Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kuliah Online

 

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kuliah Online

Kurva penyebaran virus Covid-19 di Indonesia sampai saat ini tidak kunjung mengalami penurunan yang berarti. Pemerintah pusat telah mengatur berbagai kebijakan untuk mengurangi penyebaran virus Corona di berbagai sektor kehidupan. Salah satunya dalam sektor pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi mengeluarkan surat edaran berisi pelaksanaan metode pembelajaran secara online atau daring.

Sejak saat itulah kali pertama pembelajaran daring dilakukan. Pendidik maupun peserta didik mau tidak mau harus beradaptasi dengan metode pembelajaran yang baru. Namun, ada saja hambatan yang harus dihadapi saat menjalankan kuliah online. Salah satunya adalah mengantuk.

Rasa kantuk ini adalah suatu hal yang wajar dan dapat dirasakan oleh siapapun. Meskipun begitu, ngantuk saat kuliah online sangatlah mengganggu bukan? Untuk itu perhatikan cara atasi ngantuk saat kuliah online berikut.

1. Mandi dengan Air Dingin

Sebelum pembelajaran dimulai, usahakan mandi dengan air dingin. Ketika tubuh menggigil berusaha melawan dingin, saat itu detak jantung akan semakin cepat sehingga melancarkan aliran darah dan membuat tubuh menjadi segar. Sebaliknya hindari mandi dengan air hangat di pagi hari, karena akan membuat mudah mengantuk.

2. Konsumsi Makanan Secukupnya

Jika kuliah dilaksanakan pagi hari, maka jangan lupakan sarapan. Sarapan penting untuk membantu meningkatkan fokus dan mengurangi rasa kantuk saat belajar. Namun, bila siang hari mengantuk saat kuliah online, bisa jadi saat makan siang terlalu banyak menyantap makanan berat. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi secukupnya. Sayuran dan buah-buahan adalah pilihan yang baik karena mengandung rendah gula.

3. Dapatkan Udara Segar dan Cahaya yang Cukup

Tempat belajar yang redup membuat rasa kantuk semakin menjadi. Maka aturlah tempat belajar supaya terang, cahaya matahari yang cukup membantu meningkatkan energi dan fokus. Pastikan pula tempat belajarmu mendapatkan udara yang cukup, karena udara segar ini dapat mengalahkan rasa kantuk.

4. Konsumsi Kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung senyawa organik kafein dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Ada banyak jenis minuman berkafein, seperti teh, kopi, cokelat, minuman bersoda, dan minuman berenergi. Kadar kafein yang tinggi terdapat pada kopi, inilah yang membuat kopi banyak dipilih untuk mengatasi  ngantuk. Namun, mengonsumsi kafein secara berlebihan juga tidak dianjurkan.

5. Konsumsi Air Putih

Tubuh yang kekurangan cairan akan menimbulkan dehidrasi dan rasa kantuk. Karena, cairan dalam tubuh ini berguna untuk mengalirkan darah sebagaimana mestinya sehingga otak memperoleh nutrisi dan oksigen dengan baik. Maka konsumsi air putih sesuai kebutuhan, jangan sampai terjadi dehidrasi.

6. Istirahat Sejenak

Menatap layar komputer selama berjam-jam membuat mata cepat lelah dan mengantuk. Alihkan pandangan dari layar komputer untuk sesaat. Istirahatkan mata sejenak dan lakukan peregangan kecil di tempat dudukmu, jika memungkinkan bangkitlah dari tempat dudukmu. Lakukan peregangan maksimal 10 menit, jangan terlalu lama.

7. Aktif Dalam Pembelajaran

Saat pembelajaran dilakukan, jangan hanya menonton atau mendengarkan diskusi saja. Libatkan diri untuk aktif berdiskusi agar menambah pemahaman mengenai materi, aktif berdiskusi juga dapat menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, tulis kembali materi yang dipelajari. Hal ini bertujuan untuk membuat otak mencerna pembelajaran sehingga tidak terjadi pikiran yang kosong dan rasa kantuk.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi ngantuk saat kuliah online. Tetap jaga pola hidup sehatmu, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kuliah Online"

Post a Comment