Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan bagian atas

Cara Khutbah Shalat Idul Adha di Rumah

 Cara Khutbah Shalat Idul Adha di Rumah

Hari raya Idul Adha 1442 H Insya Allah akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Salah satu ibadah sunnah muakkadah yang dilaksanakan umat islam pada hari raya ini adalah shalat Idul Adha / Shalat Id. Namun, dengan memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, Kementrian Agama menerbitkan surat edaran tentang penyelenggaraan shalat Idul Adha 1442 H dari rumah masing-masing untuk mereka yang berada di zona merah.

Tata cara shalat Idul Adha di rumah sama seperti biasanya, yaitu dikerjakan 2 rakaat secara berjamaah disertai dengan khutbah setelahnya. Hukum dari khutbah ini sunnah, yaitu sebagai penyempurna shalat Idul Adha. Maka dari itu, berikut tata cara khutbah shalat Idul Adha dari rumah yang perlu Anda laksanakan sebagai penyempurna shalat Idul Adha,

Cara Khutbah Shalat Idul Adha di Rumah

Menurut pendapat para ulama Mazhab Syafi’i, sekurang-kurangnya ada 4 rukun khutbah yang harus dipenuhi, yaitu membaca shalawat Nabi Muhammad S.A.W., wasiat mengenai takwa, ayat Al-Quran, dan do’a kepada kaum muslim secara umum. Namun, jika sunnah-sunnah tersebut digabungkan maka khutbah Idul Adha dapat dilakukan sebagai berikut :

    Khutbah Shalat Idul Adha Pertama

  1. Disunnahkan untuk memulai khutbah pertama dengan takbir sebanyak 9 kali
  2. Memuji Allah S.W.T. dengan membaca Alhamdulillah
  3. Membaca shalawat Nabi, Allohumma Solli’ala Saidina Muhammad Wa’ala Ali Saidina Muhammad
  4. Wasiat atau berpesan untuk keluarga sendiri agar terus bertakwa dan meningkatkan ibadahnya kepada Allah S.W.T.
  5. Akhiri khutbah pertama dengan membaca ayat suci Al-Quran. Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas pun sudah cukup. Sebelum memulai khutbah kedua, sunnahnya khatib untuk duduk sebentar.

    Khutbah Shalat Idul Adha Kedua

  1. Disunnahkan untuk memulai khutbah kedua dengan takbir sebanyak 7 kali
  2. Khatib membaca ayat Al-Quran di salah satu bagian khutbah kedua
  3. Khatib mendo’akan kaum muslimin. Sifatnya bebas, untuk keselamatan keluarga dan seluruh umat islam di dunia. Bisa juga diselipkan do’a agar Allah S.W.T. segera mengangkat pandemi Covid-19 ini.

Itulah tata cara khutbah shalat Idul Adha dari rumah yang bisa Anda ikuti. Saat khutbah untuk anggota keluarga, bacaan yang umum dan sederhana pun sudah cukup, yang penting tetap mengajak kepada kebaikan, lebih bertakwa, dan meningkatkan ibadah kepada sang Pencipta. Selamat hari raya Idul Adha 1442 H!



Post a Comment for "Cara Khutbah Shalat Idul Adha di Rumah"