Tips Menghadapi Kuliah Online

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, dimana semua kegiatan yang mulanya padat di luar rumah, kini hampir semuanya dilakukan di dalam rumah melalui perantara jaringan internet. mulai dari bekerja, sekolah, kuliah dan lain sebagainya.

Di pagi hari setelah bangun tidur yang biasanya bersiap pergi ke kampus kini berubah menjadi siap-siap menyalakan laptop. Memakai baju rapi, tetapi memakai bawahan sekenanya karena dirasa tidak akan tersorot di webcam. Itulah yang menjadi kebiasaan mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan online di masa pandemi ini.

Untuk menghindari rasa jenuh dalam menjalankan kuliah online, berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi kuliah online.

1.      Sediakan tempat khusus yang nyaman untuk belajar

Ketika belajar online, Anda perlu menentukan posisi yang nyaman dan cocok untuk belajar. Jangan belajar di kasur, bisa-bisa Anda terlalu nyaman dan malah mengantuk saat belajar. Sediakan kursi dan meja belajar, usahakan ruangan tempat anda belajar tertutup agar terbebas dari distraksi orang rumah.

2.      Sediakan camilan dan air minum

Camillan dan air minum membantu Anda agar tidak mengantuk walaupun online. Tips ini sangat cocok untuk Anda yang mudah bosan dan mengantuk. Apalagi jika saat kelas onlinen dosen Anda mengizinkan untuk tidak mengaktifkan kamera, Anda jadi bebas ngemil sambil mendengarkan penjelasan dari dosen. Tapi tentunya Anda harus memilih camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, minum jus, dan lain sebagainya.

3.      Pastikan koneksi internet stabil

Untuk menjaga kestabilan jaringan internet saat sedang kuliah online, pastikan Anda hanya membuka tab kelas online saja. Selain menjaga kestabilan sinyal, hal ini bisa juga membantu Anda lebih fokus memperhatikan materi yang disampaikan dosen.

4.      Jauhkan benda yang menganggu fokus Anda

layaknya kuliah offline, HP merupakan benda yang membuat fokus ketika kuliah terganggu. Ada baiknya Anda menyimpan HP jauh-jauh ketika kelas berlangsung, karena jika HP dekat dengan Anda ketika kuliah berlangsung maka tidak dapat dipungkiri Anda akan sering-sering membuka HP dan membuka sosial media Anda.

5.      Beri tahu orang rumah jadwal kuliah Anda

Beri tahu orang rumah jadwal kuliah Anda agar mereka mengerti kapan Anda butuh fokus dan tidak diganggu, agar tidak terjadi kejadian dipanggil mama ketika sedang kuliah online. Jika perlu, tempel jadwal kuliah di dekat meja belajar, kulkas rumah, atau pintu kamar agar dapat dibaca orang rumah.

Itulah beberapa tips menghadapi kuliah online. Semoga informasi ini bisa membantu anda menghadapi masalah-masalah yang Anda hadapi saat kuliah online.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Kuliah Online"

Post a Comment