Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips Memilih Data Center di Indonesia

Tips Memilih Data Center di Indonesia


Data Center : Pengertian, Aspek, Pengguna, dan Keberadaannya di Indonesia

Data center Indonesia kini makin banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan baik lokal maupun multinasional. Data center adalah suatu fasilitas yang dikelola untuk memenuhi kebutuhan sistem informasi seperti tempat penyimpanan data (database) dan telekomunikasi. Pada sebuah data center terdapat ratusan server yang tersusun rapi seperti rak. Rak-rak tersebut adalah salah satu komponen data center yang berfungsi sebagai penempatan server untuk website dan database.


Aspek yang perlu diperhatikan dari Data Center

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan setiap organisasi yang ingin menggunakan data center. Aspek-aspek tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Data center tersebut harus sudah sesuai dengan standar yang sudah ada.
  • Data center tersebut juga harus memiliki komponen cadangan untuk menggantikan saat komponen utama mengalami gangguan.
  • Data center itu wajib dibangun di lokasi yang aman dan strategis.


Pengguna Data Center di Indonesia

Pada umumnya data center dapat digunakan oleh siapa saja. Indonesia sendiri, penggunaan data center masih terbatas pada pemerintah dan perusahaan besar serta perusahaan multinasional. Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil-menengah, tidak ada salahnya untuk menggunakan data center. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, data Anda akan dapat dikelola dan diolah dengan baik.


Keberadaan dari Data Center di Indonesia

Saat ini perusahaan data center di Jakarta sendiri belum banyak. Sementara itu, di wilayah lain pun, distribusinya saat ini masih terbatas di kota-kota besar seperti Bandung dan Medan. Namun, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan data, keberadaan data center di Indonesia diprediksi akan meningkat pesat.

Indonesia telah membentuk asosiasi data center, dengan anggota dari berbagai penyedia data center di Indonesia. Asosiasi tersebut didirikan pada tanggal 22 Juni 2016 dan diberi nama IDPRO, yang merupakan singkatan dari Indonesia Data Center Provider Organization. IDPRO merupakan wadah untuk menghimpun dan mengkoordinasikan seluruh potensi industri data center Indonesia. Beberapa pendiri IDPRO di antaranya adalah Lintasarta, GTN Data Center, DCI Data Center, dan Telkomsigma.


Posting Komentar untuk "Tips Memilih Data Center di Indonesia"