Cara Mengatasi Ngantuk Tanpa Minum Kopi

Cara Mengatasi Ngantuk Tanpa Minum Kopi – Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia, tak heran masyarakatnya sangat gemar meminum kopi. Akhir-akhir ini pun tren coffee shop sedang mewabah di kota-kota besar Indonesia, yang akhirnya tidak hanya orang tua, namun anak muda pun kini gemar meminum kopi.

Salah satu alasan masyarakat gemar meminum kopi adalah adanya kandungan kafein yang dijadikan sebagai doping untuk beraktivitas. Menurut Anthony L. Komaroff, M.D., dosen kedokteran di Harvard Medical School, 200-300 mg kafein pada dua sampai tiga gelas kopi dapat menyebabkan seseorang lebih energik dan aktif. Maka dari itu, kopi dianggap sebagai doping. Selain itu, kopi juga sering diminum untuk mengurangi rasa kantuk, terutama bagi para mahasiswa atau pekerja kantoran yang harus mengejar deadline hingga larut malam.



Terdapat beberapa efek yang ditimbulkan ketika kita meminum kopi, diantaranya :

  • Meningkatkan kewaspadaan. Ketika meminum kopi kita menjadi lebih segar, namun kewaspadaan pun meningkat. Hal tersebut membuat seseorang yang meminum kopi menjadi lebih mudah cemas dan cepat marah.
  • Mengurangi koordinasi motorik. Ketika meminum kopi, detak jantung akan meningkat dan memompa aliran darah lebih cepat. Hal tersebut membuat seseorang yang meminum kopi menjadi gelisah. Akibatnya, dapat menyebabkan insomnia hingga terburuknya yaitu gejala gemetaran, berhalusinasi, dan jantung berdetak kencang.
  • Kafein pada kopi merupakan zat adiktif yang dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Lantas dengan banyaknya efek dari kopi yang kurang baik bagi tubuh kita, bagaimanakah caranya untuk tetap terjaga dan tidak mengantuk tanpa harus meminum kopi? Berikut cara-cara yang sudah kami rangkum untuk Anda.

1. Sarapan Pagi

Rasa kantuk disebabkan juga oleh rasa lelah. Jika kita melewatkan sarapan pagi, rasa lapar akan datang lebih cepat dan mengakibatkan energi lebih mudah terkuras, sehingga kantuk pun datang. Sarapan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Anda bisa memilih buah, sereal, roti, ataupun mengurangi porsi nasi ketika sarapan.

2. Memakan Camilan

Sempatkan untuk memakan camilan setiap 3 sampai 4 jam, untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan. Karena rasa lapar berlebihan tersebut dapat mengkonsumsi karbo dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat mendatangkan rasa kantuk. Anda bisa mencoba biskuit gandum, granola, buah, atau yoghurt rendah lemak sebagai camilan. Jika rasa kantuk datang di malam hari, Anda bisa memilih buah sebagai camilan agar mudah dicerna dan metabolisme pun tetap terjaga.

3. Meminum Air Putih

Meminum air putih yang cukup mampu menjaga tubuh kita dari kantuk. Jangan sampai tubuh Anda dehidrasi, karena dehidrasi dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan Anda akan lebih cepat lelah. Dehidrasi dapat diketahui dari warna urin yang dikeluarkan. Jika kita meminum air putih dengan cukup, urin yang dikeluarkan berwarna jernih atau kekuningan.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan membuat adrenalin terpacu sehingga kita kembali terjaga. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan stretching, melakukan lompatan kecil, atau hanya sekedar berjalan mengelilingi ruangan.

5. Mencucui Muka

Mencucui muka hingga mandi akan membuat tubuh kembali segar dari rasa kantuk. Selain itu, berdasarkan Journal of Personality and Social Psychology, terapi air juga dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi.

6. Atur Jam Tidur

Usahakan setiap hari Anda mendapatkan jam tidur yang cukup, sekitar 6 jam per hari. Hentikan aktivitas melihat layar smartphone atau TV 20 menit sebelum tidur. Rasa kantuk disebabkan tidak hanya karena kelelahan tapi juga stress. Dengan tidur cukup dapat mengurangi rasa lelah dan stress tersebut.

7. Mendengarkan Musik

Last but not least, mendengarkan musik bisa menjadi pilihan untuk mengindari kantuk dan juga meminum kopi. Pilihlah musik yang dapat mengembalikan semangat ataupun yang menenangkan pikiran Anda untuk tetap terjaga.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kantuk tanpa perlu meminum kopi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Ngantuk Tanpa Minum Kopi "

Post a Comment