Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips Berlibur Bersama Anak Dengan Aman Dan Nyaman

 Tips Berlibur Bersama Anak dengan Aman dan Nyaman

Mengisi waktu libur memang paling seru bersama orang-orang tersayang. Berlibur bersama keluarga, apalagi bagi anak-anak yang masanya senang melakukan eksplorasi di dunia luar. Namun, kegiatan ini membutuhkan banyak sekali persiapan yang matang. Membawa si kecil bepergian memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Karena suasana hati anak tidak bisa dikendalikan seperti orang dewasa. Tak jarang anak akan rewel selama perjalanan atau ternyata anak tidak suka dengan destinasi wisata yang sobat IF tuju. Tentunya hal ini akan membuat suasana berlibur menjadi tidak nyaman.

Tips Berlibur Bersama Anak dengan Aman dan Nyaman

Selain itu, kondisi Kesehatan anak juga perlu diperhatikan agar rencana liburan bersama si kecil bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai si kecil jatuh sakit dan rencana yang telah dipersiapkan pun menjadi kacau. Agar rencana berlibur yang sobat IF buat bersama anak bisa berjalan dengan aman dan nyaman, berikut tips berlibur bersama si kecil agar berjalan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

1.      Pastikan kondisi anak dalam keadaan sehat

Hal terpenting saat hendak mengajak si kecil pergi berlibur yaitu memeriksa kondisi kesehatan anak. Pastikan anak dalam kondisi sehat dan kamu perlu menyiapkan segala keperluannya, seperti  membawa obat-obatan dan vitamin untuk berjaga-jaga. Obat-obatan yang disaranjan untuk dibawa yaitu pereda demam, anti mabuk perjalanan, minyak kayu putih, obat merah beserta plester, obat batuk pilek, dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa daya tahan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa. Mereka lebih rentan terserang penyakit dan perlu penanganan khusus agar staminanya selalu terjaga dengan baik.

2.      Diskusikan dengan anak destinasi wisata yang akan dituju

Hal yang tidak kalah penting yang bisa dilakukan yaitu memilih tempat wisata yang tepat untuk anak, dan usahakan tempat wisata tujuan merupakan tempat wisata ramah anak. Destinasi yang cantik dan bagus bisa menjadi inspirasi untuk dikunjungi. Tetapi yang menurutmu bagus belum pasti disukai oleh anak-anak. Jika memaksanya, bisa-bisa anak tidak betah dan senang berada di tempat tersebut.

Untuk menghindari kondisi ini dan mengantisipasi agar anak tidak rewel ketika berwisata, diskusikan terlebih dahulu destinasi yang akan dikunjungi dengan si kecil. Jika anak tertarik, ia pasti akan merasa sangat senang ketika berada di tempat wisata tersebut.

Salah satu kriteria destinasi yang tepat adalah menawarkan wahana-wahana bermain yang asyik dan bisa digunakan oleh anak. Selain itu, wahana ini juga sebaiknya bersifat minim risiko. Agar lebih aman berlibur pada masa pandemi, pilihlah destinasi yang tidak terlalu ramai atau padat.

Jangan lupa, beri anak opsi bebrapa tempat wisata yang ramah anak. Misalnya tempat wisata yang memang menyediakan tempat bermain atau tempat wisata yang edukatif untuk anak. Jadi tujuannya tidak hanya berlibur tapi juga menambah pengetahuan si kecil.

3.      Kenakan pakaian yang nyaman dan persiapkan pakaian ganti anak

Saat berlibur, anak-anak harus mengenakan pakaian yang nyaman. Dengan demikian, anak bisaa bebas bergerak dan bersenang-senang di destinasi wisata. Pakaian yang tidak nyaman bisa membuat anak rewel karena gerah atau justru kedinginan. Sangat penting untuk menyesuaikannya dengan kondisi tempat yang dituju.

Demi alasan keamanan, anak-anak juga sebaiknya mengenakan pakaian yang berwarna terang atau mencolok. Hal ini untuk memudahkan orang tua mencari anak jika hilang dari pandangan. Namun, selalu mengawasi anak saat berada di tengah keramaian merupakan hal yang utama.

Cobalah untuk membawa baju ganti untuk anak. Selama berlibur, anak-anak pasti akan cenderung aktif. Baju mereka bisa saja basah atau kotor selama perjalanan. Jangan sampai anak sakit karena bajunya dibiarkan basah. Hal ini sangat penting terutama untuk anak-anak yang masih balita.

4.      Persiapkan segala kebutuhan anak

Banyak sekali resiko yang mungkin terjadi ketika berlibur, terutama ketika berlibur bersama anak-anak. Orang tua harus mempersiapkan segalanya dengan sangat matang agar seluruh kebutuhan anak tercukupi.

Selalu bawa makanan atau cemilan selama mengunjungi destinasi wisata. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun terkadang sering merasa lapar saat sedang dalam perjalanan. Selain tidak repot, membawa bekal makanan juga membuat kita lebih tenang karena terjamin Kesehatan dan kebersihannya. Hal ini juga bisa menjadi persiapan saat macet di tengah jalan dan Anda belum menemukan tempat makan. Jangan sampai anak anda kelaparan di tengah jalan ya sobat IF.

Kebutuhan lain misalnya alat tidur anak, kereta dorong (jika anak anda masih balita), obat-obatan pribadi, dan buku atau mainan kesukaan anak jika dibutuhkan, selain itu kebutuhan yang berkaitan dengan kebersihan. Bawalah benda seperti masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan alat kebersihan pribadi. Jika dibutuhkan, bawa juga perlengkapan makan yang bersih dan bisa langsung digunakan.

5.      Pilih alat transportasi yang tepat

Memilih alat transportasi yang tepat untuk bepergian juga cukup penting. apalagi jika sobat IF tidak berencana menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan alat transportasi yang digunakan bisa membuat anak merasa nyaman. Jika memang anak-anak Anda masih balita pastikan mereka bisa tidur atau beristirahat dengan nyaman.

6.      Pergi berlibur saat low season

Memilih waktu keberangkatan saat low season merupakan keputusan yang tepat. Karena jika kita memilih waktu berlibur pada high season  atau masa liburan, tempat-tempat wisata biasanya sangat ramai dan jalan pun pastinya sangat macet. Dalam kondisi seperti ini, tentunya akan sangat sulit menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu, anak tidak bebas mengeksplorasi seluruh wahana yang tersedia karena harus mengantre panjang.

Selain itu, pada low season juga harga tiket tempat wisata akan lebih murah. Namun sobat IF harus pandai-pandai mengatur waktu, agar rencana berlibur tidak berbenturan dengan kewajiban bekerja dan sekolah anak.

Jadi, apakah sobat IF sudah memiliki rencana berlibur bersama keluarga dalam waktu dekat ini? Pastikan sobat IF merencanakan segalanya dengan baik yaa, dan jangan lupa untuk menerapkan tips-tips belibur bersama anak di atas ya!

Posting Komentar untuk "Tips Berlibur Bersama Anak Dengan Aman Dan Nyaman "