Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan bagian atas

5 Cara Memasak Daging agar Tidak Alot

 5 Cara Memasak Daging agar Tidak Alot

Memasak daging terutama daging merah memang tidak mudah, perlu pengolahan yang benar agar ketika dimasak bisa menjadi santapan yang lezat dengan daging yang tidak alot atau lembut.

Berbeda dengan daging ayam atau bebek yang memiliki tekstur tidak terlalu berserat sehingga lebih mudah dimasak, daging merah seperti daging sapi atau kambing perlu pengolahan khusus, maka dari itu berikut tips dalam mengolah daging agar tidak alot yang sudah Tips IF rangkum untuk Anda,

5 Cara Memasak Daging agar Tidak Alot

    1. Kopi

Mungkin cara ini masih jarang dilakukan oleh sebagian orang, namun kopi dipercaya dapat membuat daging menjadi tidak alot dan lebih empuk ketika dimasak. Caranya dengan rendam daging dalam kopi yang sudah diseduh selama 24 jam. Selain membuat daging menjadi tidak alot, kopi juga dapat membuat daging menjadi lebih beraroma sedap.

    2. Nanas

Cara berikut ini lebih umum untuk dilakukan. Baluri daging dengan potongan atau parutan nanas dan diamkan selama beberapa saat, kemudian masak seperti biasa sesuai selera Anda. Namun ingat, jangan membiarkannya terlalu lama karena dapat membuat daging menjadi terlalu lembek dan mudah hancur.

    3. Teh

Selain kopi Anda juga bisa menggunakan teh. Caranya dengan rendam daging dalam teh yang sudah diseduh (pastikan seduhan teh hitam dan pekat), kemudian pijat-pijat daging agar teh tersebut meresap ke dalam pori-porinya, diamkan selama beberapa saat lalu angkat dan tiriskan.

    4. Daun Pepaya

Sama dengan nanas, cara ini pun lebih umum untuk dilakukan. Siapkan daun pepaya kemudian remas-remas agar mengeluarkan getah yang dapat membuat daging tidak alot, kemudian bungkus daging tersebut dengan daun pepaya dan diamkan selama 60 menit.

    5. Jahe

Selain membuat daging menjadi beraroma sedap, jahe juga dapat membuat daging tidak alot. Kupas kulit jahe hingga halus, kemudian parut dan balurkan ke permukaan daging, diamkan selama 15-30 menit, dan masak sesuai selera. Enzim proteolitik dari jahe dapat menguraikan ikatan protein daging sehingga tekstur daging menjadi tidak alot.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah untuk membuat daging menjadi tidak alot dan lebih empuk ketika dimasak. Selain tips di atas, dalam mengolah daging juga perlu diperhatikan pemotongannya, api yang digunakan ketika memasak, hingga lama memasak. Dengan pengolahan yang benar, niscaya daging tersebut akan menjadi masakan yang lezat!


Post a Comment for "5 Cara Memasak Daging agar Tidak Alot"