Cara Mengatasi Sulit Fokus Saat Kuliah Online

 Cara Mengatasi Sulit Fokus Saat Kuliah Online

Cara Mengatasi Sulit Fokus Saat Kuliah Online - Tak pernah terpikirkan sebelumnya oleh seorang pun bahwa akan ada pandemi Covid-19. Pandemi yang merenggut banyak hal di kehidupan setiap orang. Namun, tidak ada yang perlu dikeluhkan. Waktu tetap berjalan meskipun keadaan tak sejalan. Tak disangka, pandemi ini mengubah berbagai sektor kehidupan, termasuk di dalamnya sektor pendidikan.

Meskipun begitu, dalam keadaan seperti apapun pendidikan harus tetap berlangsung. Patut dihargai bahwa masih banyak orang yang peduli dengan nasib pendidikan saat ini. Pemerintah tidak tinggal diam menghadapi keadaan seperti ini. Pemerintah bertindak reflektif dan melakukan banyak pembaruan di dunia pendidikan.

Nah, oleh karena itu sebagai mahasiswa yang jenjang pendidikannya lebih tinggi tentu harus belajar dengan effort yang lebih dalam situasi seperti ini. Meskipun kuliah dilakukan secara online atau daring, mahasiswa sebagai agent of change harus berusaha memperoleh banyak pengetahuan agar menjadi penggerak kemajuan bangsa. Namun, bagaimana jadinya jika motivasi yang tinggi terkalahkan dengan sulit fokus saat belajar online? Simak cara mengatasi sulit fokus saat kuliah daring di bawah ini.

1. Buat Schedule Kuliah

Meskipun terdengar sepele, hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi orang yang pelupa. Jangan sampai ketinggalan pelajaran karena tidak tahu jadwal kuliah. Ingat, bahwa jadwal kuliah itu bersifat elastis bisa sewaktu-waktu berubah. Maka perhatikan dan catat jadwal kuliahmu. Bersiaplah setidaknya 10 menit sebelum pembelajaran dimulai, untuk meningkatkan konsentrasi dan mempersiapkan segala hal untuk belajar.

2. Ubah Mindset

Ingatlah bahwa work from home ≠ libur. Tidak beraktivitas di luar rumah membuat kita berpikir bahwa kegiatan kita tidak terlalu penting, karena di rumah ada banyak waktu untuk mengerjakannya dan ada banyak waktu untuk berleha-leha. So, ubah mindset Kalian yang seperti ini. Karena sebenarnya kewajibanmu tetaplah sama. Apa yang biasa dilakukan di luar rumah kini harus dilakukan di rumah. Hindari rebahan saat kuliah online, tetap semangat dan fokus saat belajar.

3. Tentukan Tempat yang Kondusif

Carilah tempat yang nyaman untuk belajar bukan untuk rebahan. Hindari kasur dan tempat lainnya yang membuatmu mudah terlelap. Usahakan belajar di tempat yang memiliki penerangan yang cukup, mendapat udara yang cukup, dan jangkauan jaringannya yang baik.

4. Siapkan Alat Untuk Mencatat Materi

Siapkanlah alat yang dibutuhkan untuk mencatat materi atau minimal mencatat poin-poin pentingnya saja, seperti laptop, buku, bolpoin, dan alat lainnya. Sehingga materi yang dipelajari tidak mudah lupa. Mencatat materi juga penting agar mudah membuat arsip tiap semester.

5. Aktif Berdiskusi

Apapun platform pembelajaran yang digunakan, janganlah malu untuk berdiskusi. Mulai sekarang tanyakan materi yang tidak dipahami, libatkanlah diri dalam diskusi agar paham materi yang sedang dibahas.

6. Refreshing Hilangkan Penat

Menyelesaikan tugas dengan cepat memanglah prioritas. Namun, otak dan tubuhmu perlu penyegaran supaya tetap fokus untuk mengikuti kuliah online. Luangkan waktu untuk berolahraga supaya badan tetap bugar, dan istirahat yang cukup. Hilangkan penat dengan meluangkan waktu bersama keluarga ataupun teman.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit fokus saat kuliah online. Tetaplah semangat menuntut ilmu dan wujudkan cita-citamu!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Sulit Fokus Saat Kuliah Online"

Post a Comment