5 Tips untuk Menguasai Desain Skematik


5 Tips untuk Menguasai Desain Skematik


Desain Skematik adalah sebuah desain yang terbentuk dari sebuah konsep desain yang telah dibuat arsitek berdasarkan kebutuhan dan keinginan klien. Pada tahap ini, kita akan menyusun pola dan gubahan bentuk arsitektur yang diwujudkan dalam gambar-gambar. 

5 Tips untuk Menguasai Desain Skematik



Skema mempertahankan representasi visual dari suatu rangkaian, menunjukkan semua komponen signifikan, bagian, interkoneksi, aliran, dan proses dengan cara simbol standar. Tujuan Desain Skematik adalah untuk memberikan referensi umum yang dapat dibaca oleh siapapun. Dengan demikian, skema harus memiliki tingkat konsistensi dan keterbacaan tertentu, agar dapat mengkomunikasikan informasi secara cepat dan jelas tanpa mengganggu integritas desain.

Melihat dari syarat tersebut, tentu dibutuhkan sebuah tips untuk menguasai desain skematik. Kali ini tips-if akan memberikan 5 cara untuk menguasai desain skematik.


  • Gunakan perancang komponen: perancang komponen membuat sirkuit lebih mudah untuk dibicarakan. Setiap bagian harus memiliki nama yang berbeda, mis., R1, R2, C1, U1 - juga nilai setiap bagian harus ditunjukkan, mis., Menunjukkan C1 adalah 2nF
  • Jangan terlalu memberikan banyak informasi pada halaman skematik. Jika perlu, sertakan halaman catatan di bagian akhir untuk memperjelas informasi penting yang tidak dapat Anda muat di halaman tersebut.
  • Kabel dan komponen harus disejajarkan horizontal atau vertikal kecuali ada alasan lain yang lebih penting untuk membuat desainnya tidak disejajarkan.
  • Jika skema besar atau kompleks, pertimbangkan 2 hal berikut, pertama Buat diagram blok pada halaman sehingga aliran dapat divisualisasikan, kedua untuk desain datar, pikirkan desain hierarkis.
  • Simbol skematik yang akurat dan konsisten: membangun perpustakaan standar untuk komponen yang berkualifikasi untuk meminimalkan kesalahan skematik, mengurangi waktu, dan memastikan kepercayaan dalam setiap desain.
Karena setiap desainer memiliki kebutuhan unik untuk desain mereka, tentu kita harus mencari penyedia informasi simbol skematik untuk jutaan komponen dan 20+ format CAD yang memungkinkan pengguna untuk mengekspor ke alat CAD pilihan mereka. Alangkah baiknya juga Semua bagian telah dibangun dengan standar dan diuji dengan ketat untuk memastikan keakuratan saat menempatkannya ke dalam skema Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips untuk Menguasai Desain Skematik"

Post a Comment