Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan bagian atas

7 Tips Mengolah Daging Domba

 7 Tips Mengolah Daging Domba

Ketika hari raya Idul Adha tiba sering kali kita mendapatkan banyak daging domba, dengan aromanya yang khas tentu membuat kita menjadi bingung bagaimana cara mengolahnya. Padahal banyak sekali menu favorit dengan bahan dasar daging domba, mulai dari sate, gulai, hingga tongseng.

Maka dari itu, kita harus tahu bagaimana cara mengolahnya agar daging domba tersebut empuk dan tidak berbau lagi ketika dimasak. Berikut tips yang telah Tips IF rangkum,

    1. Jangan Dicuci

Daging domba sebaiknya tidak perlu dicuci, karena jika dicuci daging tersebut justru akan semakin mengeluarkan aroma prengusnya. Selain itu, mencuci daging domba juga dapat menyebabkan kuman menyebar dengan mudah ke alat dapur lain yang dipakai, daging domba yang dicuci juga dapat menyebabkan dagingnya menjadi alot.

    2. Gunakan Daun Pepaya atau Nanas agar Daging Empuk

Bungkus daging domba dengan daun pepaya (sudah dicuci dan dikeringkan) dan diamkan selama 1 jam. Daun pepaya mengandung zat papain yang dapat membuat daging menjadi empuk tanpa perlu dimasak lama.

Selain dengan daun pepaya, kita juga bisa menggunakan nanas agar daging domba menjadi empuk. Caranya dengan menghaluskan nanas kemudian membalurkannya pada potongan daging domba, setelah itu diamkan selama 1 jam.

    3. Beri Rempah agar Daging Tidak Bau

Agar daging domba tidak bau saat diolah, kita bisa menggunakan ragam rempah yang memiliki aroma serta rasa yang khas. Caranya dengan lumuri daging domba menggunakan parutan jahe dan diamkan beberapa saat sebelum dimasak. Cara lainnya yaitu, rebus daging domba dengan bumbu aromatik seperti daun jeruk, serai, kayu manis, hingga cengkeh.

    4. Hilangkan Lemak pada Daging

Agar daging domba menjadi lebih sehat kita bisa menghilangkan lapisan lemak yang menempel pada daging dengan pisau yang tajam.

    5. Beri Jeruk Nipis

Jika daging domba terlanjur dicuci, kita bisa gunakan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan aroma prengus dari daging tersebut. Caranya dengan balurkan perasan jeruk nipis ke permukaan daging domba dan biarkan selama setengah jam.

    6. Marinasi

Cara marinasi ini biasanya dilakukan untuk mengolah daging menjadi sate. Rendam potongan daging dengan racikan bumbu (daun jeruk, bawang putih, dan ketumbar), diamkan selama beberapa menit kemudian bakar daging tersebut. Marinasi ini juga bisa mengurangi aroma khas dari daging domba.

    7. Simpan dalam Freezer

Agar daging awet dan tidak mudah rusak kita bisa mengemasnya dalam wadah kedap udara dan menyimpannya ke dalam freezer. Daging tersebut dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

Itulah beberapa tips dalam mengolah daging domba yang telah Tips IF rangkum. Selamat mempraktikkannya di rumah dan selamat hari raya Idul Adha 1442 H!


Post a Comment for "7 Tips Mengolah Daging Domba"