Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

10 Tips Mengolah Daging Kambing

 10 Tips Mengolah Daging Kambing

Saat hari raya Idul Adha tiba Anda mungkin akan mendapatkan banyak sekali stok daging qurban. Hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung untuk mengolahnya sehingga akhirnya daging qurban tersebut tidak sempat diolah dan menjadi busuk karena terlalu lama disimpan.

Pasalnya mengolah daging qurban -terutama daging kambing- memang tidak bisa sembarangan. Salah olah bisa-bisa daging tersebut menjadi masakan yang masih beraroma prengus dan dagingnya alot.

10 Tips Mengolah Daging Kambing

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengikuti tips mengolah daging kambing berikut yang telah Tips IF rangkum,

    1. Hilangkan Lemaknya

Sebagian besar aroma prengus daging kambing berasal dari lapisan lemak pada permukaan daging tersebut, maka dari itu Anda dapat menghilangkannya dengan cara dipotong / diiris dengan pisau yang tajam. Dinginkan dahulu daging tersebut dalam freezer sehingga lapisan lemak lebih mudah untuk dipotong / diiris.

    2. Jangan Dicuci

Jangan mencuci daging kambing karena dapat membuat daging tersebut menjadi lebih alot dan aroma prengus semakin tajam. Sebaiknya, daging tersebut langsung direbus dengan rempah aromatik, kemudian buang air rebusan, dan olah dagingnya seperti biasa.

    3. Taburi Garam

Jika daging kambing tersebut terlanjur dicuci, Anda bisa menaburi daging tersebut dengan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma prengus tak sedap. Kemudian diamkan selama 1 jam dan cuci kembali sebelum diolah sesuai keinginan.

    4. Rebus dengan Rempah–Rempah

Jika daging kambing benar-benar kotor sehingga perlu dicuci dahulu, sebaiknya setelah itu Anda rebus daging tersebut bersama rempah-rempah aromatik (berbau harum) seperti daun jeruk, jahe, serai, ataupun kemangi.

    5. Baluri dengan Parutan Nanas

Baluri daging kambing dengan parutan nanas, diamkan selama setengah jam, kemudian olah sesuai keinginan. Getah dari nanas tersebut dapat melunakkan daging kambing yang alot juga membantu mengatasi aroma prengus yang tak sedap.

    6. Baluri dengan Parutan Pir

Selain menggunakan nanas, Anda juga bisa menggunakan buah pir untuk melunakkan daging kambing yang alot. Caranya pun sama saja, buah pir diparut kemudian dibalurkan pada daging, diamkan beberapa saat, kemudian olah sesuai keinginan. Penggunaan buah pir ini lebih umum dijumpai di negara barat dalam mengolah daging yang alot.

    7. Bungkus dengan Daun Pepaya

Bungkus daging kambing dengan daun pepaya yang sudah dicuci dan dikeringkan, lalu diamkan selama 1 jam. Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat membuat daging menjadi empuk tanpa perlu dimasak lama. Selain menggunakan daun pepaya, Anda juga bisa menggunakan daun jambu ataupun daun jati.

    8. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Lumuri daging kambing dengan perasan jeruk nipis, diamkan selama 1 jam, kemudian olah sesuai keinginan. Perasan jeruk nipis ini dapat melunakkan daging, mengurangi aroma prengus, hingga membunuh bakteri pada daging.

    9. Lumuri dengan Cuka Apel

Jika daging kambing akan diolah menjadi steak, Anda bisa melumurinya dengan cuka apel terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat daging menjadi lebih juicy dan menyimpan rasa manis yang samar pada daging.

    10. Rendam dalam Cola

Cola juga bisa melunakkan dan menghilangkan aroma prengus dari daging kambing, caranya dengan merendam daging dalam cola selama setengah jam, kemudian olah sesuai keinginan.

Itulah beberapa tips untuk mengolah daging kambing, Anda bisa mempraktikkannya di rumah sehingga daging yang akan Anda olah bisa menjadi masakan yang lezat. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar untuk "10 Tips Mengolah Daging Kambing"