Cara Mencegah Penyakit Mesothelioma

Cara Mencegah Penyakit Mesothelioma


Apa itu Mesothelioma?

Mesothelioma, sebuah penyakit yang masih jarang diketahui oleh masyarakat. Mesothelioma merupakan penyakit kanker yang terbentuk pada selaput pembungkus beberapa organ tubuh manusia. Mesothelioma umumnya ditemukan pada pleura (paru-paru), peritoneum (perut), dan organ jantung. Penyakit Mesothelioma termasuk jenis penyakit yang sangat berbahaya. Mesothelioma termasuk kedalam kanker agresif. Walaupun Mesothelioma termasuk kedalam kanker agresif, walau demikian penyakit ini jarang ditemukan di masyarakat.

Bibit penyakit ini sangat dekat dengan kita, paparan debu asbes sering dikaitkan dengan Mesothelioma. Debu asbes ini berawal dari berbagai bentuk asbes yang bisa berbentuk papan atap, mineral, serat, dan berbagai olahan asbes dapat menimbulkan debu. Debu dari asbes tersebut selanjutnya bisa terhirup oleh manusia bersama udara. kejadian seperti ini lebih banyak terjadi di lingkungan industri, konstruksi, dan pertukangan sehingga dapat menyebabkan Mesothelioma.


Apa Penyebab Mesothelioma?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Mesothelioma disebabkan paparan terhadap asbestos atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan istilah asbes. Penyebab Mesothelioma adalah ketika serabut asbestos masuk dalam selaput pembungkus organ yang selanjutnya akan menyebabkan peradangan dan lama-kelamaan membentuk kanker.

Penyebab lain dari Mesothelioma adalah terkena paparan dari virus (SV 40), radiasi (thorium dioxide), dan beberapa jenis bahan kimia lainnya seperti erionite, bahan kimia pada cat, dan sebagainya.


Bagaimana Cara Diagnosis Mesothelioma?

Mesothelioma dapat didiagnosis sejak dini. Untuk menentukan diagnosis mesothelioma, biasanya dokter akan melakukan serangkaian wawancara medis atau anamnesis serta pemeriksaan fisik. Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan sinar X, CT-Scan, MRI, PET Scan. Selanjutnya dokter akan melakukan pmeriksaan darah untuk dapat memeriksa biomarker mesothelin. Biopsi adalah pengambilan sampel cairan tubuh atau jaringan untukuntuk mengenali adanya sel ganas atau tidak pada tubuh kita. Dengan rangkaian cara tersebut diharapkan Mesothelioma dapat terdiagnosis.


Bagaimana Gejala Mesothelioma?

Gejala Mesothelioma tergantung pada lokasi di mana kanker muncul. sebagai contoh, Mesothelioma pada paru-paru akan dikenali dengan gejala nyeri dada, kesulitan bernafas (pengap), batuk kronis, mudah lelah, suara serak, sampai kesulitan menelan. Selain itu, gejala Mesothelioma juga dapat dlihat dengan kondisi sering demam dan berkeringat, kondisi ini akan terjadi terutama pada malam hari.

Gejala Mesothelioma juga bisa ditandai dengan penurunan berat badan yang penyebabnya tidak jelas. Sedangkan tanda-tanda mesothelioma pada perut antara lain mual, nyeri yang dibarengi dengan pembesaran perut, anemia, hipoglikemia, demam, dan diare atau konstipasi. Pada penderita mesothelioma di dada, penderitanya juga akan kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Gejala mesothelioma pada jantung yaitu terjadi aritmia atau palpitasi. Penderitanya juga akan merasakan nyeri dada, batuk, susah bernafas, demam hingga berkeringat khususnya di malam hari. 

Bagaimana Cara Mencegah Mesothelioma?

Mesothelioma merupakan penyakit yang cukup berbahaya, oleh karena itu kita sesigap mungkin harus mencegah mesothelioma terjadi pada tubuh kita. Cara mencegah mesothelioma yang paling utama adalah dengan menghindari dan mengurangi kontak terhadap asbestos atau asbes. Kontak terhadap asbestos atau asbes merupakan penyebab utama terjadinya mesothelioma.


