Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips Menentukan Destinasi Wisata Di Musim Hujan

Tips Menentukan Destinasi Wisata Di Musim Hujan

Sejak bulan Oktober 2021 sampai dengan saat ini Indonesia sedang menghadapi musim penghujan. Namun, musim hujan ini jangan dijadikan penghalang untuk sobat treveler IF berwisata. pastikan sobat IF tetap menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, sehingga liburan bisa tetap berlangsung lebih aman dan menyenangkan. Meskipun banyak orang yang ogah berlibur karena ga mau repot di perjalanan. Kalaupun berlibur, salah menentukan destinasi wisata. Alhasil liburan yang sudah direncanakan ga berjalan dengan baik, bukannya menyenangkan malah menambah beban pikiran.



Berbeda dengan musim kemarau, berwisata di musum hujan memang rentan mendatangkan kesusahan. Karena hujan bisa turun kapan saja dan membuat kondisi sekitar jadi becek dan tidak nyaman. Agar sobat IF bisa berwisata dengan aman dan nyaman, sobat IF harus menentukan terlebih dahulu destinasi wisata seperti apa yang tepat. Jika sobat IF bisa menentukan tempat wisara yang coock dikunjungi di musim hujan, dijamin deh liburan sobat IF bisa tetep seru dan berkesan. Berikut beberapa tips yang bisa sobat IF terapkan dalam menentukan destinasi wisata yang pas di musim hujan.

1.      Menentukan waktu yang tepat untuk berwisata.

Agar waktu liburan lebih Panjang, maka sobat IF harus mampu memanfaatkan dengan baik hari-hari libur selain akhir pekan. Pemilihan waktu sangatlah berpengaruh dalam merencanakan liburan di musim hujan. Karena selama musim hujan, waktu berlibur menjadi lebih terbatas. Musim hujan kerap kali membatasi mobilitasi kita. Jangankan liburan, pergi ke super market saja untuk membeli kebutuhan terkadang rasanya sangat malas. Tapi bukan berarti musim hujan menghalangi sobat IF untuk berwisata ya.

 

Agar waktu berlibur semakin Panjang, sobat IF bisa banget nih memilih hari-hari libur nasional sebagai waktu untuk berwisata, sehingga nggak terbatas di akhir pekan saja. Selain itu, sobat IF juga disarankan untuk mengamati cuaca secara rutin yaa. Meskipun terkadang prediksi tersebut tidak akurat, tetapi dengan begitu sobat IF bisa berjaga-jaga dan memilih hari yang diperkirakan cerah.

 

2.      Tentukan tempat wisata sesuai dengan gaya liburanmu

Agar rencana wisata yang sobat IF buat berjalan dengan lancar dan memberi efek liburan yang sobat IF inginkan, maka sobat IF sangat perlu memperhatikan poin yang satu ini. Yaitu pastikan tempat wisata yang sobat IF pilih sesuai dengan gaya liburan dan tujuan sobat IF berlibur.

 

Hanya karena tempat wisata yang aman dikunjungi di musim hujan terbatas, akhirnya sobat IF asal memilih destinasi wisata, yang akibatnya sobat IF tidak puas dengan liburan yang dijalani. Sangat disayangkan bukan? Maka sangat disarankan sobat IF untuk memilih destinasi wisata dengan sangat baik dan sesuai dengan gaya liburanmu. Apalagi tujuan setiap orang berwisata itu berbeda-beda. Ada yang hanya ingin menghilangkan penat, menikmati waktu luang yang dimiliki, meninkmati waktu bersama keluarga, memacu adrenalin, dan lain sebagainya. So.. sesuaikan destinasi wisata pilihanmu dengan gaya dan tujuan liburanmu ya sobat IF!

