Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips agar badan sehat saat puasa

Cara Menjaga Kesehatan tubuh Saat Puasa Ramadhan

Cara Menjaga Kesehatan tubuh Saat Puasa Ramadhan - Menjaga kesehatan badan saat puasa menjadi kewajiban kita bersama sebagai umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan. Kelancaran puasa kita juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh saat melakukan ibadah puasa. Badan dalam kondisi yang fit menjadi patokan kita sehat dan bisa menjalani puasa dengan baik. Maka dari itu menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa sangat penting untuk anda lakukan.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, ada beberapa orang disekitar kita yang sakit atau kurang enak badan selama berpuasa. Mulai dari sakit ringan : Batuk pilek sampai sakit parah. Ini semua karena tidak bisa menjaga pola hidup saat berpuasa. 

Cara menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadhan penting sekali agar kegiatan sehari - hari bisa berjalan normal seperti biasanya. Karena itu, terapkan pola sehat dibulan ramadhan ini. Tips sehat saat puasa ramadhan adalah dengan menjaga pola makan dan minum antara waktu berbuka dan sahur.



Tips bugar selama puasa


Menu berbuka dan sahur yang sehat
Memilih menu untuk berbuka dan makan sahur yang sehat akan menjadikan tubuh anda bugar disaat anda sedang menjalankan ibadah puasa nantinya. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan jangan sampai pernah mencoba mengkonsumsi junkfood ketika berbuka maupun saat makan sahur. Selain itu anda diharuskan mengurangi bahkan menghindari minum es saat berbuka dan sahur.

Walau segar ditenggorokan karena udara panas saat puasa, Es bisa membuat sistem sistem pencernaan dan sirkulasi darah bekerja semakin lambat. Oleh karena itu banyak orang yang mersa pusing setelah minum es, ini dikarenakan perut kosong karena berpuasa.

Perbanyak minum air putih agar cairan tubuh kembali normal

Mengkonsumsi air minum yang cukup, bisa membuat badan anda bugar dan sehat. Seperi hari - hari biasa anda dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas perhari, dari waktu berbuka sampai waktu sahur berakhir. Anda harus banyak minum air putih karena saat anda berpuasa banyak  cairan tubuh yang hilang, dan bisa menjadikan anda dehidrasi.

Oleh karena itu selama waktu berbuka sampai waktu sahur, kita harus banyak - banyak mengkonsumsi air untuk kebutuhan cairan yang hilang bisa tergantikan. Hindari mengonsumsi minuman energi, lebih baik minum air kelapa yang alami untuk mengembalikan stamina tubuh. Air kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga sangat baik diminum saat berbuka.


Cukup tidur

Selama puasa dibulan ramdhan mungkin saja, kita akan mengalami kurang tidur. Sebab banyak  aktifitas yang dilakukan pada malam hari. Seperti harus bangun sahur, sholat tahajud, atau rangkaian ibadah lainnya. Nah, walaupun begitu anda juga perlu mencukupi kebutuhan tidur anda, yaitu tidur yang berkualitas.

Karena itu aturlah jadwal tidur anda, sebaik mungkin. Usahakan untuk tidur siang untuk kelancaran ibadah pada malam hari.

Tidak bermalas malasan

Dibulan ramadhan sangat tidak dianjurkan untuk tidur dan bermalas - malasan, karena saat kita puasa seharusnya kita perbanyak kegiatan agar badan tidak lemas, Istirahat perlu, namun perlu anda ketahui istirahat dan tidur yang terlalu lama justru membuat badan anda lemas dan lesu. Perbanyak ibadah agar puasa anda lebih barokah.

Itu tadi Cara menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadhan, semoga dengan membaca artikel ini para pembaca mendapatkan berbagai manfaat. silahkan berkomentar untuk mengetahui bagaimana pendapat anda tentang artikel ini.

Jangan lupa like and share kawan...

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

6 komentar untuk "Tips agar badan sehat saat puasa"

  1. Wah izin praktek tips agan dulu gan..
    makasih banyak yaa

    BalasHapus
  2. SANGAT BERMAANFAAT, INFONYA GAN, THANKS

    BalasHapus
  3. ternyata ini tipsnya sangat bermanfaat buat kesehatan kita , wah makasih ya sob

    BalasHapus
  4. wah ini info cakep bener pas lagi gak enak badan pula lagi ehehe

    BalasHapus
  5. emanh hrua di lakuin tuh buat jaga kesehata

    BalasHapus
  6. boleh dipraktek in tuh besuk..nice gan

    BalasHapus