Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

5 Cara Memasak Daging agar Tidak Bau Amis

 5 Cara Memasak Daging agar Tidak Bau Amis

Masakan yang terbuat dari daging merah, seperti daging sapi, kambing, ataupun domba memang nikmat, apalagi jika daging tersebut dimasak dengan benar dengan daging yang terasa empuk dan tidak bau amis.

5 Cara Memasak Daging agar Tidak Bau Amis

Namun, memasak daging merah memang susah-susah gampang, agar daging lebih empuk dan bau amis hilang perlu perhatian khusus dalam mengolahnya. Lantas bagaimana cara memasak daging dengan benar? Berikut cara yang telah Tips IF rangkum untuk Anda,

    1. Bersihkan Daging

Cuci daging terlebih dahulu sebelum dimasak. Namun untuk daging kambing sebaiknya tidak perlu, karena dapat membuat daging menjadi alot dan bau amis semakin keluar.

Selain dicuci, Anda juga bisa membersihkan daging dengan cara mengelapnya dengan tisu atau lap bersih. Kemudian baluri daging dengan perasan jeruk nipis dan rebus sebanyak 2-3 kali agar kotoran, bakteri, dan sisa darah pada daging hilang.

    2. Baluri Daging dengan Nanas

Agar daging lebih empuk dan bau amis hilang, Anda bisa membaluri daging dengan parutan nanas dan membiarkannya selama beberapa saat. Ingat, jangan terlalu lama didiamkan, karena daging bisa menjadi terlalu empuk dan hancur ketika dimasak lebih lanjut.

    3. Tambahkan Rempah-Rempah

Selain menghilangkan bau amis pada daging, rempah-rempah juga dapat memberikan rasa pada daging sehingga saat matang daging tidak terasa hambar. Anda bisa membalurkan parutan bawang putih dan garam pada daging dan mendiamkannya selama 10 menit.

Anda juga bisa merebus daging dengan jahe dan rempah aromatik lainnya. Jika daging akan dijadikan sop iga, Anda bisa menggunakan pala, bunga lawang, hingga kayu manis.

    4. Bungkus Daging dengan Daun Pepaya

Agar daging lebih empuk dan bau amis hilang, Anda juga bisa membungkus daging dengan daun pepaya sebelum memasaknya. Caranya hanya dengan meremas daun pepaya yang sudah dicuci bersih dan membungkuskannya pada daging mentah, kemudian diamkan selama beberapa saat.

Namun ingat, jangan terlalu lama membiarkan daging dibungkus dengan daun pepaya karena selain membuat daging menjadi terlalu empuk dan hancur ketika dimasak, getah daun pepaya juga bisa menghilangkan kandungan gizi pada daging.

    5. Gunakan Api yang Tepat

Gunakan nyala api yang tepat ketika memasak daging. Segera kecilkan api ketika daging sudah berubah warna, jika tidak daging akan cepat hancur dan bumbunya tidak akan meresap secara menyeluruh.

Itulah 5 cara dalam memasak daging agar tidak bau amis. Selamat mempraktikkannya di rumah!

Posting Komentar untuk "5 Cara Memasak Daging agar Tidak Bau Amis"