Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Cara Shalat Idul Adha di Rumah

 Cara Shalat Idul Adha di Rumah

Sebentar lagi umat islam akan segera melaksanakan hari raya Idul Adha 1442 H, namun dengan adanya pandemi membuat beberapa daerah harus melaksanakan shalat Idul Adha / shalat Id dari rumahnya masing-masing. Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha tidak ada shalat Qobliyah maupun Ba’diyah, tidak ada pula Adzan maupun Iqomah.

Sunnahnya dalam pelaksanaan shalat Idul Adha untuk mandi sebelum shalat, memakai pakaian terbaik, dan memakai wangi-wangian. Adapun sunnah lain jika shalat Idul Adha tidak dilaksanakan di rumah, yaitu takbiran dan berjalan kaki menuju lokasi shalat.

Cara Shalat Idul Adha di Rumah

Lantas sudahkah Anda tau bagaimana tata cara shalat Idul Adha dari rumah dengan benar? Berikut tata caranya yang sudah Tips IF rangkum untuk Anda,

    1. Membaca Niat

Bacaan niat shalat Idul Adha boleh dilafalkan maupun diucapkan dalam hati. Boleh pula diucapkan dalam Bahasa Indonesia selama niat memang untuk menunaikan shalat Idul Adha di rumah.

Bacaan niat shalat Idul Adha untuk imam :

"Usholli sunnatan 'iidil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati imaman lillaahi ta'aalaa."

(Saya niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah ta'ala.)

Bacaan niat shalat Idul Adha untuk makmum :

"Usholli sunnatan 'iidil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muuman lillaahi ta'aalaa."

(Saya niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah ta'ala.)

Sedangkan bacaan niat untuk yang melaksanakannya sendiri :

“Usholli sunnatan 'iidil adhaa rok'ataini adaan lillaahi ta’aalaa.”

(Saya niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat tunai karena Allah Ta’ala.)

    2. Membaca Takbiratul Ihram

    3. Membaca Do’a Iftitah

“Allaahu Akbaru kabiiraa-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-waashiila. Wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.”

    4. Takbir Sebanyak 7 Kali (Rakaat Pertama)

Setelah membaca do’a iftitah, kemudian melakukan takbir sebanyak 7 kali diikuti dengan tasbih setiap kali selesai takbir.

Bacaan tasbih setiap selesai akbir :

“Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha illallahu wallahu akbar wala haulawala quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim.”

(Maha Suci Allah, segala pujian bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar, dan tiada daya dan upaya serta kekuatan (bagi kita) melainkan dengan kekuasaan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.)

Setelah takbir sebanyak 7 kali, kemudian membaca Al-Fatihah diikuti dengan surat pendek seperti biasa. Untuk gerakan dan bacaan selanjutnya pun sama dengan shalat lainnya.

    5. Takbir Sebanyak 5 Kali (Rakaat Kedua)

Rakaat kedua dimulai dengan Takbiratul Ihram, kemudian melakukan takbir sebanyak 5 kali diikuti tasbih setiap kali selesai takbir. Untuk gerakan dan bacaan selanjutnya sama hingga akhirnya salam.

Itulah tata cara shalat Idul Adha yang bisa Anda lakukan dari rumah. Meskipun pandemi belum usai bukan berarti ibadah shalat Idul Adha kita lalaikan bukan? Selamat hari raya Idul Adha 1442 H.


Posting Komentar untuk "Cara Shalat Idul Adha di Rumah"