Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

8 Cara Meningkatkan SEO On Page Website Perguruan Tinggi

 8 Cara Meningkatkan SEO On Page Website Perguruan Tinggi


SEO On Page merupakan hal yang penting bagi pemilik website atau blogger. Hal ini dikarenakan semua orang tentu ingin website-nya berada di peringkat teratas halaman google. Pasalnya, hal itu dapat meningkatkan traffic website, penjualan, dan brand awareness. Sebenarnya apa itu SEO On Page?

8 Cara Meningkatkan SEO On Page Website Perguruan Tinggi


Apa itu SEO On Page?

SEO on page adalah praktik mengoptimalkan konten pada halaman website agar dapat masuk peringkat teratas Google serta mudah dicari oleh pengguna. Pada dasarnya, SEO on page lebih berfokus pada cara membuat konten agar terlihat SEO-friendly. Seorang pengembang website harus memahami SEO on page supaya mampu mengalahkan kompetitor websitenya. Sebagai contoh, di dalam meta description harus sesuai dengan kaidah SEO yang berlaku. Misalnya, harus ada keyword di dalamnya serta tidak terlalu panjang. Hal ini dilakukan supaya pengguna mudah mencari website-mu di mesin pencarian Google.


Bagaimana cara meningkatkan SEO On Page?

  1. Mengoptimalkan konten
    Cara pertama untuk memperbaiki SEO On Page adalah dengan mengoptimalkan konten agar SEO-friendly dan terdeteksi oleh google. Konten yang dibuat tidak boleh hanya sekedar asal konten saja. Banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari konten yang valid, kemudian pengemasan konten yang benar benar memberikan informasi, konten dengan bahasa yang mudah dipahami, dan tentunya konten yang bermanfaat sehingga orang akan kembali mengunjungi artikel atau bahkan web tersebut tidak hanya sekali.
  2. Menganalisis keseluruhan website
    Analisis kebutuhan website secara keseluruhan. Analisis ini bisa dilakukan secara manual maupun otomatis menggunakan jasa yang disediakan maupun menggunakan tools semacam ahrefs yang saat ini menjadi patokan dari webometrics.
  3. Mengoptimalkan meta description
    Meta deskripsi sering dilupakan dalam proses pembuatan sebuah website, terlebih ketika website tersebut merupakan website project sangkuriang atau website yang menggunakan template. Seringkali ditemukan meta deskripsi dari sebuah website masih default bawaan dari template atau framework yang digunakan. Padahal meta deskripsi sangat diperlukan dan menjadi kunci utama dari SEO.
  4. Mengoptimalkan URL
    URL yang dimaksud disini adalah permalink dari sebuah halaman maupun postingan yang dimiliki oleh website tersebut. URL yang dibuat sebisa mungkin harus mengandung kata kunci terkait. Jika url tersebut merupakan alamat dari sebuah halaman, maka permalink yang digunakan adalah judul dari halaman tersebut/
  5. Mengoptimalkan internal link
    Seperti namanya, internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Jika internal link dioptimalkan, maka akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, menambah backlink, dan yang kedua adalah menambah jumlah visitor organik. Namun internal link ini tidak boleh terlalu banyak dibuat karena akan terbaca sebagai spam.
  6. Mengoptimalkan gambar
    Optimalkan gambar yang digunakan dalam website, baik itu gambar yang disimpan dalam halaman maupun konten dari web tersebut. Gunakan gambar dengan resolusi rendah dan ukurannya sesuai agar mempercepat proses penampilan dari halaman atau postingan tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan teks alternatif pada gambar tersebut untuk menambah skor seo pada artikel atau website tersebut agar kata kunci terkait mudah ditemukan.
  7. Mengoptimalkan meta title
    Meta title dan meta deskripsi sebenarnya adalah elemen dari kode HTML. Meta title akan tampil berwarna biru pada bagian atas. Meta title menjadi judul yang menjelaskan halaman web tersebut.  Sedangkan Meta deskripsi akan menjadi penjelasan lebih panjang atau deskripsi di bawah judul yang tampil berwarna abu-abu.
  8. Mengoptimalkan Elemen
    Langkah terakhir tips meningkatkan SEO On Page sebuah website adalah dengan mengoptimalkan elemen yang ada. Elemen yang harus dioptimalkan adalah konten, CSS, HTML, URL, serta keyword dari website tersebut.
Nah itulah tutorial meningkatkan SEO On Page pada sebuah webiste. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung tanyakan di kolom komentar.

1 comment for "8 Cara Meningkatkan SEO On Page Website Perguruan Tinggi"