Penyebab dan cara mengatasi malas membaca buku pelajaran


Penyebab dan cara mengatasi malas membaca buku pelajaran

Asssalammualaikum wr wb
Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan.Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras-keras di depan umum. Sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan seksama yang dilakukan untuk mengerti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam media tertulis. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras-keras di depan umum. Proses membaca nyaring ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan gagagsan terhadap orang lain dengan cara membaca teks yang ada. Membaca dengan metode ini dilakukan dalam bentuk pidato, khotbah, debat, diskusi, wawancara, dan segala kegiatan yang berurusan tentang penyampaian di depan umum. Membaca dalam hati adalah kegiatan membacadengan seksama yang dilakukan untuk mengrti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam media tertulis. Membaca dalam hati meliputi dua aspek yaitu membaca ekstensif (extensive reading) dan membaca intensif (intensive reading). Membaca ekstensif adalah tahapan awal dimana pembaca dituntut untuk bisa menyurvei atau menilai dengan membaca secara sekilas mau pun membaca dangkal. Sedangkan membaca intensif merupakan tahapan lanjutan untuk dapat memahami isi dan memahami konteks bahasa dalam yang digunakan dalam penulisan. Sebagian besar kegiatan membaca sebagian besar dilakukan dari kertas. Batu atau kapur di sebuah papan tulisbisa juga dibaca.

Nah, sekarang apa yang menyebabkan kita malas untuk membacabuku pelajaran, dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas bersama sama mulai dari penyebabnya terlebih dahulu.
  1. Kita tidak suka dengan mata palajaran  itu
    Hal pertama adalah kita tidak suka dengan mata pelajaran itu, itu bukan hal sepele karena semua pelajaran yang diajarkan pasti ada manfaatnya, lalu apabila kita tidak membacanya apakah kita  akan menerima manfaatnya?
  2. Kita tidak suka dengan guru bidang study itu
    Hal yang paling harus diperhatikan adalah mengenai guru bidang study, guru bidang study sangat berpengaruh sekali untuk kita ada kemauan untuk membaca. Jika kita tidak menyenanginya pasti kitapun tidak akan membaca buku yang diajarkan oleh guru itu.
  3. Membaca bukan hoby kita
    Nah yang selanjutnya adlah mengenai hoby, kenapa hoby? Ya karena jika kita mempunyai hoby membaca pasti kitapun akan selalu membaca semua buku apapun itu, jadi otomatis apabila kita mempunyai hobi membaca, kita pasti akan selalu membaca buku pelajaran itu. Tapi balik lagi ke awal, sebelum kita mempunyai hoby membaca alangkah baiknya kita untuk menyukai mata pelajaran tersebut beserta guru bidang studynya.
  4. Ada hal lain yang lebih penting selain membaca.
    Banyak alasan yang dilontarkan oleh pelajar, mereka tidak membaca bukunya karena ada hal lain yang lebih penting. Tapi tolomg pentingkanlah untuk membaca buku pelajaran karena buku adalah gudangnya ilmu.
Hmmmm, setelah melihat permasalahan datas, saya menyimpulkan beberapa solusi yang  dapat dilakukan agar kita mau membaca buku pelajaran
  • Sukai semua mata pelajaran selagi itu menuntun kamu ke jalan yang benar
  • Sukai kepribadian setiap guru walaupun guru itu termasuk guru killer
  • Jadikan membaca sebagai hoby
  • Selalu pentingkan belajar
  • Luangkan waktu minimal 2 jam untuk belajar
Saya berharap dengan membaca postingan ini kalian dapat menjadi lebih suka untuk membaca buku, Karena buku adalah gudangnya ilmu dan membaca adalah kuncinya. Selain itu semoga Indonesia dapat maju dengan membiasakan warganya dengan rajin membaca dan dengan cara  membrantas buta huruf. Karena angka buta huruf diindonesia termasuk tinggi. Jangan lupa tinggalkan komentar dan di share ya kawan. Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Penyebab dan cara mengatasi malas membaca buku pelajaran"

  1. kalo ane baca buku sambil dengerin musik gan, supaya g ngantuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane sebaliknya gan, baca buku sambil denger musik malah tidur

      Delete
  2. biasanya kalo gak suka sama gurunya, bakal gak suka juga sama pelajarannya gan.

    ReplyDelete
  3. klo gurunya cantik pasti semangat belajarnya..

    ReplyDelete
  4. Untuk dapat muda Mempelajari Materi Memang Harus Suka Dulu terhadap pelajaran itu ,,, Thank telah berkunjung di Blog Ane Gan...(www.dayapesona.com)

    ReplyDelete
  5. wah kalo bagi kita itusih jelas gan

    ReplyDelete
  6. Kalo mbaca buku pelajaran emang suatu hal yg bikin males dan susah dilakuin.. Walau kek gitu klo pelajaran kita fokus.. Gag baca buku gag papa kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika hanya memperhatikan saja sudah bagus, apalagi kalo memperhatikan ditambah rajin baca buku, pasti tambah bagus.

      Delete
  7. Sebenarnya kl menurut ane rasa malas membaca buku pelajaran itu hanya sebuah alasan doank min, buktinya kl ada tuntutan bisa rajin juga... hehhee

    ReplyDelete
  8. Membaca tuh membosankan tapi di sisi lain juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan

    ReplyDelete
  9. Menjadikan membaca sebagai hobi. Ini yg agak susah

    ReplyDelete
  10. btw hobi saya dari kecil sih membaca malah kalo hang out saya agak males, bukan introvert loh

    ReplyDelete
  11. wih terimakasih atas tips menagatasi malas...

    ReplyDelete
  12. Sangat informatif artikelnya, mantul gan. Jarang ada blogger yang angkat tema membaca.

    ReplyDelete
  13. Bagus ini untuk mengatasi malas membaca buku pelajaran, makasih infonya gan.

    ReplyDelete
  14. Ane mulai akhir - akhir ini doyan baca buku, dulu padahal kagak.... Sekarang suka baca buku soalnya ada yg harus di target

    ReplyDelete
  15. Wawasan sy nambah luas setelah membaca artikel ini(y) thanks yaa

    ReplyDelete