Cara Mencegah dan Mengatasi Cabin Fever

Cara Mencegah dan Mengatasi Cabin Fever - Pada masa pandemi ini, kebijakan stay at home mau tidak mau membatasi segala aktivitas kita untuk keluar rumah dan mengharuskannya dilakukan di dalam rumah. Mengisolasi diri di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan cabin fever, yaitu istilah untuk menggambarkan perasaan negatif akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah atau tempat tertentu.

Seseorang yang mengalami cabin fever akan merasakan sedih, bosan, gelisah, mudah tersinggung, dan beragam perasaan negatif lainnya akibat terlalu lama berdiam diri di suatu tempat dan terisolasi dari lingkungan luar. Cabin fever rentan terjadi pada orang-orang yang sedang berada di tempat pengungsian akibat bencana ataupun orang-orang yang sedang menjalani karantina, salah satunya akibat pandemi Covid-19 ini.

Gejala Cabin Fever

Cabin fever tidak termasuk ke dalam gangguan psikologis, namun gejala yang muncul benar-benar nyata dan umumnya perasaan negatif yang ditimbulkan akan berjangka panjang dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari orang yang mengalaminya.

Berikut ini merupakan gejala cabin fever yang patut diwaspadai :

  • Merasa sangat sedih, gelisah (agitasi), dan putus asa
  • Lemas atau kurang energi
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Sulit berkonsentrasi atau berpikir
  • Mengalami gangguan tidur seperti sulit tidur atau bangun terlalu dini
  • Menjadi tidak sabar
  • Tidak tertarik dan tidak memiliki motivasi terhadap segala hal
  • Kerap mengidam makanan atau justru tidak nafsu makan
  • Mengalami kenaikan atau penurunan berat badan
  • Sulit percaya pada orang-orang di sekitarnya
  • Tidak mampu mengendalikan emosi dan stress.

Bagi Anda yang merasakan beberapa gejala seperti yang sudah disebutkan tersebut, tetap tenang dan jangan panik. Sebenarnya, cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi cabin fever ini adalah dengan bepergian ke luar rumah, namun di masa pandemi ini hal tersebut bukan pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Maka dari itu, Tips-IF akan merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi cabin fever yang dapat diterapkan oleh Anda dalam kehidupan sehari-hari.

1. Hirup Udara Segar

Untuk mengatasi kejenuhan karena harus berdiam diri di dalam rumah, Anda bisa keluar ke depan teras rumah untuk sekedar duduk-duduk, bersantai, stretching, atau melihat-lihat kondisi sekitar sembari menghirup udara segar ataupun berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Namun, pastikan untuk tetap menerapkan physical distancing, memakai masker, serta mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah, terlebih jika Anda berjalan-jalan cukup jauh dan bertemu dengan orang-orang diperjalanan.

2. Buat Rutinitas Harian

Meski sedang work from home, Anda tetap perlu bekerja sesuai dengan jadwal. Tetaplah bangun dan mandi di pagi hari, agar tubuh menjadi segar dan pikiran menjadi jernih, setelah itu lakukan pekerjaan sesuai jadwal, usahakan produktif pada jam kerja dan istirahat ketika jam kerja telah usai.

Habiskan waktu luang dengan melakukan kegiatan yang disukai, seperti bercocok tanam di halaman rumah, bermain dengan hewan peliharaan, membaca buku, memasak, atau bermain alat musik. Dengan rutinitas tersebut akan membuat Anda tetap produktif dan dapat terhindar dari cabin fever.

3. Jaga Komunikasi dengan Orang Lain

Tetap menjaga komunikasi dengan mengobrol bersama keluarga ataupun mengobrol melalui telepon / video call dengan teman, kekasih, dan keluarga yang tak serumah, akan membuat Anda merasa tidak sendirian dan dapat terhindar dari cabin fever. 

Bebagi cerita mengenai apa yang sedang Anda rasakan dengan orang terdekat dapat menjadi cara untuk melegakan hati dan mendapatkan solusi dari masalah yang sedang Anda hadapi.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Salah satu gejala cabin fever adalah mengidam makanan. Hal ini dapat berujung pada kelebihan berat badan bahkan obesitas jika Anda terus menuruti dorongan untuk memuaskan keinginan dan memanjakan lidah dengan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. 

Maka dari itu, tetap terapkan pola makan sehat agar kebutuhan nutrisi Anda tercukupi. Dengan begitu, kesehatan Anda akan terjaga dan sistem imunitas tubuh akan lebih kuat untuk melawan penyakit, termasuk virus Corona.

5. Rutin Berolahraga

Pastikan Anda rutin berolahraga supaya tubuh tetap bugar dan pikiran tetap sehat. Walau di dalam rumah, Anda dapat melakukan olahraga seperti berlari di treadmill, zumba, yoga, atau latihan kekuatan otot. Lakukan olahraga minimal 30 menit perharinya.

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi cabin fever untuk Anda. Cabin Fever dapat mengakibatkan penurunan produktivitas, masalah hubungan dengan orang lain, bahkan gangguan kesehatan fisik maupun mental,  ketika gejala yang dirasakan semakin parah, segeralah berkonsultasi pada psikiater ataupun psikolog. Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah dan Mengatasi Cabin Fever "

Post a Comment