Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa

Cara Cepat Mengatasi Cegukan

Cegukan adalah kondisi kejang berulang atau gerakan tiba-tiba pada diafragma yang tidak dapat dikendalikan.Ketika cegukan, pita suara akan menutup secara tiba-tiba dan menghasilkan suara "hik"
Tak usah khawatir jika cegukan terjadi karena cegukan akan hilang dalam beberapa menit. Namun, jika cegukan tak kunjung berhenti, cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa perlu dilakukan untuk menghilangkan ketidaknyamanan.



Penyebab cegukan

Diafragma merupakan otot besar yang berperan pada proses pernapasan. Ketika cegukan, bagian diafragma ini akan mengalami kejang. Beberapa penyebab umum terjadinya cegukan diantaranya :

  1. Makan dan minum yang terlalu cepat
  2. Mengkonsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda
  3. Minum alkohol berlebihan
  4. Terlalu banyak makan
  5. Stres
  6. Mengalami ketakutan atau kegembiraan berlebih
  7. Konsumsi minuman yang sangat panas atau dingin
  8. Konsumsi obat tertentu (misal benzodiazepin)

Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa

Beberapa cara mengatasi cegukan yang tergolong ringan dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika cegukan berangsur terus-menerus lebih dari 48 jam perlu penanganan lebih lanjut oleh dokter. Berikut beberapa cara mengatasi cegukan pada orang dewasa.
  1. Menahan Napas
    Cara ini diawali dengan menghembuskan napas, kemudian menarik napas dan menahannya selama 10 detik. Tanpa menghembuskan napas, lakukan kembali menarik napas berhenti sejenak, dan kembali menarik napas untuk ketiga kalinya.
    Penelitian menjelaskan bahwa 3 tarikan napas secara berturut-turut dapat meningkatkan kadar CO2(Karbondioksida) dalam darah sehingga refleks cegukan bisa dihentikan
  2. Bernapas Menggunakan Kantong Kertas
    Cara ini dilakukan dengan menempatkan kantong kertas di depan mulut dan hidung, kemudian tarik dan keluarkan napas perlahan, sehingga kantong kertas mengempis dan mengembung. Cara ini juga dapat membantu meningkatkan karbondioksida dalam darah. Namun sebisa mungkin menghindari penggunaan kantong plastik karena dapat menempel di mulut.
  3. Memeluk Lutut
    Untuk melakukan cara ini dengan duduk terlentang di tempat yang nyaman. Kemudian dekatkan lutut ke dada dan condongkan tubuh ke depan. Pertahankan selama sekitar 1 menit. Posisi ini akan memberikan tekanan pada diafragma, sehingga dapat membuatnya berkontraksi dan akhirnya menghentikan cegukan.
  4. Melakukan Manuver Valsava
    Manuver Valsalva adalah suatu tindakan yang melibatkan usaha sengaja untuk menghasilkan peningkatan tekanan intra-abdominal dengan menahan napas sambil mengejan atau mengepalkan otot perut.
    Cara melakukan manuver valsava dengan mencubit hidung hingga tertutup, kemudian hembuskan napas melalui kedua jalan naps yang tertutup itu. Lakukan teknik ini selama 10-15 detik.
    Manuver Valsalva dapat merangsang penurunan detak jantung sementara dan meningkatkan tekanan di tenggorokan, sinus, telinga bagian dalam, dan rongga dada. Dengan demikian, manuver ini dapat digunakan sebagai metode untuk mengatasi cegukan.
  5. Menekan Titik Tertentu Tubuh
    Beberapa titik pada tubuh, jika ditekan, dapat membantu melemaskan diafragma dan merangsang saraf vagus, yang merupakan saraf penting dalam proses pernapasan dan menghubungkan otak dengan usus.
    Satu titik spesifik untuk mengatasi cegukan yang berkelanjutan pada orang dewasa terletak di ujung lidah. Caranya adalah dengan menekan ujung lidah dan perlahan menariknya ke depan sebanyak 1-2 kali.
    Selain itu, mengompres hidung atau melakukan pijatan melingkar pada arteri karotis di kedua sisi leher selama 5-10 detik juga bisa menghentikan cegukan.
  6. Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Tertentu
    Dapat dilakukan merangsang saraf yang terkait dengan diafragma dengan mengonsumsi beberapa makanan atau minuman khusus. Misalnya, minum air dingin, mengisap es batu, makan sedikit gula, mengisap lemon, atau meneteskan setetes cuka di lidah.
    Makanan dan minuman tersebut dapat merangsang saraf frenikus yang menghubungkan leher dengan diafragma dan saraf vagus. Dengan demikian, stimulasi ini dapat menghentikan kejang pada diafragma dan mengatasi masalah cegukan.
Cegukan biasanya tidak membahayakan dan seringkali dapat berhenti tanpa perawatan atau dengan melakukan tindakan sederhana di rumah. Namun, jika Anda telah mencoba langkah-langkah mengatasi cegukan pada orang dewasa seperti yang disebutkan sebelumnya dan cegukan tidak reda, bahkan berlangsung lebih dari 48 jam, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Dengan berkonsultasi ke dokter, Anda dapat menerima penanganan yang sesuai untuk mengatasi cegukan yang berlanjut, termasuk pemberian obat seperti baclofen, chlorpromazine, atau metoclopramide.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa"