Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips Mengolah Ikan

 Tips Mengolah Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber makanan hewani yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, bahkan selalu mengkampanyekan untuk mengonsumsi olahan ikan sebagai makanan wajib orang Indonesia.

Rutin mengonsumsi ikan akan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan Anda, di antaranya :

  • Menurunkan risiko penyakit Kardiovaskuler
  • Menjaga kesehatan otak
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah Diabetes
  • Mencegah Asma
  • Meningkatkan kualitas tidur

Tips Mengolah Ikan

Segudang manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan catatan ikan harus diolah dengan tepat agar kandungan gizinya tidak hilang dan tetap terjaga. Bagaimanakah itu? Berikut tips dalam mengolah ikan yang telah Tips IF rangkum untuk Anda,

    1. Dikukus

Mengolah ikan dengan cara dikukus disebut sebagai cara paling efisien agar kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki ikan tetap terjaga. Kukus ikan dengan api kecil selama 15-20 menit.

Ingat, sebaiknya ikan jangan telalu lama dikukus karena bisa terjadi oksidasi kolesterol pada asam lemak omega-3 yang dipanaskan dan hal tersebut dapat membahayakan kesehatan Anda.

    2. Dipanggang

Selain dikukus, Anda juga bisa memanggang ikan untuk mempertahankan kandungan gizinya. Bungkus ikan dengan alumunium foil dan panggang jangan terlalu lama untuk menghindari timbulnya senyawa berbahaya, seperti amina heterosiklik (HAs) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

    3. Ditumis

Agar lebih sehat, Anda juga bisa menumis ikan menggunakan sedikit minyak dan menambahkan berbagai sayuran kesukaan Anda. Agar kandungan gizi ikan dan sayur tetap terjaga, gunakan api sedang dan tumis jangan terlalu lama.

    4. Disup

Selain ditumis, agar kandungan gizi pada ikan bisa Anda dapatkan dengan optimal, Anda dapat mengolah ikan tersebut menjadi sup ditambah dengan sayuran lain seperti wortel, kol, brokoli, dan biji-bijian.

    5. Direbus

Last but not least, agar kandungan gizi pada ikan tetap terjaga, Anda bisa mengolahnya melalui proses perebusan bersama rempah-rempah. Pada umumnya ikan hanya perlu direbus selama sekitar 10 menit untuk bisa langsung dinikmati.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba sendiri di rumah untuk mengolah ikan agar kandungan gizinya bisa tetap terjaga. Dengan olahan yang tepat, ikan dapat menjadi masakan yang lezat sekaligus menyehatkan. Semoga bermanfaat!


1 komentar untuk "Tips Mengolah Ikan"

  1. kalau saya lebih prefer ke panggang, karena ada rasa smokienya gitu hehe. Yuk kunjungi website kampus kami https://walisongo.ac.id/

    BalasHapus