Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan bagian atas

5 Tips Memilih Hewan Qurban

5 Tips Memilih Hewan Qurban       

Sebagai umat muslim tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri menyambut Idul Adha yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 dari jauh-jauh hari. Salah satunya dengan memilih hewan qurban yang secara umum harus halal secara Islam dan sehat untuk diqurbankan. Dengan banyaknya penjual hewan qurban di pasaran, tentu membuat Anda bingung untuk memilihnya, terlebih sebagai orang awam. 

5 Tips Memilih Hewan Qurban

Tapi tenang karena Tips IF akan merangkum info mengenai 5 tips memilih hewan qurban yang sah dan sehat untuk diqurbankan pada Idul Adha nanti.

     1. Usia Hewan

Hewan qurban yang baik yaitu yang sudah cukup usianya. Untuk kambing dan domba 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan. Untuk mengetahui usia hewan qurban, Anda bisa cek langsung catatan kelahiran ternak hewan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan metode cek gigi, yaitu jika dua gigi susu depan hewan tersebut sudah tanggal, maka menandakan hewan ternak sudah cukup usianya (kambing dan domba telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan).

2. Tidak Memiliki Cacat

Pastikan hewan qurban yang Anda pilih tidak cacat. Hewan qurban menjadi tidak sah jika hewan tersebut buta sebelah, sakit, pincang, dan sangat kurus hingga tidak memiliki sumsum tulang. Jika hewan qurban tidak sah maka statusnya akan menjadi daging biasa bukan daging qurban.

3. Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Pastikan hewan qurban tersebut memiliki nafsu makan yang baik, lincah, memiliki mata yang bersinar, dan bulu tidak kusam. Sebagai acuan, Anda juga bisa melihat Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) untuk memastikan bahwa hewan qurban pilihan Anda tersebut benar - benar sehat.

4. Memiliki Organ Tubuh yang Sehat

Perhatikan hewan qurban dari mata, hidung, hingga anusnya. Idealnya cari hewan qurban dengan mata yang bersih dengan kelopak mata bagian dalam berwarna pink. Kemudian, hidung terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan berwarna merah terang.

Perhatikan juga proporsi tubuhnya, untuk sapi dan kerbau tulang punggung harus relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal (perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang). Terakhir jangan memilih hewan dengan anus yang kotor (sedang mengalami diare) dan yang memiliki korengan pada kulitnya.

5. Pilih Tempat Penjual Hewan Qurban

Jangan membeli hewan qurban yang diternak di tempat pembuangan sampah, karena berpotensi membawa penyakit bagi yang akan mengkonsumsi dagingnya. Pilih hewan qurban yang diternak di tempat yang bersih, hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat stress hewan qurban yang berimbas ada kesehatan tubuhnya.

Terakhir, hal yang tidak kalah pentingnya adalah pilih hewan qurban yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Karena pada dasarnya berqurban bukanlah suatu paksaan melainkan kerelaan dari tiap umat yang mampu. Pelajari juga pembagian daging hewan qurban dalam aturan islam, yakni dibagi tiga, 1/3 untuk dikonsumsi oleh yang berqurban, 1/3 untuk disedekahkan, dan 1/3 sisanya untuk dihadiahkan kepada orang lain.

Itulah 5 tips memilih hewan qurban yang sudah dirangkum oleh Tips IF, pastikan perhatikan kesehatan, kehalalan, dan kesahan hewan yang akan Anda pilih untuk diqurbankan ya! Selamat hari raya Idul Adha 1442 H!

Post a Comment for "5 Tips Memilih Hewan Qurban"