Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tutorial membuat Shortcut keyboard Windows 10

Tutorial membuat Shortcut keyboard windows 10

Banyak hal yang dapat kita eksplor sejak munculnya Windows 10. Banyak fitur-fitur baru, user interface yang lebih friendly, dan masih banyak lagi. Salah satu yang menarik adalah Shortcut yang merupakan salah satu element penting untuk menunjang aktifitas selama menggunakan Windodws 10.Ada banyak shortcut baru di Windows 10. Karena seiring bermunculannya fitur-fitur baru seperti Task View, Snapping Window, Microsoft Edge dan lain-lain yang akan WinPoin berikan daftarnya. Baik itu berupa Shortcut baru ataupun yang sudah hadir pada Windows sebelumnya. Tapi, bagaimana cara membuat shortcut keyboard windows 10?


Ada dua cara membuat shortcut keyboard pada Windows 10. Berikut adalah cara membuat keuboard shortcut di windows 10

Membuat Shortcut keyboard windows 10 melalui CMD

  1. Masuk ke CMD (Command Prompt)
    Langkah pertama adalah masuk ke command prompt atau yang kita akenal dengan CMD. Kita cukup mengetikkan “CMD” pada box search. Setelah ketemu cukup klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”. Sebetulnya bisa saja kamu klik langsung CMD nya tetapi Run as Administrator berfungsi untuk mengijinkan sebuah program yang ingin mengubah sistem di OS Windows.
  2. Ketik “explorer shell:AppsFolder” (tanpa tanda petik)
    Ini beraarti kamu menjelajahi lalu membuka folder aplikasi yang ada pada PC atau Laptop kamu. Setelah kamu menekan enter maka akan muncul jendela baru yang berisi daftar aplikasi.
  3. Klik kanan Aplikasi dan pilih “Create Shortcut”
    Pada tahap ini kamu bisa memilih aplikasi apa yang akan kamu buat shortcut nya.
  4. Klik tombol “Yes”
  5. Klik kanan pilih “Properties”
    Setelah kamu create shortcut maka aplikasi yang kamu pilih akan berada pada barisan aplikasi di beranda kamu. Setelah ini kamu bisa klik kanan dan pilih “properties” pada aplikasi tersebut.
  6. Ubah Shortcut key
    Setelan default shortcut key pada aplikasi biasanya none atau tidak memiliki shortcut. Kamu cukup menggantinya dengan shortcut yang kamu mau. Perlu diingat kamu tidak bisa mengubahnya dengan mengetik shortcut tersebut kamu harus melakukannya dengan keyboard kamu contohnya kamu menekan ctrl nanti akan otomatis masuk shortcut ctrl. Dan perlu diketahui juga pada pembuatan shortcut ini jika kamu menekan ctrl maka alt akan ikut ditambahkan. Ini dikarenakan shortcut tanpa alt sudah banyak digunakan.
  7. Klik “OK”
  8. Coba gunakan shortcut
    Jika sudah berhasil mengganti shortcut tersebut maka saat kamu menekan shortcut yang kamu buat pada keyboard secara otomatis aplikasi yang telah kamu buatkan shortcut nya akan muncul.

 

Membuat shortcut keyboard windows 10 melalui Start Menu

Cara ini sebetulnya sama saja dengan cara yang sebelumnya namun kita tidak perlu masuk ke cmd dan mengetikkan “explorer shell:AppsFolder”. Kita cukup buka Start Menu>>All Apps. Lalu kita bisa ikuti point 3 sampai 8 pada cara sebelumnya. Berikut adakah tips membuat shortcut keyboard pada windows 10

  1. Buat shortcut untuk aplikasi yang memang sering kamu buka. Karena jika terlalu banyak akan membuat pusing dan cepat lupa sehingga akhir nya shortcut yang harusnya mempermudah malah membuat sulit belum lagi kejadian salah tekan lyang bisa membuat banyak aplikasi terbuka.
  2. Gunakan shortcut yang berhubungan dengan aplikasi yang ingin kamu buatkan shortcutnya. Contoh CTRL+ALT+W untuk membuka Aplikasi Whatsapp.
Itulah beberapa cara membuat keyboard shortcut pada windows 10. Jika masih ada yang tidak dimengerti, Anda bisa meninggalkan pesan pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Tutorial membuat Shortcut keyboard Windows 10"