Tips Liburan Saat Pandemi

Berlibur merupakan salah satu rutinitas yang diperlukan oleh seseorang untuk menciptakan keseimbangan dalam hidup. Tetapi, masa pandemi ini membuat tempat wisata banyak ditutup dan hanya beberapa tempat wisata yang dibuka dengan berbagai peraturan baru tentunya.

Dalam kondisi normal saja kita kerap kali menunggu-nunggu momen berlibur bersama keluarga. Selain untuk menghabisakan waktu bersama keluarga, berlibur juga dilakukan untuk melepas penat, serta untuk menghilangkan stres akibat pekerjaan. Namun ditengah wabah seperti sekarang ini dimana orang-orang banyak menghabiskan waktunya dirumah, mengerjakan segala rutinitasnya dirumah akibat adanya peraturan PSBB tentunya perasaan jenuh, stres, bosan, maupun kesepian sudah bukan hal yang asing lagi. Sehingga wajar saja jika berlibur menjadi suatu kebutuhan di tengah masyarakat.

Di tengah kondisi seperti ini, kita tidak dipaksa untuk berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas apa pun tentunya. Berlibur boleh saja, tapi kita tetap harus menjalankan protokol Kesehatan dengan baik. Selain melindungimu dan keluargamu, hal ini juga bisa melindungi masyarakat di sekitarmu.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin kembali berlibur, berikut tips-tips yang harus Anda dan keluarga lakukan agar liburan dengan aman dan nyaman ditengah pandemi.

1.      Pilih tempat wisata luar ruangan

Salah satu protoklol kesehatan yang wajib dipatuhi wisatawan di tengah pandemi ini yaitu menjaga jarak. Menjaga jarak tidak hanya dapat dilakukan dengan menghindari keramaian saja, melainkan memilih tempat wisata yang menawarkan banyak area luar ruangan juga tidak kalah penting. Tempat wisata luar ruangan dapat memudahkan wisatawan untuk menjaga jarak.

2.      Tidak makan di restoran

Alangkah baiknya selama berlibur Anda tidak kulineran di restoran yang tertutup, karena dirasa cukup riskan. Sebisa mungkin tidak melakukan dine-in di restoran tertutup, jika Anda dan keluarga ingin dine-in di restoran, pilihlah restoran luar ruangan yang bisa membantu anda menjaga jarak untuk mengurangi risiko Anda dan keluarga terpapar covid-19.

3.      Bawa peralatan sendiri

Bagi Anda yang hendak bepergian, ada baiknya Anda membawa alat makan dan ibadah pribadi agar lebih aman dan tidak bercampur dengan orang lain. Hal ini bertujuan agar mengurangi risiko Anda dan keluarga terpapar covid-19.

4.      Tidak makan di kendaraan publik

Jika Anda bepergian menggunakan transportasi umum, usahakan agar tidak makan dan minum selama perjalanan.

5.      Lakukan protokol kesehatan

Selain menjaga jarak, Anda juga wajib mematuhi protokol kesehatan lain yaitu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.  Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari menyentuh wajah, selalu sedia masker cadangan, dan selalu sedia hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar liburan yang Anda dan keluarga rencanakan bisa berjalan dengan baik dan tidak malah membawa kesedihan bagi keluarga Anda. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M, semoga liburan keluarga Anda menyenangkan!

 

 

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Liburan Saat Pandemi"

Post a Comment