Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Cara Meningkatkan Peringkat Webometrics Universitas tahun 2022

 Cara Meningkatkan Peringkat Webometrics Universitas tahun 2022


Peringkat Webometrics Universitas tentu sangat berpengaruh terhadap eksistensi sebuah universitas tersebut. Minimal, dengan masuk peringkat 100 besar universitas tersebut akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat karena media nasional hingga internasional akan memberitakan peringkat tersebut setiap dirilisnya peringkat webometrics.

Penilaian webometrics di Indonesia dilakukan dua kali dalam setahun, hasil webometrics ini dirilis pada bulan februari dan bulan juli. Setiap perguruan tinggi dapat memanfaatkan event ini untuk mempromosikan perguruan tinggi di tingkat nasional. Salah satu perguruan tinggi yang cukup eksis dalam peringkat webometrics ini adalah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Peringkat webomwtrics UIN Sunan Gunung Djati Bandung saat ini (data tanggal 13 Februari 2022) menempati peringkat ke-39 di Indonesia, dan peringkat ke 3866 di dunia.

Cara Meningkatkan Peringkat Webometrics Universitas tahun 2022


Apa itu webometrics?

Webometrics adalah lembaga pemeringkatan universitas dunia khusus di Indonesia berdasarkan lalulintas di website perguruan tinggi. Webometrics merupakan Studi konten berbasis web dengan metode kuantitatif terutama untuk tujuan penelitian ilmu sosial menggunakan teknik yang tidak spesifik untuk satu bidang studi yang menekankan pengembangan metode terapan untuk digunakan dalam ilmu-ilmu sosial yang lebih luas. 

Perlu diperhatikan bahwa peringkat website bukanlah pemeringkatan situs web Universitas, melainkan Pemeringkatan Universitas. Pemeringkatan universitas ini menggunakan indikator webometric (semua misi) dan bibliometrik (misi penelitian).

Tujuan pemeringkatan website universitas adalah untuk mempromosikan Akses Terbuka pengetahuan yang dihasilkan oleh Universitas. Strategi terbaik untuk meningkatkan peringkat web universitas adalah dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas konten web universitas terkait.

Pemeringkatan Web dimulai pada tahun 2004 (saat ini adalah tahun ke-18 publikasi) dengan tujuan menawarkan cakupan penuh dari Institusi Pendidikan Tinggi apa pun negara atau disiplin ilmu yang terlibat.  Pemeringkatan ini dilakukan oleh ilmuwan yang bekerja di satu lembaga penelitian publik kelas dunia dengan pengalaman panjang dalam evaluasi yang dipandu metrik

Peringkat Web adalah peringkat akademik terbesar dari Institusi Pendidikan Tinggi yang menawarkan setiap enam bulan latihan ilmiah yang independen, objektif, gratis, dan terbuka untuk menyediakan informasi yang andal, multidimensi, terkini, dan berguna tentang kinerja universitas dari seluruh dunia


Sejarah Webometrics

Lab Cybermetrics telah mengembangkan studi kuantitatif di web akademik sejak pertengahan tahun sembilan puluhan. Indikator pertama dipresentasikan selama konferensi EASST/4S di Bielefeld (1996) dan pengumpulan data web dari universitas-universitas Eropa dimulai pada 1999 didukung oleh proyek EICSTES yang didanai Uni Eropa. Upaya ini merupakan tindak lanjut dari penelitian scientometric kami yang dimulai pada tahun 1994 yang telah dipresentasikan dalam konferensi International Society for Scientometrics and Informetrics (ISSI, 1995-2011) dan Konferensi Internasional tentang Indikator Sains dan Teknologi (STI-ENID, 1996-2012) dan diterbitkan dalam jurnal berdampak tinggi (Journal of Informetrics, Journal of American Society for Information Science and Technology, Scientometrics, Journal of Information Science, Information Processing & Management, Research Evaluation dan lain-lain). Pada tahun 1997 kami memulai edisi jurnal peer-review akses terbuka semua elektronik, Cybermetrics, yang ditujukan untuk publikasi makalah terkait webometrics.

Pada tahun 2003 setelah publikasi peringkat terobosan Universitas Jiatong Shanghai, Peringkat Akademik Universitas Dunia (ARWU), kami memutuskan untuk mengadopsi inovasi utama yang diusulkan oleh Liu dan timnya. Pemeringkatan akan dibangun dari data web yang tersedia untuk umum, menggabungkan variabel menjadi indikator komposit, dan dengan cakupan global yang sebenarnya. Edisi pertama diterbitkan pada tahun 2004, muncul dua kali per tahun sejak tahun 2006.


Indikator Penilaian Webometrics tahun 2022

Indikator penilaian webometrics tahun 2022 mengalami perubahan dibandingkan dengan satu dekade terakhir. Tahun 2022 indikator penilaian webometrics terdiri dari 3 indikator. yaitu Impact Rank (bobot 50%), Openness Rank (10%) dan Excellent Rank (40%). Sedangkan Presence yang berupa Public knowledge shared tidak berlaku lagi atau discontinued.

