Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan bagian atas

5 Tips Mengolah Daging Sapi


5 Tips Mengolah Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak gizi dan manfaat. Akan terasa lebih nikmat apabila daging sapi diolah dengan baik sehingga daging tidak alot serta tidak berbau ketika dikonsumsi.

Mengolah daging sapi memang gampang-gampang susah, untuk itu diperlukan tips mengolah daging sapi yang tepat dan benar. Berikut tips untuk mengolah daging sapi agar tidak alot dan berbau yang telah Tips IF rangkum untuk Anda,

5 Tips Mengolah Daging Sapi

    1. Bersihkan Daging dengan Benar

Daging sapi memiliki perhatian yang sama seperti daging kambing yaitu jangan mencucinya dengan air, karena jika dilakukan, aroma dari daging sapi akan semakin kuat. Oleh karena itu, sebaiknya cara membersihkan daging sapi yang benar adalah dengan mengelapnya dengan tisu atau lap bersih.

Setelah dilap bersih, lumuri daging dengan perasan jeruk nipis kemudian rebus dengan air mendidih 2 – 3 kali. Hal ini agar daging bersih dari kotoran, bakteri, dan sisa darah, juga agar daging lebih empuk ketika dikonsumsi.

    2. Baluri Daging dengan Nanas

Agar daging tidak berbau dan lebih empuk Anda juga bisa membalurinya dengan buah nanas. Caranya dengan potong atau parut buah nanas kemudian balurkan pada daging sapi dan diamkan selama beberapa saat. Ingat, jangan didiamkan terlalu lama karena dapat membuat daging menjadi terlalu lembek atau mudah hancur ketika diolah lebih lanjut.

    3. Gunakan Rempah-Rempah

Tips selanjutnya yaitu dengan membumbui daging sapi dengan rempah-rempah. Caranya dengan membaluri daging sapi dengan bawang putih dan garam selama 10 menit, kemudian rebus dengan jahe ke dalam air mendidih. Cara ini berfungsi selain untuk membersihkan daging dan membuatnya tidak alot juga untuk memberikan rasa pada daging. Selain dengan jahe, Anda juga bisa menggunakan pala, bunga lawang, daun jeruk, hingga kayu manis.

    4. Perhatikan Penggunaan Api ketika Memasak

Ketika memasak daging sapi usahakan untuk selalu memperhatikan nyala api pada kompor, karena hal ini berperan penting dalam menghasilkan tekstur daging yang tidak alot. Ketika dimasak dan daging telah berubah warna, sebaiknya segera kecilkan api kompor untuk mencegah daging menjadi terlalu lembek dan mudah hancur, selain itu juga agar bumbu dapat lebih meresap pada daging sapi.

    5. Gunakan Daun Pepaya

Tips terakhir agar daging tidak alot dan berbau adalah dengan membungkus daging sapi mentah dengan daun pepaya dan diamkan selama beberapa saat. Namun ingat, jangan terlalu lama agar getah daun pepaya tidak menghilangkan gizi yang terkandung dalam daging sapi. Selain dengan daun pepaya, Anda juga bisa menggunakan daun jambu ataupun daun jati.

Itulah beberapa tips dalam mengolah daging sapi dengan benar agar ketika diolah lebih lanjut daging tersebut menjadi empuk dan tidak berbau. Selamat mencobanya di rumah!

Post a Comment for "5 Tips Mengolah Daging Sapi"