Tips Menghadapi Harga Saham yang Turun

 Tips Menghadapi Harga Saham yang Turun

Tips Menghadapi Harga Saham yang Turun - Saham yang biasa dibeli oleh seorang investor bertujuan untuk menaikkan cashflow dalam jangka waktu yang panjang. Investor bisa individu maupun perusahaan yang memiliki dana untuk membeli saham tersebut. Setiap investor tentu mempunyai misi agar mendapatkan return dalam jumlah yang besar. Untuk mendapatkan return dalam jumlah besar, seorang investor harus berani mengambil risiko yang besar pula dalam menginvestasikan dananya. Yakni kemungkinan mengalami kenaikan dan penurunan dalam pasar saham. 

Perlu dicatat bahwa turun naiknya saham merupakan hal yang lumrah terjadi. Maka dari itu seorang investor harus mengetahui apa saja yang membuat harga saham berubah. Beberapa faktor turun naiknya harga saham, diantaranya :

  • Kebijakan pemerintah
  • Tindakan badan hukum perusahaan
  • Fluktuasi nilai kurs rupiah terhadap mata uang asing
  • Rencana dan kinerja perusahaan yang menjanjikan
  • Manipulasi pasar

Setelah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi turun naiknya harga saham, hal yang penting dilakukan investor ketika harga saham turun yaitu tetap tenang. Jangan panik menghadapi situasi seperti ini, karena tips-if akan memberikan 5 cara untuk menghadapi harga saham yang turun.

1. Ingat Kembali Target Jangka Panjang

Saat harga saham menurun tetap tenang dan jangan terburu-buru mengambil keputusan. Ingat kembali target jangka panjang apa yang hendak dicapai sehingga menetapkan untuk berinvestasi.

2. Kaji Perusahaan

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi sebaiknya kaji terlebih dahulu bagaimana prospek kerja perusahaannya, jika setelah berinvestasi ternyata mengalami penurunan harga saham maka awasi dan cari informasi mengenai perkembangan perusahaan.

3. Hitung Kembali Anggaran Dana

Menghitung anggaran dana yang dimiliki saat ini penting untuk mempertimbangkan langkah apa yang selanjutnya akan dilakukan menghadapi turunnya harga saham. Hitunglah dana penghasilan dan pengeluaran dengan teliti. Analisis kemungkinan apa saja yang akan terjadi, bila perlu lakukan penghematan sementara sampai harga saham kembali normal.

4. Perkuat Investasi

Harga saham yang turun tidak selalu terdengar negatif, membeli saham yang harganya rendah adalah kesempatan terbaik untuk berinvestasi dengan catatan kaji dulu perusahaan dan prospek kerjanya sampai benar-benar yakin untuk berinvestasi. Disisi lain harga saham yang turun membuat goyah dengan investasi yang sudah dijalani, maka bersabarlah dan pertahankan investasi saham bila memungkinkan. Karena bisa jadi nilai harga saham membaik lagi.

5. Studi Investasi Saham

Hal yang sangat penting ketika sudah terjun dalam dunia investasi yakni perlu dipelajari dan ditingkatkan ilmu mengenai investasi. Investasi bukanlah hal yang mudah, mempunyai ilmu berinvestasi akan membuat kita lebih terarah.

Investasi adalah sebuah kegiatan yang bisa menguntungkan, namun disini peran investor sangatlah penting dalam berinvestasi. Jadilah investor yang bijak, investasi datang dari kesabaran tidak datang secara instan. 

·   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tips Menghadapi Harga Saham yang Turun"

Post a Comment