Untuk meningkatkan rangking perguruan tinggi versi webometrics, artinya kita harus meningkatkan 3 indikator tersebut. Impact Rank dinilai berdasarkan kinerja website dalam jumlah tautan/link (Backlink/Domain Refferal) website, semakin banyak backlink yang mengarah ke website universitas maka akan semakin baik nilai impact rank-nya. Penilaian ini berdasarkan https://ahrefs.com dan https://Majestic.com.

Sedangkan Openness rank adalah jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di perguruan tinggi  berdasarkan Google Scholar. Kemudian excellence Rank adalah jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di perguruan tinggi anda berdasarkan Shimago. Berikut adalah rincian indikator penilaian webometrics tahun 2022.

Indikator penilaian webometrics tahun 2022


Cara Meningkatkan Peringkat Website Perguruan Tinggi

Cara Meningkatkan Peringkat Webometrics Perguruan Tinggi tahun 2022 ini dirasa memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena beberapa perguruan tinggi mulai serius dalam mengurus peringkat webometricsnya. Namun salah satu bobot terbesar dalam penilaian webometrics ini ada pada visibilitas website universitas yang memiliki bobot hingga 50%. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kami berikan mengenai tips meingkatkan peringkat website perguruan tinggi.

  1. Benahi SEO Website
    Peringkat sebuah website sangat ditentukan oleh kualitas SEO (Search Engine Optimization) pada website tersebut, baik SEO on page, maupun SEO off page. sebaik apapun sebuah website, jika skor SEOnya rendah, tentu dirasa akan sia-sia.
  2. Perbaiki Kecepatan website.
    SEO sebuah website salah satunya dapat dilihat dari kecepatan website tersebut. Sesuaikan kecepatan website yang kita kelola berdasarkan standar google. Untuk cek kecepatan website kita dapat menggunakan PageSpeed Insights dari google.
  3. Gunakan SSL pada website
    Peringkat website juga ditentukan oleh keamanan yang diberikan dari website tersebut. Hal ini dikarenakan jika tidak ada SSL pada website tersebut, jangankan untuk dinilai, untuk dibuka pun kemungkinan akan gagal.
  4. Tingkatkan Domain Rating
    Nilai domain rating sangat mempengaruhi peringkat sebuah website. Domain rating merupakan salah satu komponan SEO off page. Besarnya domain rating salah satunya dipengaruhi oleh berapa banyak backlink yang dimiliki oleh domain website tersebut.
  5. Tingkatkan Nilai Cititation Flow dan Trust Flow
    Citation Flow (CF) merupakan nilai yang menunjukan dampak dari jumlah backlink yang mengarah pada sebuah URL. Sedangkan Trust Flow (TF) adalah nilai yang menunjukan seberapa terpercaya sebuah halaman web berdasarkan kualitas backlink yang mengarah kesana.


Cara Meningkatkan Nilai Opennes Perguruan Tinggi

Nilai Opennes sebuah perguruan tinggi, diambil dari Google Scholar. Penilaian dilakukan berdasarkan jumlah kutipan profil publik. Terdapat beberapa proses yang dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pengambilan data periode ini sekitar bulan Juni atau Januari.
  • Pemeringkatan periode ini diumumkan akhir Juli atau Februari
  • Perguruan tinggi yang memiliki dua atau lebih domain utama, hanya akan diambil satu yang terbaik
  • Dosen Dianjurkan mendaftar Google Scholar menggunakan email berdomain perguruan tinggi. Ini akan mempermudah tim penilai melakukan sorting data yang hampir jutaan jumlahnya.
  • Tim Webometrics akan mengambil 210 kutipan profil publik teratas dari setiap perguruan tinggi, dan 20 urutan teratas akan disingkirkan lebih dahulu, agar sisanya dapat terwakili dalam perhitungan. Setelah kutipan terhitung, institusi akan diberikan peringkat dengan urutan sorting menurun.
  • Profil non individu (jurnal, departemen, group) yang ada dalam 210 hasil teratas, akan dipenalti dengan dihitung jumlah kutipan sama dengan 0.
  • Jika profil penulis yang bukan milik institusi sengaja ditambahkan secara curang untuk meningkatkan rangking, maka institusi tersebut akan dikecualikan dalam penilaian ini.


Nah, itulah cara meningkatkan peringkat webometrics perguruan tinggi tahun 2022. Semoga informasi ini bermanfaat dan mampu meningkatkan peringkat universitas Anda berdasarkan webometrics.


Keyword Pencarian terkait:

peringkat universitas di indonesia, ranking world university, ranking universitas, qs rank university, thes qs university rankings, daftar universitas di indonesia, webometrics indonesia, university world rank, world university ranking, urutan universitas terbaik di indonesia, ranking universitas di indonesia, 10 universitas terbaik di indonesia, unirank, peringkat universitas


Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Peringkat Webometrics Universitas tahun 2022"