 

3.      Hindari terlebih dahulu alam terbuka sebagai destinasi pilihan untuk berlibur

Di musim penghujan seperti sekarang ini, tentunya pilihan wisata semakin sedikit. Karena nggak semua destinasi wisata aman dikunjungi ketika curah hujan tinggi. Terutama destinasi wisata alam terbuka. Destinasi wisata alam seperti gunung, pantai, atau air terjun memang sangat menantang dan membuat sobat IF rileks tapi sebaiknya dihundari dulu yaa. Alasannya, saat hujan tempat-tempat tersebut licin dan cukup berbahaya, bahkan dapat mengancam nyawa.

 

Mengingat banyak sekali resikonya, maka dalam situasi seperti sekarang ini sobat IF lebih disarankan untuk memilih destinasi wisata indoor yang banyak ditawarkan di setiap kota. Seperti mengunjungi museum, pameran, kuliner, atau taman akuarium. Atau mungkin jika sobat If ingin liburan yang lebih private bisa banget loh sobat IF merencanakan staycation. Pilihlah yang paling pas dan sesuai dengan keinginan sobat IF dan teman atau keluarga sobat IF ya!

 

4.      Wisata kuliner sebagai destinasi pilihan di musim hujan

Musim hujan yang identik dengan suhu yang dingin merupakan waktu yang tepat untuk mencicipi berbagai macam makanan. Apalagi, makanan hangat seperti bakso, aneka mie, dan berbagai minuman hangat.

Menyeruput segelas kopi atau hot coklat di tempat yang asyik di cuaca dingin, tentunya memiliki kenikmatan tersendiri. Apalagi jika sambil bercengkrama dengan orang-orang tersayang. Memilih destinasi wisata kuliner sebagai pilihan berlibur juga merupakan pilihan yang tepat loh sobat IF!

5.      Menginap di hotel atau resort dan menikmati semua fasilitas yang tersedia

Sekarang ini sudah banyak hotel atau resort yang menyuguhkan berbagai fasilitas didalamnya. Seperti taman, café, rumah ibadah yang megah, kolam renang dengan desain yang sangat bagus, dan banyak lagi. Fasilitas-fasilitas tersebut membuat pengunjung merasa cukup tanpa perlu mencari destinasi wisata lain di luar, karena bisa mengisi waktu liburnya dengan menikmati semua fasilitas tersebut dengan hati tenang dan bahagia.

Setidaknya, sobat IF bisa menikmati semua fasilitas asyik di tempat tersebut tanpa harus takut kehujanan. Kalaupun hujan ketika sobat IF tengah menikmati fasilitas outdoor, sobat IF bisa segera menepi kembali ke hotel. Soo ayo tunggu apa lagi, tinggal tentukan hotel atau resort mana yang mau sobat IF kunjungi.

6.      Mengunjungi museum atau destinasi wisata budaya di musim hujan

Museum atau wisata budaya lainnya bisa banget nih sobat IF jadikan salah satu plan wisata di musim hujan. Banyak sekali pilihannya di seluruh kota. Selain aman dari hujan, sobat IF juga bisa berwisata sambil mempelajari budaya-budaya Indonesia sembari menambah pengetahuan tentang benda yang dipamerkan, belajar tentang batik di museum batik, belajar berbagai jenis satwa di museum satwa dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan destinasi wisata yang menyajikan acara budaya. Selain menambah ilmu, dengan berwisata ke wisata budaya sobat IF juga diharapkan ikut melestarikan budaya Indonesia. Wisata budaya kebanyakan digelar di ruangan tertutup, jadi sobat IF tidak perlu khawatir jika hujan tiba-tiba turun.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat sobat IF terapkan dalam memilih destinasi wisata di musim hujan. Soo, apa nih pilihan destinasi wisata yang sobat IF pilih? Semoga plan liburan yang sobat IF rencanakan bisa tercapai dan menyenangkan yaa, jangan lupa prokes tetap diterapkan dalam berwisata di masa pandemi ini. Have fun sobat IF!

Posting Komentar untuk "Tips Menentukan Destinasi Wisata Di Musim Hujan"