sanksi pembatalan keikutsertaan SBMPTN 2019 apabila saya melanggar pernyataan ini" Kemudian klik simpan permanen.

Jika sudah, maka kalian akan mendapatkan akrtu peserta seperti dibawah ini.

Itulah Cara Daftar SBMPTN terbaru 2019. Semangat dan Selamat berjuang untuk semua teman-teman. Semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik, Aamiin. Jangan lupa share supaya lebih banyak orang mengetahui cara daftar SBMPTN terbaru ini. Jangan lupa juga untuk tinggalkan komentar ya kawan, sampai ketemu di PTN impian!

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.


Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Cara Daftar SBMPTN Terbaru"

  1. Sangat membantu sekali buat yang kebingungan daftar sbmptn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan share gan, supaya orang orang tahu bagaimana cara daftar sbmptn

      Delete
  2. Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan tips tips lainnya

      Delete
  3. Saya merasakan semangat yang dulu saya rasakan ketika mencoba peruntungan saya daftar ke PTN terkenal di Bandung. Saya ingat harus bolak balik ke Bandung buat dapetin kartu peserta sama ujiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap tuh perjuangannya, beda dengan sekarang yang sudah serba online, diam dirumah pun bisa dapat kartu peserta

      Delete
  4. Bermanfaat sekali buat para lulusan 2019 seperti saya yang ingin lanjut kuliah,nice info min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa sahre gan biar orang orang tahu bagaimana cara daftar sbmptn

      Delete
  5. Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan tips tips lainnya

      Delete
  6. Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan tips tips lainnya

      Delete
  7. Yang kaya gini harus di bagikan apalagi yang sekitarnya banyak yang belum tau cara daftar SBMPTN 2019. Izin share min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan dengan senang hati, jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan tips tips lainnya

      Delete
  8. Thanks gan informasinya,
    Mampir di Blog Ane ya gan ctatanpraktis.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan tips tips lainnya

      Delete
  9. makasih info nya gan, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan tips tips lainnya

      Delete