Namun jika paparan asbes tak dapat dihindari atau kita adalah orang yang memiliki pekerjaan dengan risiko paparan asbes, sangat disarankan untuk selalu patuhi aturan keselamatan kerja yang ada. Selain itu, sebaiknya kita mengetahui secara pasti bagaimana cara menggunakan asbes yang cukup aman.

Dapat disimpulkan bahwa cara mencegah mesothelioma dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

Hindari Penggunaan Atap Rumah dengan Menggunakan Asbes

Cara mencegah Penyakit mesothelioma yang pertama adalah dengan menghindari penggunaan atap rumah dengan menggunakan asbes. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika kita menggunakan asbes sebagai atap rumah kita, maka udara yang kita hirup di dalam rumah dan di sekitar rumah tersebut tentunya memiliki paparan asbestos atau asbes.

Hindari Kontak Terhadap Asbestos atau Asbes

Cara mencegah Penyakit mesothelioma yang selanjutnya adalah dengan cara menghindari kontak terhadap asbestos atau asbes. Kontak terhadap asbestos atau asbes tentunya sangat berbahaya karena paparan asbes tersebut bisa saja masuk kedalam tubuh kita dengan cepat.

Pelajari Bagaimana Cara Menggunakan Asbes dengan Aman


Dengan mempelajari bagaimana cara menggunakan asbes dengan aman akan menjadi cara mencegah penyakit mesothelioma yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan kita dapat mengetahui bagaimana seluk beluk asbes dan langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk meminimalisir efek dari penggunaan asbes. Cara mencegah penyakit mesothelioma ini sangat diperlukan untuk orang yang bekerja atau setiap harinya melakukan kontak dengan asbes atau asbestos.

Gunakan Masker

Cara mencegah penyakit mesothelioma yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker. Dengan menggunakan masker tentunya kitapun dapat meminimalisir udara kotor yang masuk ke dalam tubuh kita karena sebelum kita menghirup udara, masker telah terlebih dahulu menyaring beberapa udara kotor.


Bagaimana Cara Mengobati Mesothelioma?

Jika cara mencegah penyakit mesothelioma telah dilakukan tapi kita tetap terkena penyakit itu, ada beberapa pilihan pengobatan yang tergantung dari lokasi mesothelioma, stadium kanker, serta jenis sel kanker. Pengobatan tersebut diantaranya:


  • Pembedahan
  • Kemoterapi
  • Terapi radiasi
  • Pleurodesis
Namun, mesothelioma memiliki prognosis yang buruk. Setengah dari jumlah penderita mesothelioma dapat hidup setidaknya setahun setelah diagnosis. Hanya 10% yang dapat hidup hingga lima tahun setelah didiagnosis.

Itulah penjelasan mengenai mesothelioma dan cara mencegah penyakit mesothelioma. Marilah mulai hidup sehat dan hindari penggunaan bahan-bahan yang berbahaya.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Mencegah Penyakit Mesothelioma"

  1. Wah baru tau kalo ada pnyakit yamg sprti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya semakin banyak yang tahu tentang bahaya mesothelioma, yuk share artikel ini

      Delete
  2. Replies
    1. sangat menyeramkan gan, Supaya semakin banyak yang tahu tentang bahaya mesothelioma, yuk share artikel ini

      Delete
  3. Penyakit sperti itu masih banyak yang belum tau. Bagus artikelnya buat nambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya semakin banyak yang tahu tentang bahaya mesothelioma, yuk share artikel ini

      Delete
  4. Mesothelioma juga dapat dlihat dengan kondisi sering demam dan berkeringat, kondisi ini akan terjadi terutama pada malam hari, kayak gini harus di hindari

    ReplyDelete
  5. Hih seram juga penyakit mesothelioma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups gan betul sekali, Supaya semakin banyak yang tahu tentang bahaya mesothelioma, yuk share artikel ini

      Delete