Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips Memilih Destinasi Wisata Dengan Budget Rendah

Tips Memilih Destinasi Wisata Dengan Budget Rendah

Halo sobat IF! Gimana nih, udah list banyak resolusi yang mau dicapai di tahun 2022 ini kan? Udah punya bucket list tempat-tempat wisata yang mau dikunjungi disela-sela kesibukan sekolah, kerja, kuliahnya belum nih sobat IF? Supaya ga terlalu jenuh menjalani hari-harinya tentu aja wajib banget kita sisihkan waktu buat healing ala-ala, mengunjungi tempat wisata yang tentunya ramah di kantong dong yaa sobat IF!



Ternyata memilih destinasi wisata itu ga semudah yang kita bayangkan loh sobat IF, perlu juga pertimbangan dan persiapan yang matang, karena hal ini berkaitan dengan kenyamanan, dan keamanan kita saat berlibur. Dengan pertimbangan yang matang liburan yang kita rencanakan akan berjalan dengan menyenangkan dan tentunya ga bikin gundah gulana karena budget yang membengkak. Berikut tips-tips yang bisa sobat IF lakukan untuk memilih destinasi wisata dengan budget rendah.

1.      Perkirakan Jarak Tempuh

oke langsung saja ke tips pertama, hal utama yang perlu sobat IF perhatikan yaitu memperkirakan jarak tempuh dari tempat tinggal ke lokasi destinasi wisata yang ingin sobat IF kunjungi. Perkiraan jarak tentunya akan berkaitan dengan alat transportasi apa yang akan sobat IF gunakan serta berapa lama durasi waktu berlibur yang perlu kita siapkan.

Jika waktu yang sobat IF miliki ternyata cukup singkat, maka sobat IF harus memilih destinasi wisata yang terjangkau dan dengan jarak yang lebih dekat dari tempat tinggal. Berbeda halnya jika sobat IF memiliki waktu berlibur yang terbilang Panjang, maka sobat IF bisa memilih destinasi wisata yang cukup jauh namun dengan catatan harus memilih destinasi wisata yang mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Dengan begitu liburan yang sobat IF rencanakan akan semakin mudah dan menyenangkan, karena, sudah direncanakan dengan matang.

2.      Tentukan Jenis Wisata Yang Diinginkan

Menentukan jenis wisata yang diinginkan juga akan sangat mempengaruhi sedalam apa sobat IF harus mengeluarkan dana. Sobat IF harus menentukan sedini dan serasional mungkin dalam memilih destinasi wisata.

Terdapat berbagai macam jenis destinasi wisata. Untuk itu, sobat IF bisa menyesuaikan sendiri budget yang ingin dikeluarkan dengan destinasi yang ingin dikunjungi. Pastikan sobat IF sudah mengenal betul kelebihan dan kekurangan destinasi wisata tersebut. apa-apa saja yang dibutuhkan, serta pikirkan juga kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin terjadi agar sobat IF bisa menyediakan persiapan.

3.      Tentukan Tujuan Dan Hal Apa Yang Ingin Didapat

Selanjutnya, yang perlu sobat IF pikirkan juga yaitu tujuan apa yang ingin sobat IF dapat dari lokasi wisata yang dikunjungi tersebut, apakah ada hal baru yang sobat IF dapat dari kunjungan tersebut. Karena dalam berwisata selain mendapat kesenangan dan rasa puas setelah mengunjungi tempat yang bagus, sobat IF juga bisa merasakan pengalaman-pengalaman baru dari wisata tersebut. Misalnya mendapat teman baru, pengetahuan mengenai budaya baru, atau mencari tujuan awal yang telah ditetapkan sebelum berwisata, seperti mencari inspirasi untuk pekerjaan, mencari inspirasi untuk desain tempat tinggal dan lain sebagainya. Tujuan berwisata ini biasanya berbeda-beda setiap orangnya. Ada yang bertujuan untuk melestarikan keindahan alam, mengenal budaya-budaya baru dan lain sebagainya.

Kenapa sih perlu adanya tujuan dalam berwisata? Karena dengan adanya tujuan, maka sobat IF bisa memperkirakan segala hal yang nantinya dibutuhkan ketika berwisata.

4.      Membuat Anggaran Dana Dengan Matang

Membuat anggaran dana sangatlah penting dan perlu diperhatikan dengan baik dalam menentukan tempat wisata. Karena jika sampai saat berwisata ternyata dana yang kita miliki tidak sesuai, maka kita tidak akan nyaman dan tenang. Hitunglah dengan cermat apa saja keperluan yang akan diperlukan selama berwisata. Rincian pengeluaran baik dari transportasi, destinasi, hingga pengeluaran ketika sudah sampai di destinasi wisata yang ingin sobat IF tuju. Sesuaikan destinasi wisata yang ingin dituju dengan dana yang tersedia ya sobat IF!

Selain itu, sobat IF juga bisa mencari berbagai macam info terlebih dahulu dari web resmi tempat wisata yang ingin sobat IF kunjungi, untuk mencari tahu apakah ada promo-promo menarik yang bisa menekan pengeluaran dana. Agar hati sobat IF senang dompet juga tetap tenang.

5.      Pertimbangkan Cuaca

Selanjutnya yang tidak kalah penting sobat IF pertimbangkan yaitu cuaca. Karena sifat cuaca yang kadang tidak menentu, jadi sobat IF harus benar-benar mempertimbangkannya. Jika cuaca sedang tidak menentu atau tidak mendukung alangkah baiknya sobat IF tidak memaksakan diri untuk pergi, karena akan banyak sekali resiko yang tidak terduga menimpa sobat IF. Selain budget yang membludak, kondisi Kesehatan sobat IF juga bisa dalam bahaya.

Jika cuaca atau kondisi alam sedang tidak baik, maka carilah alternatif destinasi yang memungkinkan dikunjungi. Tetapi perlu diingat ya, sobat IF harus mengutamakan keamanan dan keselamatan diri terlebih dahulu… sebab keselamatan sobat IF adalah nomor satu.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat sobat IF terapkan dalam memilih destinasi wisata dengan budget rendah. Semoga tips-tips yang kami berikan bermanfaat, dan plan liburan yang sobat IF rencanakan bisa tercapai dan menyenangkan yaa, jangan lupa prokes tetap diterapkan yaa dalam berwisata di masa pandemi ini. Have fun sobat IF!

 

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Destinasi Wisata Dengan Budget Rendah"