Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Tips Mengolah Ikan agar Tidak Amis

 Tips Mengolah Ikan agar Tidak Amis

Ikan merupakan salah satu sumber gizi hewani yang dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Agar ikan tidak berbau amis tentu harus diolah dengan tepat. Terlebih jika Anda akan mengolah ikan menjadi masakan yang berkuah seperti sup, gulai, hingga masakan asam-manis. 

Tips Mengolah Ikan agar Tidak Amis

Lantas bagaimana cara mengolah ikan agar tidak berbau amis? Berikut tips yang telah Tips IF rangkum untuk Anda,

    1. Cuci Ikan dengan Air Dingin

Ikan yang mulai mengeluarkan bau amis harus segera dicuci dengan air dingin. Setelah dicuci kemudian keringkan dengan tisu dapur dan masak sesuai selera Anda. Proses mencuci dengan air dingin ini dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada ikan.

    2. Rendam Ikan dalam Susu

Sebelum dimasak Anda dapat merendam ikan dalam susu selama 20 menit untuk mengurai bau amis pada ikan. Proses ini dapat membuat ikan mengeluarkan aroma yang wangi, warna daging menjadi lebih cerah, dan rasanya akan menjadi lebih segar.

    3. Gunakan Bahan Makanan Asam

Bau ikan dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan makanan asam seperti jeruk nipis, lemon, belimbing wuluh, hingga daun jeruk. Caranya dengan marinasi ikan menggunakan bahan tersebut dan biarkan selama beberapa saat.

    4. Lumuri dengan Garam dan Aneka Rempah

Anda dapat melumuri ikan dengan garam dan aneka rempah aromatik seperti jahe, kencur, asam jawa, hingga temu kunci (yang sudah dijadikan bumbu halus) agar bau amis pada ikan hilang dan membuat dagingnya menjadi lebih lezat ketika dikonsumsi.

    5. Gunakan Cuka atau Vinegar

Sama seperti penggunaan bahan makanan asam lainnya, cuka atau vinegar memiliki kandungan asam yang bisa menetralisir bau amis pada ikan. Marinasi ikan dengan cuka atau vinegar dan diamkan selama beberapa saat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba dalam mengolah ikan agar tidak berbau amis sehingga masakan terasa lebih lezat. Semoga bermanfaat!


Post a Comment for "Tips Mengolah Ikan agar Tidak Amis"