Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

 Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

Tidur merupakan hal yang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh selain berolahraga dan pola makan yang sehat. Racun-racun dalam tubuh yang dihasilkan seharian akan dibersihkan oleh otak saat tidur. Tidak hanya itu, saat tidur juga terjadi pergantian sel dan perbaikan jaringan yang rusak.

Tidur akan terasa sangat nikmat setelah seharian bekerja dan berpikir. Namun, bangun tidur tidak selamanya nikmat terutama saat didapat genangan air liur di bantal dan pipi Anda. Baunya yang kurang sedap membuat terganggu, dan menurunkan rasa percaya diri terlebih saat ada orang disisimu.


Selama tidur semua fungsi tubuh terhenti untuk sementara. Namun, tidak dengan otak, jantung, dan paru-paru. Otak akan terus bekerja termasuk memproduksi air liur di dalam mulut. Produksi air liur yang berlebihan membuat mulut kewalahan, karena jelas otot-otot bagian mulut tidak bekerja selama tidur, sehingga air liur akan keluar melewati mulut yang terbuka atau sering disebut dengan ngiler.

Kebiasaan ngiler wajar terjadi pada bayi dan anak-anak. Namun, tidak sedikit pula orang dewasa yang ngiler saat tidur. Ngiler pada orang dewasa biasanya dipicu oleh beberapa faktor, seperti posisi tidur, keadaan mulut yang kering, gangguan pada gigi dan gusi, anatomi mulut yang tidak biasa, dan sebagainya. Anda bisa coba atasi dengan beberapa cara menghilangkan kebiasaan ngiler saat tidur berikut.

1. Mengganti Posisi Tidur

Kenali posisi tidur yang membuat Anda ngiler, biasanya posisi tidur telungkup dan menyamping lebih mudah ngiler. Kedua posisi tersebut memudahkan jalan keluar iler dari mulut. Maka gantilah posisi tidurnya menjadi telentang.

2. Konsumsi Air Putih

Telah diketahui bahwa air putih ini mengandung segudang manfaat, termasuk salah satunya menghilangkan kebiasaan ngiler. Minumlah air putih sebelum tidur agar keadaan mulut tidak kering, sehingga produksi air liur saat tidur berkurang.

3. Tangani Sinus dan Alergi

Bagi Anda yang sedang mengalami sinus dan alergi, segera tangani gangguan tersebut. Minumlah obat sesuai anjuran dokter, karena sinus dan alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat sehingga jalan pernapasannya akan berganti melalui mulut. Kondisi mulut terbuka saat bernapas melalui mulut memicu produksi air liur yang banyak.

4. Konsumsi Makanan Pedas, Asam, Manis Secukupnya

Meskipun wajar, mengonsumsi makanan pedas dan asam berlebih dapat memicu produksi air liur. Tak hanya itu, banyak mengonsumsi makanan manis juga tidak baik karena dapat membuat gigi berlubang. Karies (gigi berlubang) memicu produksi air liur yang lebih dari biasanya. Maka, jagalah pola makanmu dengan tidak memakan sesuatu yang berlebihan.

5. Tanya Dokter

Bila produksi air liur selalu berlebih dan didapati gejala lainnya, maka segera konsultasi ke dokter. Hal tersebut bisa jadi akibat efek samping dari obat atau memiliki suatu penyakit.

Jangan terlalu khawatir karena ngiler itu normal. Namun, apabila ngiler terjadi secara berlebihan dan membuat Anda kurang percaya diri, maka cobalah cara-cara di atas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur"

Post a Comment